CARA MEMBUAT AWUG CIBEUNYING BANDUNG

Resep Awug Cibeunying Bandung Sederhana Spesial Asli Enak. Awug adalah makanan khas sunda yang terbuat dari tepung beras atau tepung ketan yang membuat unik awug awug cibeunying kidul ini adalah bentuknya yang berbentuk kerucut. Kue Awug Cicadas ini masih tergolong dan termasuk jenis kue basah tradisional asli daerah Indonesia yang perlu dilestarikan. Kue awug yang terkenal paling lezat dengan tekstur yang lembut dan empuk yaitu awug beras asli Cibeunying yang berada atau beralamat di kecamatan cibeunying kidul depan STT bandung Jalan Ahmad Yani.

Foto Resep Awug Cibeunying Bandung Asli Enak
Gambar Awug Beras Cibeunying Bandung Panas

Menurut situs Wikipedia Awug adalah makanan yang berupa jajanan pasar kuliner khas Cimahi (Bandung). Makanan ini mirip, atau diperkirakan serupa, dengan Kue dongkal kue khas Betawi. Awug awug beras mudah ditemui di pedagang kaki lima. Macam-macam jenis kue awug, diantaranya, kue awug beras dari tepung beras, kue awug ketan dari ketan, kue awug mutiara dari mutiara-mutiara warna warni, dll.

Awug adalah makanan tradisional khas bandung yang terbuat dari tepung beras, kelapa, aroma daun pandan dan gula merah yang dikukus didalam aseupan (kukusan berbentuk lancip untuk membuat tumpeng). Variannya ada awug bungkus daun pisang

Konon sejarah asal usul mula awug merupakan jajanan khas Sunda yang berasal dari wilayah pedalaman. Makanan ini biasanya dibuat oleh masyarakat lokal saat panen usai. Ajang Muhidin, mengisahkan pengalaman dirinya saat dulu memperhatikan neneknya membuat awug di kampungnya, Cicalengka. Ia lalu menirunya dan berhasil membuat awug enak yang sama. Kemudian, ia mencoba peruntungannya dengan menjajakan awug di Bandung. Saat itu tahun 1978, dan belum ada yang menjual awug di sekitaran bandung. Dengan menggunakan gerobak, Ajang berkeliling menjual awug hangat buatannya di sekitar kawasan pasar Cicadas. Banyak pedagang pasar di sana yang menyukai awug Ajang. Ajang cukup selektif dalam memilih bahan baku. Bahan baku yang dipilih (terutama beras) harus yang berkualitas.

Proses pembuatan awug sendiri cukup panjang. Beras direndam selama 24 jam. Kemudian, digiling hingga halus menjadi tepung. Lalu, dikukus setengah matang dan didiamkan selama tujuh jam. Setelah itu, dikukus kembali bersama gula merah dengan menggunakan kukusan atau aseupan. Setelah matang, awug disajikan hangat dengan parutan kelapa. Dengan adanya respon positif, Ajang lalu membuka kios di daerah Cibeunying pada tahun 1980.
meskipun bentuknya sederhana, namun saat dirasakan dimulut akan merasa ketagihan terutama bagi penggemar makanan tradisional khas indonesia. awug ini akan terasa nikmat apabila dikonsumsi hangat sore atau malam hari sebagai makanan yang ringan / cukup berat karena sudah mengandung karbohidrat. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi awug beras khas Cibeunying Bandung sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah, dan praktis, untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis awug awug beras. Semoga dengan resep cara bisa bikin sendiri awug awug di rumah.

RESEP AWUG CIBEUNYING BANDUNG


BAHAN :
  • 1,5 kg tepung beras yang sudah diolah setengah matang (bisa pakai tepung beras rose brand)
  • 500 gram gula merah disisir halus, kalau masih kurang manis bisa ditambah
  • 1 butir kelapa setengah tua, parut memanjang
  • 2 sdt garam
  • 500 ml air, garam dilarutkan dalam air
  • Beberapa lembar daun pandan
CARA MEMBUAT AWUG CIBEUNYING BANDUNG :
  1. Siapkan kukusan kerucut dan dandang tinggi, seeng kalo orang sunda bilang, didihkan air sampai beruap banyak, bisa juga air kukusan diberi daun pandan agar wangi.
  2. Siapkan kukusan bambu, supaya berdiri taruh dipanci kosong yang tinggi.
  3. Campurkan 1/2 butir kelapa parut dengan tepung beras, beri air garam sedikit-sedikit, aduk hingga lembab dan berbutir-butir. beri beberapa lembar daun pandan di dinding kukusan., kemudian sendokan gula merah, tepung beras secara berselang seling sampai habis.memberikan lapisan gula merah, jangan terlalu tebal, cukup tipis saja. Sedangkan lapisan tepung beras agak lebih tebal.
  4. Lapisan tepung terakhir agak dikumpulkan ditengah jangan melebar ke pinggiran kukusan bambu. tutup dengan daun pisang, setelah itu tutup dengan tutup panci. kukus sampai matang. Cek 15 menit kemudian, lihat apakah sudah padat menyatu, jika belum, berikan waktu 5 menit lagi dan cek kembali. setelah matang angkat, tumpahkan sekaligus diatas tampah atau baskom besar beralas daun pisang. bentuk kerucutnya itu unik.

CARA MEMBUAT AWUG CIBEUNYING BANDUNG