CARA MEMBUAT KUE GANDUS KHAS PALEMBANG

Resep Kue Gandus Palembang Lembut dan Empuk Sederhana Spesial Asli Enak. Kue gandus tradisional terbuat dari tepung beras dan santan kelapa rasanya gurih asin bukan manis seperti kue kebanyakan. Kue gandos atau gandus lezat ini masih termasuk golongan aneka kue basah tradisional jenis kue asin gurih yang perlu dilestarikan agar tidak hilang dari budaya masakan Indonesia yang beraneka ragam dan macam-macam jenis. Sedangkan kue gandos rangin, kue gandos wingko, kue gandos goreng itu beda lagi bahan dan bentuknya dan beda pula daerah asalnya dari pulau Jawa.

Foto Resep Kue Gandos Palembang Lembut dan Empuk Asli Enak
Gambar Kue Gandus Palembang Tradisional

Kue Gandus adalah salah satu kue tradisional khas Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) dan khas Bangka, Jambi dan ada juga kue gandus Bandung. Kue ini berbahan dasar tepung beras yang diberi taburan ebi, daus seledri, cabe merah dan bawang goreng di atasnya. Kue talam gandus bisa dibuat dengan komposisi gram dengan timbangan, takaran gelas dan takaran sendok. Memang kuliner tradisional ini belum sepopuler jajanan pempek, kerupuk, kemplang, model dan tekwan, tapi patut Anda coba makanan camilan rakyat ini. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kue gandus khas Palembang, Sumatera Selatan, Sumsel yang lumer, lembut dan empuk sajian sedap istimewa, NCC lengkap dengan proses cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal dengan simple mudah dan praktis agar menjadi menu hidangan sajian lezat untuk keluarga tercinta, untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis kue gandus jajanan pasar tradisional kue basah..

RESEP KUE GANDUS


BAHAN :
  • 250 gram tepung beras
  • 1/2 sdt garam
  • 850 ml santan dari 1 butir kelapa
BUMBU :
  • 25 gram ebi, seduh, goreng
  • 3 butir bawang merah, iris tipis, goreng
  • 1 tangkai daun seledri, cincang halus, goreng
CARA MEMBUAT KUE GANDUS PALEMBANG :
  1. Didihkan 350 ml santan (dari 850 ml santan).
  2. Aduk rata bumbu. Sisihkan.
  3. Campur tepung beras dan garam. Aduk rata. Tuang santan panas sedikit-sedikit sambil diaduk sampai rata. Masukkan sisa santan. Aduk rata.
  4. Tuang diloyang 20x20 cm yang dioles minyak. Kukus 15 menit sampai matang. Angkat.
  5. Tabur bagian atasnya dengan bumbu. Kukus lagi 15 menit sampai matang dengan api sedang.
  6. Sajikan untuk 16 potong.
TIPS & TRICKS :
  • Potong kue setelah dingin dengan pisau yang dibalut plastik dan dioles minyak agar tidak lengket.

CARA MEMBUAT KUE GANDUS KHAS PALEMBANG