CARA MEMBUAT KUE APEM GULA MERAH KUKUS KHAS BETAWI

Resep Kue Apem Gula Merah Kukus Khas Betawi, Jakarta Lembut dan Empuk Sederhana Spesial Asli Enak. Betawi Jakarta juga kaya kuliner yang enak-enak, buktinya banyak makanan dari sini dan rata-rata sudah terkenal, misalkan resep soto betawi, resep roti buaya, resep dodol betawi, kue lupis ketan, dll. Apem kukus mekar berserat dan bersarang istimewa ini terbuat dari tepung beras dan masih termasuk aneka varian dari kue basah tradisional asli Indonesia walaupun ada juga kue apem yang terbuat dari tepung terigu namun masih enak kue apem yang terbuat dari tepung beras Rose Brand.

Foto Kue Apem Gula Merah Enak Lembut dan Empuk
Gambar Kue Apem Gula Merah Kukus

Menurut situs Wikipedia. Apam atau apem (dikenal juga dengan appam di negeri asalnya India adalah makanan yang terbuat dari tepung beras yang didiamkan semalam dengan mencampurkan telur, santan, gula dan tape serta sedikit garam kemudian dibakar atau dikukus. Bentuknya mirip serabi, tetapi lebih tebal. Kini kue apem tradisional juga mengalami pengembangan ke arah modern viral kekinian semakin tingginya kreatifitas ahli masak, diantaranya ada kue apem kukus potong atau kue apem potong atau iris yang dikenal dengan nama kue apem Pak Thongko, kue apem loyang, kue apem keju, kue apem coklat lumer, dll.

Baca Juga Artikel Menarik :


Resep Apem Selong

Sejarah asal usul mula dan tradisi. Menurut legenda, kue ini dibawa Ki Ageng Gribig yang merupakan keturunan Prabu Brawijaya kembali dari perjalanannya dari tanah suci. Ia membawa oleh-oleh 3 buah makanan dari sana. Namun karena terlalu sedikit, kue apem ini dibuat ulang oleh istrinya. Setelah jadi, kue-kue ini kemudian disebarkan kepada penduduk setempat. Pada penduduk yang berebutan mendapatkannya Ki Ageng Gribig meneriakkan kata “yaqowiyu” yang artinya “Tuhan berilah kekuatan.”

Makanan ini kemudian dikenal oleh masyarakat sebagai kue apem, yakni berasal dari saduran bahasa arab “affan” yang bermakna ampunan. Tujuannya adalah agar masyarakat juga terdorong selalu memohon ampunan kepada Sang Pencipta. Lambat laun kebiasaan ‘membagi-bagikan’ kue apem ini berlanjut pada acara-acara selamatan menjelang Ramadhan bulan puasa.

Kue apem gula merah kukus manis legit ini bertekstur lembut, empuk dan mekar mengembang, sehingga sangat enak dan spesial dimakan baik untuk sehari-hari maupun untuk berbagai acara, seperti arisan. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih apam gula merah kukus Betawi warna warni coklat, merah, pink, putih, hijau pandan, sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis toko kue dan pusat jajanan pasar tradisional dan modern.

RESEP KUE APEM GULA MERAH KUKUS


BAHAN :
  • 275 ml air kelapa
  • 200 gram gula merah, iris halus
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lbr daun pandan, simpulkan
  • 225 gram tepung beras
  • 250 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 100 gram tepung terigu
  • 6 gram ragi instan
  • 1/2 sdt bumbu spekuk (skip)
  • 1 sdt baking powder (skip)

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Apem Selong

CARA MEMBUAT KUE APEM GULA MERAH KUKUS :
  1. Didihkan air kelapa, masukkan gula merah, garam, dan daun pandan. Angkat, saring, dan dinginkan.
  2. Tuang rebusan air kelapa ke dalam tepung beras, aduk dengan tangan hingga tercampur rata, dinginkan.
  3. Masukkan santan, tepung terigu, ragi instan, bumbu spekuk, dan baking powder, uleni sambil diaduk-aduk selama 15 menit. Diamkan adonan selama 40 menit atau hingga adonan mengembang.
  4. Siapkan loyang cetakan, olesi minyak goreng. Panaskan cetakan dalam kukusan selama 5 menit.
  5. Tuang adonan ke dalam cetakan, lalu kukus selama 30 menit atau hingga kue matang.
TIPS & TRICKS :
  • 6 gram ragi instan setara dengan 1 1/2 sdt ragi instan.

CARA MEMBUAT KUE APEM GULA MERAH KUKUS KHAS BETAWI