CARA MEMBUAT KUE KAMIR ARAB KHAS PEMALANG


Resep Kue Kamir Khas Arab Lembut dan Empuk Sederhana Spesial Asli Enak. Kue kamir adalah salah satu kue fermentarsi. Selain menggunakan ragi instan, tape juga membantu fermentasi kue ini menjadi lebih sempurna. Anda dapat menggunakan cetakan kue carabikang, cetakan resep kue lumpur ataupun cetakan lain untuk membuat sajian enak ala Abang-abang ini. Kue sederhana ini juga bisa dibikin tanpa tape atau tapai cocok juga untuk sarapan pagi atau cemilan di malam hari.

Foto Kue Khamir Sederhana Asli Enak
Gambar Kue Khamir Arab

Menurut situs Wikipedia dan ncc kue Kamir, terkadang ditulis Khamir, adalah makanan khas Pemalang asal negaranya asli Arab dan ada ditemukan juga versi kue kamir Turki (Turkey). Kue ini terbuat dari adonan terigu, mentega, dan telur, terkadang dicampur dengan bahan seperti pisang ambon atau tape. Kamir ada dua jenis, yaitu kamir beras dan kamir terigu. Dipasaran kota Pemalang lebih banyak kamir terigu karena yang tahan lama sedangkan kamir beras hanya berdasarkan pesanan. Beberapa orang menyebutnya dengan nama Samir. Aneka kreasi dan variasi kue kamir, yaitu kue kamir kentang, kue kamir kelapa, dan kue kamir tanpa tape.

Bentuk kue ini berbentuk bundar menggunakan cetakan, pipih berwarna coklat dan hampir menyerupai kue apem atau serabi tetapi sedikit lebih besar dan bantet. Sedangkan ukurannya bervariasi, yang terbesar sampai sebesar lingkaran piring makan. Sedangkan terkecil sebesar lingkaran mangkok. Ukuran-ukuran itu tergantung pemesannya. Bahkan pernah akan dibuat ukuran raksasa tapi gagal karena tidak matang secara merata.

Sejarah asal-usul mulanya muncul kue khamir Menurut cerita, orang pertama yang membuat kue kamir adalah seorang warga Arab yang tinggal di Kelurahan Mulyoharjo, yang dikenal juga dengan sebutan Kampung Arab. Nama kamir itu sendiri tidak jelas berasal dari nama apa. Apakah berasal dari kata khamer (bahasa Arab) yang berarti memabukan atau dari nama orang keturunan Arab itu sendiri. Kini kue ini telah menyebar ke kota Depok, Jakarta, Bandung, tegal, dll.

Tetapi yang mendekati kemungkinan adalah nama Kamir berasal dari kata Khamir yang dalam bahasa Arab berarti ragi, dalam proses pembuatan kue kamir ini sebelum dimasak, terlebih dahulu didiamkan semalam agar bisa mengembang dengan sempurna dan tejadinya proses fermentasi. Berikut contoh resep kue Khamir.





RESEP KUE KHAMIR


BAHAN :
  • 150 gram tepung terigu protein tinggi
  • 37,5 gram gula pasir halus
  • 1/2 sendok teh (2 gram) ragi instan
  • 125 gram tape singkong, dihaluskan
  • 1 butir telur
  • 100 ml air
  • 1/4 sendok teh garam
  • 12,5 gram margarin, dilelehkan
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Kue Cubit

CARA MEMBUAT KUE KAMIR PEMALANG ASLI ENAK :
  1. Campur tepung terigu, gula pasir, dan ragi instan. Tambahkan tape singkong. Kocok perlahan menggunakan mixer spiral.
  2. Masukkan telur dan air sedikit-sedikit sambil dikocok sampai licin.
  3. Masukkan margarin leleh dan garam. Kocok rata. Diamkan 20 menit sampai mengembang.
  4. Panaskan cetakan kue lumpur yang diberi minyak agak banyak.
  5. Tuang adonan penuh. Biarkan sampai berkulit dan setengah matang. Balik adonan dan biarkan matang.
  6. Sajikan untuk 13 buah.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KUE KAMIR ARAB KHAS PEMALANG