CARA MEMBUAT PEMPEK KAPAL SELAM PALEMBANG ISI TELOR

Resep Pempek Kapal Selam Palembang Sederhana Spesial Isi Telor Asli Enak. Proses tahap pembuatan empek-empek Kapal Selam isi telur khas Palembang paling enak kali ini dibagi menjadi 3 bahan yaitu bahan A , B dan C ini dimaksudkan agar anda mudah membagi pikiran dan membagi tahapannya. Atau Anda bisa gunakan resep dasar adonan pempek praktis yang sudah kita buat sebelumnya resepnya ada pada artikel sebelumnya. Termasuk rahasia pempek lembut dan empuk ada pada komposisi adonan tepung menggunakan campuran sagu tani agar pempek tidak keras mpek-mpek nya dengan rasa yang gurih dan lezat mantap dari NCC.

Foto Pempek Palembang Spesial
Gambar Pempek Kapal Selam

Ukuran bentuk pempek kapal selam ikan atau tanpa ikan tergantung selera Anda bisa dibuat pempek kapal selam mini sederhana, sedang, bahkan pempek kapal selam jumbo atau besar. Begitupun dengan masalah bumbu adonan pempek supaya pempek atau mpek-mpek menjadi lebih gurih. Pada umumnya pempek kapal selam isi telur yang teksturnya lembut dan empuk tidak kenyal. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi pempek kapal selam ikan tenggiri atau pempek isi telur yang enak sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis kedai pempek atau warung empek-empek.





RESEP PEMPEK KAPAL SELAM


BAHAN A :
  • 25 gram tepung terigu
  • 100 cc air (air matang atau mentah)
  • 1 sdm garam dapur halus.
BAHAN B :
  • 500 gram daging ikan tenggiri (bila di pasar sekitar anda tidak dijual jenis ikan ini anda bisa menggantinya dengan ikan gabus, atau ikan belida yang pipih). Kemudian haluskan ikan tersebut. Lalu bekukan di lemari es sebelum anda gunakan sebagai adonan dasar pempek. Ingat ini penting justru disinilah rahasianya. Trus siapkan 1 butir telur ayam yang sudah dikocok. Juga siapkan 100 cc air putih. Sekian untuk bahan B. Berikutnya siapakan bahan C.
BAHAN C :
  • 400 gram tepung tapioka alias tepung kanji. Juga sediakan Telur ayam untuk dijadikan isian pempek kapal selam secukupnya saja. Demikian bahan C cukup dua bahan itu aja ya. Berikutnya mari kita lanjut ke inti, yakni cara membuat pempek kapal selam asli palembang.
CARA MEMBUAT PEMPEK KAPAL SELAM :
  1. Campurkan bahan A menjadi satu dalam satu wadah. lalu silakan Aduk sehingga adonannya mengental. Ini rahasia adonan pempek kapal selam enak. Masukkan adonan yang baru saja dibuat kedalam lemari es atau kulkas selama kurang lebih 30 menitan. Kemudian lanjut ke bahan B.
  2. Ambil daging tenggiri yang sudah kita bekukan lalu didiamkan sebentar biar lunak sampe tidak keras lagi. Lalu Campurkan telur ayam dan ikan ke dalam wadah baru. lalu tambahkan air putih secukupnya dan Aduk-aduklah hingga tercampur rata.
  3. Proses Menangani Bahan A, B dan C berikut langkah-langkah dan tahapannya :
  4. Setelah proses diatas kita lakukan, maka tahap selanjutnya adalah : mencampur bahan A dan bahan B kedalam satu wadah. Lalu Aduklah, sehingga tercampur dengan baik dan rata. Berikutnya Masukkan bahan C. tepung tapioka sedikit demi sedikit dan jangan lupa adonannya sambil diaduk aduk pakai tangan. Jangan terlalu lama mengaduk-aduk sebab akan membuat pempek menjadi keras.
  5. Setelah itu, jadilah adonan yang sudah siap untuk dibentuk menjadi bentuk pempek kapal selam. Jangan lupa lumurilah tangan dengan tepung tapioka Agar adonannya tidak lengket di tangan.
CARA MEMBENTUK PEMPEK KAPAL SELAM :
  1. Bulatkan adonan sebesar bola tenis, lalu tekan tengahnya dengan tangan sampai berbentuk mangkuk kecil. Ingat ketebalan “mangkuk”-nya cukup sedang jangan terlalu tipis karena isinya bisa keluar saat dimasak.
  2. Masukkan telur ke dalam lubang “mangkuk”, tapi jangan terlalu penuh, supaya “mangkuk”nya bisa ditutup kembali. Setelah diisi baru Tutup rapat dengan menekan-nekan katup “mangkuk” dengan ujung jari sehingga membentuk pempek kapal selam.
CARA MEREBUS PEMPEK KAPAL SELAM YANG BAIK DAN BENAR :
  1. Adonan pempek yang sudah dibentuk tadi kita rebus. Masukkan ke dalam air mendidih. dan satu lagi Rahasia penting merebus pempek kapal selam.
  2. Tambahkan minyak goreng secukupnya ke dalam air mendidih agar pempek tidak lengket satu sama lain saat direbus. Rebuslah hingga matang dengan ciri: adonannya mengambang di atas permukaan air. Setelah itu, angkat dan tiriskan dengan alat peniris.
TEKNIK MENGGORENG PEMPEK KAPAL SELAM :

CARA MENGGORENG PEMPEK KAPAL SELAM :
  1. Gorenglah pempek empat sampai lima biji jangan bikin kuali anda penuh sebab bisa lengket satu sama lain. Gorenlglah sampai kekuning-kuningan lalu angkat.
  2. Silahkan habiskan semua adonan, masukkan semua ke kuali. Berikutnya kita akan bikin cuka/cuko pempek atau kuah pempek kental.
CARA MEMBUAT KUAH CUKO/CUKA PEMPEK KAPAL SELAM :

CARA MEMBUAT CUKO PEMPEK :
  1. Rebuslah gula merah sebanyak 1 kg dan tiga (3) sendok teh asam jawa. Atau anda bisa menggantinya dengan cuka makanan.
  2. Air rebusannya sebanyak 2 liter. Rebuslah hingga gula merahnya larut.
  3. Tahap berikutnya adalah memasukkan cabe rawit beberapa biji sesuai dengan selera pedas anda. Juga masukkan ke dalam rebusan gula tadi: bawang putih sebanyak 200 gram dan tentu saja yang sudah dihaluskan. Masukkan garam dapur halus secukupnya. Rebuslah cuko selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, angkat cukonya dan masukkan ke dalam mangkuk.
  4. Untuk membuat kuahnya menjadi lebih segar, sailakan Tambahkan potongan mentimun dengan potong dadu kecil-kecil, lengkapi juga dengan udang ebi halus jika ingin lebih pedas tambahkan cabe atau sambal boleh cabai bubuk atau cabai sambal.

RESEP PEMPEK KAPAL SELAM VERSI II

RESEP PEMPEK KAPAL SELAM ISI TELUR ENAK


BAHAN :
  • 500 gram ikan fillet (Tenggiri, Gabus, Belida)
  • 500 gram tepung sagu/tepung tapioca (siapkan lebih)
  • 6-8 butir telur
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • Air
CARA MEMBUAT PEMPEK KAPAL SELAM ISI TELUR ENAK :
  1. Giling daging ikan, dimasukkan FP aja biar cepet:). Setelah itu tempatkan dalam mangkuk hingga kita tau banyaknya ikan.
  2. Pindahkan ke dalam baskom, tambahkan air 1/2 mangkuk dari mangkuk yang digunakan untuk mengukur ikan sebelumnya. Campur ikan, air, garam, dan gula hingga rata.
  3. Beri tepung sambil diuleni hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk. Sembari itu panaskan air dalam panci hingga mendidih, setelah mendidih kecilkan api.
  4. Pecahkan telur dan tempatkan dalam gelas kecil untuk memudahkan proses penuangan.
  5. Lumuri tangan dengan tepung, ambil segenggam adonan. Bentuk bulat sebesar bola tenis kemudian gunakan jari telunjuk dan tengah dr tangan kanan yang sudah dilumuri tepung untuk membentuk lubang sambil terus berputar hingga dihasilkan bentuk seperti gelas/cangkir. Isikan telur ke dalamnya, hati2 telur jangan sampai mengenai permukaan atas adonan karena adonan akan sulit merekat. Isikan telur 3/4 dari lubang, lalu rapatkan atasnya, segera masukkan ke dalam air rebusan. Biarkan hingga mengapung, angkat lalu kukus 10 menit.
  6. Angkat dan dinginkan. Goreng sebentar ketika akan disajikan.

CARA MEMBUAT PEMPEK KAPAL SELAM PALEMBANG ISI TELOR