CARA MEMBUAT ES CENDOL ELIZABETH BANDUNG


Resep Es Cendol Tepung Beras Khas Bandung Sederhana Spesial Asli Enak yang dicampur dengan tepung hunkwe atau sagu aren. Cendol Elizabeth Bandung memang sudah terkenal sejak lama, dengan bahan adonan dasar utama tepung beras dan campuran tepung hunkwe atau sagu aren ini, sehingga menghasilkan cendol yang lembut, empuk dan kenyal. Anda juga bisa membuat aneka kreasi macam-macam jenis atau olahan variasi cendol lain seperti varian resep cendol pelangi dengan warna-warni rainbow dengan tape sehingga menarik pembeli cendol.

Foto Es Cendol Elizabeth Tepung Hunkwe
Gambar Segelas Cendol Elizabeth Bandung

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Es Dawet Ayu

Asal - usul atau asal mula sejarahnya nama Elizabeth menurut situs Paris Van Java Dot Web Dot ID, berawal sekitar tahun 1978 saat Haji Rahman berjualan cendol di jalan Raden Otto Iskandardinata (Otista) Bandung di depan sebuah rumah milik keturunan tionghoa bernama Eli. Ibu Eli adalah seorang penjual tas yang berlabelkan Elizabeth dan mengajak Haji Rahman untuk bersama-sama berjualan berdampingan di depan rumah ibu Eli.

Karena berjualan berdampingan tak jarang apabila ada yang membeli tas ibu Eli selalu minta gratis es cendol Haji Rahman dan kejadian itu terus berulang-ulang bahkan meluas dari mulut ke mulut sehingga memberi kesan bahwa dengan membeli tas Elizabeth dapat gratis minum es cendol Elizabeth. Sejak itulah ibu Eli menyuruh Haji Rahman agar membuat kartu nama dengan nama es cendol Elizabeth, dan seiring suksesnya Elizabeth maka turut terkenal juga nama es cendol Eizabeth.

Kuliner Bandung es cendol khas Elizabeth adalah sejenis minuman dingin yang terdiri dari cendol berwarna hijau agak tua, irisan nangka, santan kelapa, larutan gula merah yang kental serta serutan es batu. Haji Rahman adalah pemilik restoran es cendol Elizabeth sekaligus pembuat cendol Elizabeth yang terletak di jalan Inhoftank no.164 Bandung. Lokasi restoran tidak begitu jauh dari jalan Otista dimana es cendol Elizabeth dapat juga kita temukan tepat di depan toko Elizabeth.

Haji Rahman menyangkal bahwa es cendol Elizabeth yang biasa dijajakan oleh para pedagang yang menggunakan gerobak di pusat keramaian kota Bandung dengan bertuliskan es cendol Elizabeth adalah buatannya atau es cendol yang berasal dari Haji rahman. Menurut Haji rahman para pedagang tersebut hanya ikut mendompleng ketenaran es cendol Elizabeth dengan menuliskan es cendol Elizabeth di setiap gerobak mereka, jadi mereka tidak mengambil cendol dari Haji Rahman dan apabila bulan Ramadhan Haji Rahman selalu menutup tempat jualannya di jalan Otista depan toko Elizabeth. Jadi apabila ingin menikmati es cendol Elizabeth asli buatan Haji Rahman, Anda dapat mendatangi restoran pusatnya yang berada di jalan Inhoftank no.164 Bandung. Selain itu, Anda juga dapat menjadikan kuliner Bandung ini sebagai pilihan oleh-oleh Bandung untuk sanak saudara Anda.

Menurut Haji rahman, es cendol Elizabeth memiliki perbedaan dan keunggulan dibandingkan dengan kebanyakan es cendol lainnya. Kuliner Bandung ini dibuat dari bahan-bahan olahan yang masih bersifat alami tanpa bahan pengawet dan zat-zat kimia lainnya seperti pewarna. Warna hijau cendol berasal dari daun suji dan untuk pewangi diambil dari daun pandan. Sedangkan untuk sagu diambil langsung dari pabriknya yang berasal dari kepulauan Riau dan gula merah berasal dari Cilacap Jawa Tengah. Untuk pandan dan daun suji diambil dari kebun Haji Rahman yang berada di Ciparay dan Majalaya, kabupaten Bandung. Jadi kuliner Bandung ini benar-benar masih alami sekali.

Harga bahan-bahan alami pasti lebih mahal dibandingkan dengan bahan-bahan yang dicampur zat-zat kimia. Walaupun bahan-bahannya mahal, harga dari kuliner Bandung ini sangatlah terjangkau, per satu gelas besar hanya Rp. 2.500 dan untuk ukuran lebih besar lagi ada yang khusus dijual perbungkus dengan berat 1,5 kg yaitu Rp. 8.000. Aktivitas belanja bahan-bahan dilakukan dua bulan sekali, untuk gula sebanyak 4 ton sedangkan untuk sagu sebanyak 5 ton.

Karena kualitas es cendol Elizabeth yang bagus membuat grup waralaba Jogja dan Griya menggandeng kuliner Bandung ini agar mendistribusikan es cendol Elizabeth ke seluruh cabangnya di Indonesia. Saat ini es cendol Elizabeth sudah membuka beberapa cabang di kota Bandung seperti di jalan Otista, Cihampelas, Merdeka, Buah Batu, Setrasari, Pahlawan, Kopo, Majalaya, serta di luar Bandung yaitu Tasikmalaya. Berikut kumpulan aneka resepi es cendol dan cara membuat cendol dawet sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha aneka minuman dari cendol dengan cara menyajikannya menjadi minuman segar dan lezat dengan gerobak rombong bahkan untuk bisnis franchise.





RESEP ES CENDOL ELIZABETH BANDUNG


BAHAN CENDOL :
  • 75 gram tepung beras
  • 50 gram tepung sagu aren/hunkwe
  • 2 sdt air kapur sirih (opsional)
  • 100 ml air perasan Pandan dan daun suji untuk pewarna alami
  • 500 ml air
  • 1/4 sdt garam
* diperoleh dari 40 lembar daun suji, 10 lembar daun pandan dan 100 ml air, kalau mau praktis pasta pandan+air

BAHAN KINCA :
  • 200 gram gula merah
  • 50 gram gula pasir
  • 3 lembar daun pandan, iris-iris
  • 6 lembar daun jeruk
  • 150 ml air
BAHAN KUAH SANTAN :
  • 600 ml santan, dari 1/2 butir kelapa
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan, potong-potong 2 cm
  • 4 mata nangka tanpa biji, potong-potong
CARA MEMBUAT ES CENDOL ELIZABETH BANDUNG :

Gambar Langkah-langkah Pembuatan Cendol
Step by Step Membuat Adonan Dasar Cendol

  1. Siapkan saringan cendol, taruh di atas wadah (panci, mangkuk besar atau baskom) berisi air dingin yang banyak.
  2. CARA MEMBUAT CENDOL LEMBUT, KENYAL DAN EMPUK : Campur tepung beras, tepung sagu, air kapur sirih dan air daun suji. Aduk sampe licin dan rata, sisihkan. Didihkan air dalam panci, bubuhkan garam. Tuang larutan tepung, aduk sampai kental dan licin, angkat. Tuang ke dalam saringan cendol. Tekan-tekan agar adonan keluar melalui saringan. Tiriskan cendol, buang air. Sisakan
    Gambar Sairngan Cendol
    Proses Pembentukan Cendol
    sedikit air agar cendol terendam dan tidak melekat satu dan lainnya.
  3. CARA MEMBUAT KINCA SAUS CENDOL : Masak bahan kinca sampe mendidih. Kecilkan api, masak terus sampe gula larut, angkat, saring, buang ampasnya. Kuah santan: Rebus santan, garam dan daun pandan sambil timba-timba agar santan tidak pecah. Masukkan nangka, masak terus sampai mendidih dan nangka layu. Angkat.
  4. CARA PENYAJIAN ES CENDOL : Taruh kinca dalam gelas, masukkan cendol dan kuah santan beserta nangkanya. Beri
    Foto Cendol Sudah Jadi
    Cendol Siap Olah
    es batu jika suka dingin segar mengharukan.

RESEP CENDOL PELANGI (RAINBOW)


BAHAN :
  • 200 gram tepung beras
  • 50 gram tepung sagu
  • 1300 ml air
  • 2 sdt garam
  • Pewarna Makanan, merah , kuning, orange,hijau, biru dan ungu secukupnya. Saya menggunakan merk wilton dan cross
BAHAN SANTAN :
  • 500 ml santan
  • 1/2 sdt garam
  • 200 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • 1sdt tepung maizena
BAHAN PELENGKAP :
  • Es batu
  • Brown sugar/ gula palem untuk taburan
CARA MEMBUAT CENDOL PELANGI :
Foto Resep Cendol Pelangi Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Cendol Pelangi by Arni NCC
  1. Campur tepung beras, tepung sagu , garam dan air sampai rata.
  2. Bagi adonan dasar menjadi 6 masing masing 250 gram, beri pewarna secukupnya.
  3. Masak satu adonan sambil di aduk terus hingga kental dan mengkilat
  4. Letakkan cetakkan cendol di atas wadah tinggi yang berisi air es dan es batu.
  5. Masukkan adonan ke dalam cetakan, tekan cetakan hingga adonan keluar dan berjatuhan ke dalam air es.
  6. Saring cendol tempatkan dalam wadah lain yang berisi air, sisihkan, setelah adonan masak harus segera di cetak.
CARA MEMBUAT SANTAN :
  1. Aduk santan, gula, tepung maizena dan garam beri daun pandan,
  2. Masak sampai mendidih.
CARA PENYAJIAN :
  1. Taruh 1sdt tiap warna cendol pelangi dalam mangkuk,
  2. Beri santan dan es batu taburi brown sugar.
TIPS & TRICKS :
  • Untuk mencetak cendol ada alat nya terbuat dari stainless seperti tabung , adonan di masukkan kedalam cetakan kemudian di dorong , di bagian bawah taruh wadah air es dan es batu. Saat mencetak.
  • Usahakan cendol yang keluar panjang panjang supaya nanti hasil nya bagus , tidak patah.
  • Cendol yang saya buat ini tidak menggunakan kinca gula merah, supaya warna pelangi tetap terlihat menarik jadi kuah santan nya saya buat manis, dan di tabur brown sugar di atas nya .


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep
Tags :

CARA MEMBUAT ES CENDOL ELIZABETH BANDUNG