CARA MEMBUAT KUE DORAYAKI DORAEMON JEPANG

Resep Kue Dorayaki Coklat Sederhana Khas Jepang Spesial Asli Enak. Kue kesukaan Doraemon ini adalah kue basah tradisional asli jepang yang sedang populer di Indonesia dengan sebutan kue Dorayaki Doraemon, banyak yang ingin membuatnya sebagai usaha bisnis makanan di Indonesia. Tekstur kue japan favorit Doraemon ini lembut dan empuk serta rasanya yang manis dan enak mirip dengan martabak manis asal Indonesia dan roti manis.

Foto Kue Dorayaki Asli Enak Khas Jepang
Gambar Kue Dorayaki Doraemon

Menurut situs wikipedia Dorayaki (どらやき。銅鑼焼き、ドラ焼き?) adalah kue yang berasal dari Jepang (Japanese Food). Dorayaki termasuk ke dalam golongan kue tradisional Jepang asli (wagashi). Kue unik ini berbentuk bundar sedikit tembem, dibuat dari dua lembar panekuk yang direkatkan dengan selai kacang merah. Dorayaki memiliki tekstur lembut serta empuk dan mirip castella karena adonan dasar diberi madu. Dorayaki hampir serupa dengan imagawayaki, namun berbeda bentuk dan cara memanggangnya.

ASAL USUL KUE DORAYAKI

Asal mulanya, kue Dorayaki hanya terdiri dari satu lembar kue bundar dengan pinggiran yang dilipat sedikit hingga berbentuk segi empat. Di bagian tengah kue diberi selai kacang azuki dari kacang merah asal jepang asli. Lihat foto gambar di bawah ini.

Kacang Merah Azuki Jepang
Gambar Kacang Merah Azuki Jepang

Pada tahun 1914, perusahaan kue Usagiya memperkenalkan dorayaki yang dibuat dari adonan castella dan terdiri dari dua lembar panekuk. Dorayaki yang terdiri dari dua lembar panekuk dan berbentuk bundar kemudian menjadi populer di seluruh Jepang. Di daerah Kansai (Osaka atau Nara), kue ini juga dikenal dengan nama mikasa(三笠).

Kue ini diberi nama dorayaki karena bentuknya yang mirip gong (bahasa Jepang: dora). Menurut cerita lain, samurai bernama Saito Musashibo Benkei adalah pencipta kue ini. Benkei menderita luka-luka dan harus dirawat di rumah penduduk. Setelah sembuh, Benkei memanggang adonan dari campuran air dan tepung terigu di atas gong. Hasilnya berupa kue bundar berisi selai kacang merah yang diberikan kepada orang yang merawatnya sebagai ucapan terima kasih.

Di Indonesia, kue ini mulai diperkenalkan bersamaan dengan diputarnya seri anime Doraemon film animasi di televisi swasta Indonesia sebut saja RCTI. Tokoh Doraemon mempunyai kegemaran makan kue dorayaki. Dorayaki di Indonesia sudah disesuaikan dengan selera lidah lokal, antara lain dorayaki berisi cokelat atau keju. Jika tertarik membuatnya. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih dorayaki ala Doraemon sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal hemat bahan yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka kue Jepang untuk franchise waralaba yang ekonomis harga murah meriah ekonomis irit bahan.

RESEP DORAYAKI


BAHAN :
  • 130 gram tepung terigu
  • 2 butir telur utuh
  • 80 gram gula pasir
  • Mentega
  • 1 sdm madu asli perhutani
  • 1/2 sdm baking soda
  • 50 ml air
BAHAN ISI :
  • 100 gram kacang merah segar
  • 3 sdm gula pasir
  • 50 ml susu cair (bisa diganti santan untuk resep kue dorayaki santan)
* Bagian isi selai kacang merah bisa digantikan sesuai selera, misal coklat mesis, keju, oreo, chocolatos, dan selai, bahkan bisa buat kue dorayaki tanpa isi.

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Martabak Manis

BAHAN OLESAN :
  • Bisa di oles selai coklat siap pakai (optional)
CARA MEMBUAT KUE DORAYAKI ENAK :
  1. Campur bahan-bahan telur, gula pasir, dan madu. Kemudian tambahkan baking soda yang sudah dilarutkan di dalam air 50 ml. Aduk hingga merata pakai mixer atau tanpa mixer pakai whisk balloon atau whisk manual.
  2. Kemudian tambahkan tepung terigu ke dalam adonan menggunakan ayakan. Aduk rata. Setelah itu, diamkan adonan tersebut kurang lebih 30 menit. Untuk hasil lebih baik, anda bisa menutup adonan tersebut dengan plastic (wrapping).
  3. Panaskan cetakan dorayaki. Atau jika tidak puya, anda dapat menggunakan wajan anti lengket (teflon) berukuran kecil, kurang lebih diameter 8 cm Oles wajan dengan margarin
  4. Tuang 1 sendok sayur adonan tadi di atas wajan anti lengket. Biarkan hingga permukaannya berlubang lubang, baru kemudian dibalik. Masak hingga kecoklatan dan matang, lakukan hingga adonan habis.
  5. Cara Membuat Isi Dorayaki : rebus kacang merah hingga lunak, angkat, tiriskan, haluskan. Kemudian campur susu cair dan gula pasir menggunakan mixer selama kurang lebih 2-3 menit, lalu tambahkan kacang merah yang sudah dihaluskan tadi ke adonan susu dan gula. Aduk hingga rata (berbentuk krim).
  6. Ambil dua kulit dorayaki yang sudah masak, kemudian oleskan salah satu kulit tadi dengan adonan kacang merah tadi dan tutup dengan kulit yang lainnya (seperti burger).
  7. Sajikan.

CARA MEMBUAT KUE DORAYAKI DORAEMON JEPANG