CARA MEMBUAT MASAKAN ITALIA FETTUCINI SIMPLE


Resep Fettucini Mudah Sederhana Lengkap Spesial Asli Enak. Italia merupakan surganya bagi pecinta makanan yang berbentuk mirip mie alias pasta yang lezat dan special. Selain spageti (Spaghetti), Italia memiliki berbagai makanan lain yang unik dan khas bahan dasarnya serupa yakni ravioli, lasagna, fetuccini, dan lain sebagainya. Kesemuanya memiliki cara dan proses pengolahan masing-masing, sehingga menciptakan variasi rasa yang berbeda-beda setelah dimasak atau diolah dengan cara ditumis atau digoreng dengan saus fettucini cream cheese atau cheese cream, saus bolognese atau bolognaise, dll. Salah satu restoran terkemuka asal italia yang menyediakan masakan atau makanan ini adalah PIZZA HUT.

Salah satu yang cukup populer di negara kita ini adalah masakan fettucini yang bahasa asli italianya yaitu fettuccine. Fettucini merupakan pasta italia (italy) yang memiliki bentuk seperti mie gepeng namun teksturnya agak tebal dan lembut. Fettucini ini dapat dimasak dengan berbagai aneka rasa, varian atau variasi saus seperti halnya spaghetti ataupun makaroni (macaroni), seperti carbonara simple, alfredo, dan aglio olio.

Dari satu bahan yang hampir sama, lahir beragam nama. Inilah pasta, bahan makanan asal Italia. Yang paling populer di sini selain spageti, adalah ravioli, lasagna, dan fetuccini. Boleh dibilang sama bahannya, namun beda rasaanya setelah menjadi hidangan lengkap dan komplit yang khas.

Ravioli adalah pasta yang satu ini bentuknya mirip pastel. Terdiri dari dua lembaran pasta yang dalamnya bisa diisi. Isinya pun bisa macam-macam, dari daging sapi, ayam, jamur, keju, hingga aneka olahan seafood.

Lasagna adalah pasta yang satu ini berbentuk lembaran-lembaran yang diberi isi dan disusun-susun. “Umumnya, lasagna memiliki tujuh lapis,” kata Chef Bolsieri, pakar kuliner Italia di sebuah hotel berbintang di Jakarta. Umumnya, Lasagna diisi dengan daging sapi cincang dankeju mozarella.

Fettucini adalah pasta yang satu ini bentuknya seperti mie gepeng, namun agak tebal. Fetuccini yang paling terkenal adalah Fettucini Alfredo, yaitu fettucini yang dicampur dengan saus dan ditambah dengan udang.

Selain ketiga aneka pasta diatas, ada aneka jenis olahan pasta lainnya, diantaranya yaitu :

Gnocchi
Gnocchi merupakan pasta olahan yang terbuat dari kentang. Kentang rebus yang telah dihancurkan dibuat sebagai bahan pencampur terigu. Gnocchi umumnya disajikan dengan saus tomat.

Tortelloni
Pasta yang satu ini bentuknya menyerupai pangsit isi. Umumnya, tortelloni diisi dengan keju ricotta dan daun-daunan seperti bayam. Sama seperti pasta pada umumnya, penyajian tortelloni biasanya disiram dengan saus tomat.

Orecchiette
Pasta berukuran kecil berbentuk lingkaran gepeng seperti disc. Umumnya, berdiameter dua senti. Orecchiette umumnya dipadukan dengan saus sayuran. Bisa ditambahkan polong-plongan dan jamur.

Cannelloni
Cannelloni adalah pasta berukuran kecil seperti makaroni. Namun, bentuk cannelloni menyerupai pipa kecil. Biasanya disajikan dengan saus tomat kemudian dipanggang.

Cavatelli
Cavatelli merupakan pasta berbentuk seperti kerang berukuran kecil. Pada umumnya, cavatelli diolah dengan campuran sayuran seperti brokoli dan tomat. Bisa juga ditambahkan polong-polongan.

Capellini
Jika sudah familiar dengan spaghetti, maka capellini adalah bentuk pasta seperti spaghetti namun berukuran sangat tipis seperti rambut. Karena teksturnya yang sangat lembut, maka diberi nama rambut malaikat. Pasta ini disajikan dengan saus yang ringan seperti minyak zaitun atau keju.

Farfalle
Fafalle memiliki bentuk unik seperti dasi kupu-kupu pada tuxedo pria. Pasta ini biasa digunakan untuk campuran salad. Bisa juga diolah dengan saus ringan seperti minyak zaitun, keju, dan mentega.

Terus apa bedanya ketiga masakan sajian sedap ini? Inilah beda fettucini Carbonara, Alfredo, dan aglio olio bisa dilihat dari aneka resep fettucini ncc lengkap dengan cara bikin sendiri fettucine mudah dan praktis di bawah ini.






RESEP FETTUCINI CARBONARA


Carbonara adalah hidangan pasta yang berasal dari negara Roma, Italia. Sajian sedap yang sudah ada sejak pertengahan abad ke 20 ini memiliki bahan utama berupa telur, keju, bacon, dan black pepper. Selain dengan spageti, carbonara juga bisa disandingkan dengan fettucini. Cara membuatnya mudah bagi yang sering ke dapur.

Foto FETTUCINI CARBONARA BLACK PEPPER
Gambar Fettucini Carbonara
BAHAN :
  • 150 gram fettucini
  • 1 liter air
  • 1/2 potong bawang bombay yang sudah dicincang kasar
  • 3 siung bawang putih yang juga cincang kasar
  • 2 lembar bacon daging asap (smoked beef) yang dipotong panjang
  • 2 kuning telur
  • 250 ml krim kental
  • 100 gram keju parmesan yang sudah parut
  • 1/2 sdt garam dapur
  • 1 sdm blackpepper (bubuk merica hitam)
  • 1 sdm minyak sayur secukupnya
  • 1 sdm minyak zaitun
CARA MEMASAK FETTUCINI CARBONARA :
  1. Didihkan 1 liter air kemudian masukan fettucini, minyak sayur, dan garam lalu tunggu hingga matang.
  2. Setelah matang silahkan angkat dan tiriskan kemudian beri olive oil sambil diaduk-aduk hingga merata.
  3. Masukkan kuning telur, keju parmesan, black pepper, krim kental ke dalam wadah lalu aduk semuanya hingga tercampur secara merata.
  4. Siapkan wajan lalu tumis bawang bombay dan bawang putih hingga matang dan tercium aromanya yang khas. Setelah itu masukan daging asap dan aduk hingga merata.
  5. Masukkan fettucini dan bumbu kental yang sudah dibuat ke dalam wajan lalu aduk-aduk hingga rata dan matang.
  6. Setelah matang silahkan angkat dan pindahkan ke piring saji.
  7. Beri taburan keju parut dan dan black pepper di atasnya agar rasanya semakin lezat lalu hidangkan.

RESEP FETTUCINI ALFREDO


Konon, sebutan fettucini alfredo ini diambil dari seorang pemilik restoran yang bernama Alfredo Di Lelio. Ia merupakan pemilik restoran terkenal di Roma pada awal abad ke 20.

Fettucini alfredo merupakan sajian pasta yang terdiri dari fettucini, keju parmesan, dan juga mentega. Pasta ini terkenal dengan lelehan kejunya yang melapisi fettucini sehingga membuat rasanya menjadi semakin gurih.

Foto FETTUCINI ALFREDO
Gambar Fettucini Alfredo
BAHAN :
  • 500 gram fettucini
  • 250 gram daging asap (Smoked Beef) yang sudah dipotong-potong
  • 250 gram jamur kancing yang juga dipotong-potong
  • 4 sdm bawang bombay yang sudah dicincang
  • 250 ml krim
  • 500 ml air
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 6 sdm mentega
  • 3 siung bawang putih yang sudah dicincang
  • 4 sdm peterseli cincang
  • 3 kuning telur
  • 6 ons keju permesan yang sudah diparut
  • Merica bubuk secukupnya
CARA MEMASAK FETTUCINI ALFREDO :
  1. Masukkan rebus air, fettucini, garam, dan minyak zaitun hingga matang. Setelah itu angkat dan tiriskan fettucini-nya.
  2. Goreng daging asap hingga matang lalu sisihkan.
  3. Masukkan mentega ke dalam wajan lalu tumis bawang bombay, jamur, bawang putih dan peterseli hingga matang.
  4. Tambahkan fettucini dan daging asap ke dalam wajan lalu aduk hingga tercampur merata.
  5. Masukkan keju, krim, dan kuning telur lalu aduk-aduk hingga kejunya meleleh.
  6. Setelah matang beri taburan keju di atasnya lalu sajikan selagi panas.

RESEP FETTUCINI AGLIO OLIO


Fettuccine Aglio olio atau fettuccine aglio e olio e peperoncino 2015 merupakan hidangan pasta tradisonal sederhana yang berasal dari kota Napoli. Pasta ini cukup minimalis dan sangat sederhana serta paling praktis, karena biasanya hanya menggunakan minyak zaitun dan bawang putih tanpa menggunakan keju ketika proses memasaknya.

Foto FETTUCINI AGLIO OLIO
Gambar Fettucini Aglio Olio

BAHAN :
  • 2 liter air
  • 300 gram fettucini
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 6 siung bawang putih yang sudah dimemarkan
  • 3 buah cabe rawit merah yang diiris tipis
  • 400 gram udang jerbung yang sudah dibuang kepala dan kulitnya
  • 3 sdm daun peterseli yang dipotong-potong
  • 2 sdt garam
CARA MEMASAK FETTUCINI AGLIO OLIO :
  1. Panaskan air lalu masukan fettucini dan rebus hingga matang namun tidak terlalu lembek. Selanjutnya angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan minyak zaitun di atas wajan lalu tumis bawang putting dan cabe rawit hingga tercium aroma harumnya yang khas.
  3. Masukkan udang, peterseli, dan garam ke dalam wajan lalu masak hingga udangnya matang.
  4. Masukkan fettucini lalu aduk-aduk sebentar hingga matang dan semua bumbu tercampur dengan merata.
  5. Pindahkan ke piring saji lalu nikmati selagi panas.
Sumber : bacaterus.com dan republika.co.id


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT MASAKAN ITALIA FETTUCINI SIMPLE