CARA MEMBUAT GENJER MASAK TAUCO ONCOM PEDAS


Resep Genjer Masak Tauco Oncom Pedas Sederhana Spesial Asli Enak. Sayur genjer memang paling enak dimasak tumis atau oseng-oseng untuk masak bening atau santan sayur genjer kurang mantap, kalau genjer masak pedas cabai masih cocok karena masih ada unsur tumis menumis tapi ada juga yang mengolah genjer dimasak sayur urap dengan hanya direbus. Sebelum memasak genjer masak taoco ada baiknya kita mengenal bahan-bahannya terutama sayur genjer dan bumbu tauco atau sering disebut dengan taoco, sedangkan tempe oncom hanya pelengkap pada masakan sayuran kali ini.

Foto Resep Genjer Masak Tauco Oncom Sederhana Asli Enak
Resep Genjer Masak Tauco Sederhana Asli Enak

Menurut situs wikipedia genjer (dibaca gènjèr) atau paku rawan (Limnocharis flava) adalah sejenis tumbuhan rawa yang banyak dijumpai di sawah atau perairan dangkal. Biasanya ditemukan bersama-sama dengan eceng gondok. Genjer adalah sumber sayuran "orang miskin", yang dimakan orang desa apabila tidak ada sayuran lain yang dapat dipanen. Dalam bahasa internasional dikenal sebagai limnocharis, sawah-flower rush, sawah-lettuce, velvetleaf, yellow bur-head, atau cebolla de chucho. Nama "paku rawan" agak menyesatkan karena genjer sama sekali bukan anggota tumbuhan paku.

Terna tahunan yang dapat mencapai tinggi setengah meter ini mudah ditemukan di perairan dangkal seperti sawah atau rawa; rimpang tebal dan tegak, terbenam dalam lumpur; daun tegak atau miring, tidak mengapung (berbeda dari eceng gondok), tangkainya panjang dan berlubang atau berongga, helainya bervariasi bentuknya; mahkota bunga berwarna kuning dengan diameter 1.5cm, kelopak bunga hijau.

Tumbuhan ini dapat menjadi gulma sawah yang serius jika tidak ditangani segera. Pemanfaatannya dapat membantu mengendalikan populasinya. Walaupun biasanya tidak intensif dibudidayakan, perbanyakan dapat dilakukan secara vegetatif walaupun bijinya pun dapat ditanam. Tumbuhan ini berbunga sepanjang tahun.

Perannya sebagai makanan rakyat miskin digambarkan dalam lagu populer berbahasa Asing yang diciptakan oleh seniman asal Banyuwangi, Muhammad Arief, pada tahun 1940-an, Genjer-genjer. Sedangkan Tauco adalah bumbu makanan yang terbuat dari biji kedelai (Glycine max) yang telah direbus, dihaluskan dan diaduk dengan tepung terigu kemudian dibiarkan sampai tumbuh jamur (fermentasi). Fermentasi tauco dengan direndam dengan air garam, kemudian dijemur pada terik matahari selama beberapa minggu sampai keluar aroma yang khas tauco atau rendaman berubah menjadi warna coklat kemerahan. Pada pertengahan prosesnya, rendamannya sering mengeluarkan bau yang menyengat seperti ikan busuk/bau terasi.

Dari beberapa produsen tauco tradisional mengatakan bahwa hasil rendaman, air rendamannya itulah diolah menjadi kecap sedangkan biji kedelainya menjadi tauco. Terdapat berbagai cara mengolah tauco yang masing masing memiliki keistimewaan tersendiri. Contoh tauco yang beredar di daerah Riau berbeda dengan tauco dengan di daerah Jawa dan Kalimantan. Tiap daerah memiliki keunikan cita rasa tersendiri.

Dari pengalaman, tauco dapat disimpan lama sampai bertahun tahun, dan tidak akan rusak atau basi selama penyimpanannya tidak terkena air mentah ataupun terkontaminasi dengan bahan organik lainnya. Sayang, tidak ada penelitian yang lebih terperinci mengenai tauco. Oleh para buruh kasar (khususnya masyarakat Tionghoa) dibeberapa daerah, tauco digunakan sebagai lauk setiap makan terutama saat makan bubur bening. Penggunaannya yang umum adalah sebagai bumbu atau penyedap dalam membuat lauk pauk, misalnya ayam bumbu tauco, nasi goreng tauco, ikan tumis tauco. Berikut resep lengkap genjer masak tauco secara mudah dan praktis.

RESEP GENJER MASAK TAUCO


Foto Resep Genjer Masak Tauco Oncom Pedas Asli Enak
Gambar Genjer Masak Tauco Oncom Pedas

BAHAN :
  • 250 gram genjer
  • 200 gram oncom, dipotong kotak 1 cm
  • 1/2 buah bawang bombay, diiris tipis
  • 2 siung bawang putih, diiris tipis
  • 2 batang daun bawang, dioptong 1 cm
  • 4 buah cabai merah, diiris tipis
  • 2 buah cabai hijau, diiris tipis
  • 2 cm lengkuas
  • 2 lembar daun salam 1 sendok makan tauco
  • 150 ml kaldu
CARA MEMASAK GENJER MASAK TAUCO :
  1. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu.
  2. Masukkan cabai merah, cabai hijau, daun salam, lengkuas, dan tauco. Aduk-aduk sebentar.
  3. Tambahkan oncom. Aduk sampai oncom setengah matang. Masukkan genjer, aduk hingga layu.
  4. Tuang kaldu dan kecap asin. Masak sampai matang.
  5. Sajikan.
TIPS & TRICKS :
Masakan ini bisa Anda tambah petai, dan cabai rawit utuh serta aneka kreasi olahan bahan lain, seperti saus tiram, terasi, udang, kencur, dll.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT GENJER MASAK TAUCO ONCOM PEDAS