CARA MEMBUAT TAPE BERAS KETAN HIJAU HITAM


Resep Tape Ketan Hijau dan Ketan Hitam Sederhana Spesial Asli Enak. Banyak teknik orang membuat tape anti gagal, tapi walaupun sudah tahu tekniknya pada hasilnya ternyata masih banyak yang gagal terutama hal ini dialami oleh pemula atau ibu-ibu muda termasuk saya lebih banyak gagal daripada berhasilnya membuat tape ketan ini, berbeda sama ibu saya di kampung kok selalu berhasil membuat tape atau tapai ketan ini.

Membuat tape beras ketan ini gunakan beras ketan putih untuk warna hijaunya bisa gunakan air ekstrak daun suji jadi lebih alami daripada menggunakan pewarna makanan, sedangkan untuk tape ketan hitam kita gunakan beras ketan hitam. Bagi yang suka tape original atau asli gunakan saja beras ketan putih, maka jadinya tape ketan putih. Dari bahan dasar tape ini juga dapat diolah menjadi aneka kreasi makanan yang enak-enak misal, lemang tapai, tape goreng, untuk campuran es campur, resep es tebak ketan hitam, bolu kukus tape, kue tape mekar, puding tape, dll.

Tips dan trik Agar supaya tidak gagal beras ketan putih dimasak terlebih dahulu setengah matang, kemudian angkat barulah dimasak kembali dengan air rebusan daun suji sampai masak untuk hasil warna ijo. Kemudian harus diperhatikan pada waktu menaburkan ragi tape pastikan ketan sudah dalam keadaan dingin bisa dipegang sama tangan. Kemudian taburkan ragi hingga merata pastikan terkena ragi semua, lalu simpan di wadah yang rapat ditempat yang sejuk dan jangan dibuka selama proses fermentasi jangan coba-coba mengintip lebih baik tunggu sampai 3-4 hari saja sudah agak banyak air tape. Selain beras ketan tape atau tapai bisa dibuat dari singkong.





RESEP TAPE KETAN HIJAU


Foto Gambar Tape Ketan Hijau
Gambar Tape Ketan Hijau
Resep dan proses pembuatan tape ketan putih dan ketan hitam itu sama saja yang membedakan hanyalah warna beras ketan nya, jika untuk warna hijau/ijo itu menggunakan pewarna hijau alami tradisional dari air rebusan daun suji atau menggunakan air rebusan daun katuk. Jadi tanpa pewarna kimia.

BAHAN :
  • 1 kg beras ketan putih
  • 600 ml air ekstrak daun suji atau daun katuk
  • 1 butir ragi tape, haluskan
  • Daun pisang untuk alas
  • Pembungkus berupa daun pisang atau plastik kemasan (jika mau dibungkus satuan)
CARA MEMBUAT TAPE KETAN HIJAU :
  1. Cuci beras ketan, rendam 2 - 3 jam, tiriskan sampai kering.
  2. Kukus beras ketan hingga setengah matang (kira-kira 30 menit), angkat.
  3. Panaskan air daun suji dalam panci sampai hampir mendidih. Masukkan ketam kedalam air suji, aduk-aduk sampai air suji terserap ketan dan ketan berwarna hijau merata.
  4. Kukus lagi ketan hijau sampai matang (kira-kira 15 menit), angkat.
  5. Dinginkan (sampai benar-benar dingin) dengan dihamparkan merata di atas nampan besar yang telah diberi alas daun pisang.
  6. Taburi tepung ragi secara merata di atas ketan. Sampai tahap ini ketan sudah siap dikemas dengan daun pisang atau plastik kemasan, jika ingin dikemas satuan.
  7. Masukkan ketan dalam wadah (baskom atau wadah lainnya), tutup rapat. Simpan di tempat yang aman.
  8. Setelah 3 - 4 hari, tape ketan hijau sudah siap disantap.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT TAPE BERAS KETAN HIJAU HITAM