CARA MEMBUAT ES PODENG ISTIMEWA

Resep Es Podeng Jawa Timur Sederhana Spesial Komplit Asli Enak. Es podeng adalah minuman es segar jajanan kali lima yang memadukan resep es puter kopyor dengan es buah, tidak heran ada yang menyebutnya dengan resep es podeng buah, karena biasanya ada buah alpukat, buah nanas, dan buah nangka. Andapun bisa saja berkreasi sendiri dengan mencampurkan buah-buahan lainnya dan topping atau taburan lainnya diatasnya.

Foto Resep Es Podeng Jawa Timur Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Es Podeng Istimewa

Asal usul mulanya sejarah Es podeng berasal dari kata bahasa Perancis, Podeng berasal dari kata Podeng yang artinya putar, putar yang dimaksud adalah proses pembuatan es krim dengan cara diputar. Itulah ciri khas es podeng beda sama es oyen Bandung dan resep es doger yang menggunakan es serut dan es batu. Itulah letak istimewa nya minuman es yang menyegarkan ini, sehingga cocok untuk menu takjil buka puasa karena manis dan lengkap bergizi.

Baca Juga :

Resep Es Kopyor

Bangsa Belanda yang mengenalkan es Podeng ini ke Indonesia pada abad 18. Sebutan es Podeng mulai populer pada abad 20, di Indonesia. Es Podeng tidak hanya pakai es krim saja, ada jelly, buah alpukat, buah nangka, serutan kelapa muda, potongan roti tawar dan ketan hitam, masih ada pelengkap lainnya seperti kacang tanah, coklat meisis dan susu kental manis coklat atau putih.

Sumber lain mengatakan Es Podeng adalah minuman khas Indonesia yang berkampung halaman di Madura, Jawa Timur. Berbahan dasar santan kelapa ini, Es Podeng lahir dari buah kreativitas masyarakat Indonesia yang memodifikasi bahan dasar resep es krim asli, yaitu susu, untuk menghasilkan es krim asli dari Indonesia.

Resep Es Podeng biasanya dikomposisikan dengan buah atep, roti, alpukat, kacang yang disangrai, dan susu kental manis pada bagian atasnya. Terkadang juga, para Abang-abang pedagang kaki lima dengan gerobak mengganti alpukat dengan nangka, durian dan buah-buahan lain untuk menciptakan varian lain dari es podeng ini yang tujuannya untuk memuaskan pembeli atau pelanggan, seperti pada resep es podeng manten, mantenan, atau pengantin atau es podeng jadul tempo dulu, resep es podeng buah, dan sebagainya.

Meskipun minuman segar ini lahir di Madura Jawa Timur yang dikenal dengan resep es podeng Jawa Timur, sekarang, kita bisa menjumpai banyaknya pedagang es podeng dimana saja, contohnya di Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, dan kota-kota lainnya. Dengan harga jual yang merakyat, siapa saja bisa menikmati minuman ini, biasanya pedagang mematok harga Es Podeng pada kisaran angka Rp. 5000 -Rp. 10.000 untuk satu porsi kecil.

Es podeng ini sangat menyegarkan dan cocok dijadikan takjil minuman pembuka saat berbuka puasa pada bulan Ramadhan nanti. Cara membuat es podeng buah ini mudah tinggal siapkan bahan-bahannya dibawah ini lalau disajikan pakai susu kental manis. Gampangkan kalau bikin sendiri di rumah ala rumahan. Silahkan berkreasi sendiri misal diberi taburan meises coklat ataupun meises warna warni, diberi potongan roti, ketan hitam, dll yang penting tidak menghilangkan ciri khas es podeng itu sendiri yaitu menggunakan es puter, bukan pakai es serut, es krim, dan es batu. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi ais podeng santan alpukat komplit yang segar sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis olahan aneka es podeng yang lezat dengan membuka kedai es, berjualan keliling atau pinggir jalan kaki lima maupun buka restoran ala cafe resto cepat saji.

RESEP ES PODENG BUAH


BAHAN :
  • 1 ltr es puter kopyor siap pakai
  • 1 btr kelapa muda, ambil daging buahnya
  • 2 buah alpukat, ambil daging buahnya, potong-potong
  • 5 buah mata nangka, potong-potong
  • Susu kental manis cokelat
CARA MEMBUAT ES PODENG :
  1. Siapkan gelas saji, taruh 3 sendok makan es puter.
  2. Tambahkan kelapa degan, alpukat, dan nangka. Beri susu kental manis cokelat secukupnya.
  3. Sajikan untuk 5 orang.

Tags :

CARA MEMBUAT ES PODENG ISTIMEWA