CARA MEMBUAT COMBRO BANDUNG PEDAS RENYAH

Resep Combro Bandung Pedas Renyah Krispi dan Garing Sederhana Spesial Asli Enak. Combro atau kadang disebut comro atau gemet adalah makanan cemilan khas sunda Jawa Barat dan termasuk kreasi masakan aneka olahan dari singkong tradisional dan masuk ke dalam aneka gorengan lembut dan empuk. Combro biasanya dibentuk bulat atau pipih yang bagian dalamnya diisi dengan sambal oncom pedas diberi bumbu combro kemudian digoreng, karena itulah dinamai combro yang merupakan kependekan dari oncom di jero bahasa Sunda artinya tempe oncom didalam. Bagi daerah lain jika tak menemukan oncom untuk bahan isian boleh diganti sama tempe walaupun aslinya isi combro itu adalah sambal oncom. Namanya tetap combro kok cuma jadi combro isi tempe. Terkadang juga ada yang menyebutnya kue combro atau kue comro. Ada juga combro versi mini namanya comet singkatan dari combro lemet. Kue combo yang diisi sambal oncom pedas atau cabe/cabai dinamai combro setan.

Foto Comro Bandung Spesial Lembut Asli Enak
Gambar Combro Pedas Bandung

Menurut situs Wikipedia definisi dan pengertian combro. Combro atau kadang disebut comro atau gemet adalah makanan khas dari Jawa Barat. Combro terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat yang bagian dalamnya diisi dengan sambal oncom kemudian digoreng, karena itulah dinamai combro yang merupakan kependekan dari oncom di jero (bahasa Sunda (Namun nama tradisionalnya combro bukan comro), artinya: oncom di dalam, begitu juga halnya dengan gemet merupakan kependekan dari dage saemet artinya dage di dalam yang artinya kurang lebih sama. Makanan ini lebih enak disantap saat masih hangat atau masih panas bila sudah dinging biasanya teksturnya berubah menjadi keras. Begitu deskripsi sejarah asal usul mulanya makanan kue combro asin gurih dan misro yang manis untuk bahan makalah tentang combro dan misro.

Memang ada-ada saja nama macam-macam makanan khas sunda Jawa Barat biasanya banyak menggunakan singkatan yang unik dan terkadang aneh itulah ciri khas camilan makanan sunda, nanti masih banyak makanan singkatan dari Jawa Barat yang akan dibagikan di blog Resep Masakan sajian sedap ini. Sebut saja ada Misro yang bahannya dari singkong atau ubi kayu atau ubi jalar juga kalau makanan ini kebalikan dari combro rasanya manis isinya gula merah dan kependekan dari Amis di Jero. Berikut resepi combro crispy renyah lembut dan empuk sajian sedap istimewa lengkap dengan step by step anti gagal cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri atau untuk jualan usaha ala Abang-abang.





RESEP COMBRO


BAHAN :
  • 1 kg singkong parut
  • 1/2 butir kelapa parut
  • 1 sendok teh garam
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Cireng

BAHAN ISI :
  • 1 mangkok oncom/tempe hancurkan
  • Cabe rawit sesuai selera
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 batang daun bawang diris tipis
  • 3 batang daun seledri diiris tipis
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Cilok Goreng

BUMBU COMBRO :
  • Garam
  • Merica
  • Kecap manis
  • Gula secukupnya (pengganti MSG)
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Basreng

CARA MEMBUAT COMBRO PEDAS RENYAH :
Foto Cara Membuat Combro Bandung Sederhana
Gambar Adonan Dasar Combro

  1. Singkong parut dicampur bersama kelapa parut, garam dan gula.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih halus,lalu masukkan bahan isi dan bumbu.
  3. Ambil adonan sebesar dua sendok makan atau sebesar bola pingpong, pipihkan dan isi dengan adonan isi,lalu bentuk bulat lonjong lalu goreng dalam minyak panas.

CARA MEMBUAT COMBRO BANDUNG PEDAS RENYAH