CARA MEMBUAT SINGKONG THAILAND


Resep Singkong Thailand Sederhana Spesial Asli Enak. Ada banyak cara mengolah singkong menjadi makanan cemilan yang lezat sehari-hari. Mungkin singkong rebus tabur kelapa dan singkong goreng sudah terlalu mainstream ujar Mba Naninuning Maharbey yang salah satu member cookpad Jepang Indonesia. Singkong Thailland ini kalau di Indonesia mirip kolak banyak aneka variasinya tentu tergantung selera masing-masing seperti memberi tambahan keju alhasil menjadikan singkong Thailand keju yang begitu nikmat, begitu juga dengan kuah kental seperti saus mayonaise atau lebih cair seperti kolak singkong Thailand. Berbagai macamm-macam jenis resep singkong Thailand sajian sedap ala NCC, Diah Didi, JTT, Langsung Enak, dll bisa Anda terapkan di makanan singkong Thailand ini.

Foto Resep Kolak Singkong Thailand Sederhana Spesial Asli Enak Ala Bangkok Pantai Pattaya
Gambar Kolak Singkong Thailand

Menurut Situs Mori.co.id website spesialis singkong, Sejarah Asal usul mula singkong. Singkong, yang juga dikenal sebagai ketela pohon atau ubi kayu, dalam bahasa Inggris bernama cassava, adalah pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat, biasanya dibuat gaplek, tepung tapioka, dan daunnya sebagai sayuran sayur daun singkong, dan buntil daun singkong. Singkong merupakan umbi atau akar pohon yang panjang dengan fisik rata-rata bergaris tengah 2-3 cm dan panjang 50-80 cm, tergantung dari jenis singkong yang ditanam. Baca Juga : Aneka Olahan Singkong Modern

Daging umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan. Umbi singkong tidak tahan simpan meskipun ditempatkan di lemari pendingin. Gejala kerusakan ditandai dengan keluarnya warna biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat racun bagi manusia. Umbi singkong merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat namun sangat miskin protein. Sumber protein yang bagus justru terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionin.

Jenis singkong Manihot esculenta pertama kali dikenal di Amerika Selatan kemudian dikembangkan pada masa pra-sejarah di Brasil dan Paraguay. Bentuk-bentuk modern dari spesies yang telah dibudidayakan dapat ditemukan bertumbuh liar di Brasil selatan. Meskipun spesies Manihot yang liar ada banyak, semua varitas M. esculenta dapat dibudidayakan.

Produksi singkong dunia diperkirakan mencapai 184 juta ton pada tahun 2002. Sebagian besar produksi dihasilkan di Afrika 99,1 juta ton dan 33,2 juta ton di Amerika Latin dan Kepulauan Karibia. Singkong ditanam secara komersial di wilayah Indonesia (waktu itu Hindia Belanda) pada sekitar tahun 1810, setelah sebelumnya diperkenalkan orang Portugis pada abad ke-16 ke Nusantara dari Brasil. Ubi kayu (manihot esculenta crant) merupakan salah satu bahan pangan yang utama, tidak saja di Indonesia tetapi juga di dunia. Di Indonesia, ubi kayu merupakan makanan pokok ke tiga setelah padi-padian dan jagung. Sedangkan untuk konsumsi penduduk dunia, khususnya penduduk negara-negara tropis, tiap tahun diproduksi sekitar 300 juta ton ubi kayu.

Negara Thailand ini penghasil singkong no.4 dunia persis dibawah negara Indonesia yang berada di posisi no.3. Negara penghasil singkong terbesar yaitu negara Nigeria dan diposisi kedua adalah Brasil. Nah, berikut adalah resep singkong thailand tanpa keju khas negeri Bangkok lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (homemade). Soal komposisi bisa Anda atur atau disesuaikan dengan bahan dasar singkong dan kebutuhan Bunda.

RESEP SINGKONG THAILAND


BAHAN :
  • 7.500 gram singkong, dikupas, dipotong-potong tebal 1 1/2 cm
  • 3 3/4 sendok teh garam
  • 10 lembar daun pandan, diikat
  • 10 liter air
  • 1.750 gram gula pasir
BAHAN SAUS :
  • 2.500 ml santan kental dari 5 butir kelapa
  • 2 1/2 sendok teh garam
  • 5 lembar daun pandan, diikat
  • 5 sendok makan tepung sagu dilarutkan dalam 150 ml air, untuk pengental, bisa diganti dengan tepung maizena
  • 2 1/2 sendok makan wijen sangrai untuk taburan (opsional)
  • Keju (opsional)
  • Susu kental manis (SKM) (opsional)
CARA MEMBUAT SINGKONG THAILAND :
  1. Rebus singkong, garam, daun pandan, dalam air sampai matang dan empuk.
  2. Tambahkan gula pasir. Masak sambil diaduk sampai matang dan singkong meresap.
  3. Saus, rebus santan kental, garam, dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih.
  4. Kentalkan dengan larutan tepung sagu atau tepung maizena (tepung jagung). Masak sampai meletup-letup tandanya matang.
  5. Sajikan singkong dengan saus dan taburan wijen sangrai atau keju dan sedap juga jika ditambah susu kental manis (SKM). Kurleb untuk 45 gelas.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT SINGKONG THAILAND