CARA MEMBUAT KUE PUTRI SALJU KLASIK KACANG METE


Resep Kue Putri Salju Klasik Kacang Mede Sederhana Lembut Spesial Asli Enak. Biasanya menjadi kue kering tradisional yang banyak digemari dan disukai oleh semua kalangan usia dari anak-anak sampai orang tua. Kue putri salju klasik kacang mede jambu monyet memang lezat. Perpaduan rasa gurih, renyah, lembut dan empuk, kue kering ini disempurnakan dengan taburan gula halus atau gula donat yang terasa lembut dan meleleh di lidah. Tak mengherankan bila kue putri salju menjadi salah satu menu sajian wajib di hari raya idul fitri atau acara-acara spesial lainnya. Baca Juga : Resep Kue Lidah Kucing

Foto Kue Putri Salju Klasik Kacang Mede Bulan Sabit Tabur Gula Donat
Gambar Kue Putri Salju Klasik Kacang Mede Bulan Sabit

Menurut situs Wikipedia Kue putri salju adalah sejenis kue kering yang berbentuk bulan sabit dan di atasnya diselimuti dengan taburan gula halus atau gula donat seperti salju. Kue putri salju dibuat dari adonan dasar tepung terigu, tepung maizena, mentega dan kuning telur yang dipanggang di dalam oven sampai matang dan di atasnya diselimuti dengan gula halus. Kue ini banyak digemari oleh orang-orang karena rasanya yang enak, gurih dan dingin ketika menggigitnya. Begitu sempurna dan istimewa kue kering ini.

Kue putri salju biasanya menjadi sajian khas pada hari raya, seperti pada perayaan lebaran Idul Fitri, Natal dan tahun baru Imlek. Kue putri salju biasanya dijual dalam kemasan toples plastik di toko roti, toko kue, dan pasar swalayan. Kini ada banyak aneka kreasi dan variasi rasa dari kue putri salju ini, diantaranya ada kue putri salju keju kraft cheddar, keju edam, dll dengan mix campuran kacang mede atau kacang mete, kue putri salju kacang mede klasik, kue putri salju kacang tanah, kue putri salju susu, kue putri salju pandan, kue putri salju pelangi (rainbow), dll masih banyak macam-macam kue putri salju hasil kreatifitas dan modifikasi anak bangsa dengan membuat kue putri salju modern ini dengan sesuai selera, misalnya tanpa kacang atau tanpa keju dan kacang. Begitu juga dengan bentuk ada yang berbentuk bulan sabit dan ada yang bentuk bundar dan bulat menyerupai bulan penuh dengan sama-sama memiliki tekstur yang lembut dan empuk. Baca Juga : Resep Kue Kastengel

Foto Gambar Kue Putri Salju Bulat Bundar Kacang Mete Empuk Istimewa
Gambar Kue Putri Salju Bulat

Daripada mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli kue putri salju sajian sedap, lebih baik Ibu pelajari saja resep dan teknik pembuatannya. Tips membuat kue ala Blue Band kali ini akan membantu Ibu lebih terampil mempraktekkan resep putri salju sebagai salah satu kudapan special lebaran. Berikut resep putri salju klasik kacang mede ncc Fatmah Bahlawan lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan.

RESEP KUE PUTRI SALJU KLASIK


BAHAN :
  • 250 gram mentega
  • 100 gram gula halus
  • 200 gram kacang mete atau mede bahkan ada yang menyebutnya mente, panggang, haluskan
  • 250 gram tepung terigu
BAHAN TABURAN :
  • 150 gram gula bubuk, aduk dengan 1/2 sdt vanilli (optional)
  • Gula donat secukupnya atau gula halus
CARA MEMBUAT KUE PUTRI SALJU KLASIK :
  1. Kocok mentega dan gula halus hingga lembut, tambahkan kacang mete dan tepung terigu, aduk rata.
  2. Bulatkan adonan dasar putri salju, simpan dalam kulkas 1/2 jam, bentuk bulan sabit.
  3. Susun dalam loyang tipis (loyang cookies), panggang dalam oven selama lebih kurang 20 menit, hingga matang.
  4. Panas-panas, gulingkan dalam gula bubuk biasa. Setelah terbalut rata, gulingkan dalam gula donat.
  5. Sajikan.
TIPS & TRICKS :
  • Gunakan Bahan Baku yang Berkualitas, Untuk menghasilkan hidangan yang lezat dan sehat tentunya diperlukan bahan baku yang berkualitas. Alangkah baiknya bila Ibu memilih tepung terigu protein rendah yang berkualitas. Tepung terigu protein rendah akan membuat resep putri salju Ibu menjadi renyah. Untuk urusan margarin, Ibu bisa memilih jenis margarin yang kandungan gizinya tinggi dan aromanya cocok cocok untuk kue kering, seperti Blue Band Cake and Cookie.
  • Jangan Mengocok Adonan Terlalu Lama. Mengocok adonan kue kering terlalu lama dapat membuat adonan menjadi melebar saat dipanggang, begitu pula dengan kue putri salju. Jadi, jangan terlalu lama saat melakukan proses pencampuran adonan ya, Bu. Mengayak bahan-bahan kering, seperti tepung terigu dan gula halus, akan membantu mempercepat proses pencampuran adonan.
  • Gunakan Kacang Mede yang Telah Disangrai, Resep putri salju biasanya jadi makin spesial bila Ibu menambahkan sedikit cincangan kacang mede ke dalam adonan. Sebelum menambahkan cincangan kacang mede, pastikan kacang mede tersebut sudah disangrai hingga kering dan matang. Kacang mede yang sudah disangrai hingga matang akan lebih tahan lama dan tak berbau tengik. Hal ini tentu akan mempengaruhi kualitas kue putri salju buatan Ibu.
  • Menaburkan Gula Halus, Taburan gula halus merupakan salah satu komposisi utama yang menjadikan kue putri salju sebagai hidangan yang spesial. Sebelum menaburkan gula halus pada kue putri salju yang sudah matang, pastikan uap panas pada kue tersebut sudah benar-benar hilang. Bila Ibu menaburkan gula halus pada kue yang masih panas, gula halusnya akan meleleh dan membuat penampilan kue putri salju jadi kurang cantik.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KUE PUTRI SALJU KLASIK KACANG METE