CARA MEMBUAT MARTABAK HAR ASLI PALEMBANG


Resep Martabak Har Khas Palembang Sederhana Kuah Kari Spesial Asli Enak. Kangen band rasanya dengan kuliner dan kudapan asal kota palembang ini, ga cuma pempek lho makanan enak yang ada di Palembang salah satunya adalah martabak har india ini. Cara menemukan penjual martabak har ini mudah hanya melewati Jalan Sudirman tidak jauh dari jembatan AMPERA, maka sepanjang jalan itu banyak yang jual martabak ini. Martabak har bukan berasal dari India melainkan hasil inovasi dan kreasi keturunan India di Palembang jadi martabak Har adalah singkatan nama pembuatnya, bisa simak bahasan artikel sederhana dibawah ini mengenai sejarah martabak HAR.

Foto Martabak Har Spesial Sajian Sedap
Gambar Martabak Har Kare Kambing

Biasanya rekomendasi perjalanan wisata ke Palembang, Sumatera Selatan (SUMSEL) 3 hal utama yang disarankan yaitu pempek adaan, resep tekwan, model, kemplang, dan resep kerupuk ikan, Jembatan Ampera dan Sungai Musi atau juga Songket, padahal ada satu lagi ciri khas dari Palembang dan tidak terdapat di tempat lainnya yaitu kuliner bernama Martabak HAR. HAR sendiri merupakan singkatan/inisial nama dari pemilik tokoh martabak waralaba tersebut yaitu Haji Abdul Rozak. Haji Abdul Rozak adalah saudagar Palembang keturunan India yang menikah dengan perempuan Palembang, kediaman Haji Abdul Rozak masih dapat anda lihat persis di sebelah Hotel Jayakarta Daira tepatnya dipinggir jalan Jendral Sudirman, Haji Abdul Rozak sendiri sudah lama wafat (tahun 2001) namun martabak yang dijualnya sampai sekarang tetap jaya dan menjadi idola wong Palembang maupun para pelancong yang sedang berkunjung ke Palembang. Kini penjual martabak har ada di Bandung, Roxy Jakarta, dll.

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Martabak Telur

Sejarah asal usul atau asal mula munculnya martabak HAR pertama kali diciptakan dan diprakarsai oleh Haji Abdul Rahman yakni saudara dari Haji Abdul Rozak, mungkin karena asal usulnya yang keturunan Indialah yang menjadi inspirasi mereka untuk menciptakan makanan tersebut. Martabak HAR tidak diketahui secara pasti berasal dari mana, namun sebagian kalayak memperkirakan ini adalah makanan khas yang berasal dari India yang notabene memang merupakan asal usul keturunan dari Haji Abdul Rahman dan Haji Abdul Rozak, akan tetapi menurut beberapa sumber di India sendiri tidak ada martabak sejenis dengan Martabak HAR khas Palembang ini, tidak usahlah jauh-jauh ke India, Martabak HAR khas Palembang ini sudah sangat berbeda dengan martabak India khas Medan ataupun martabak telor Jakarta Bandung, resep martabak bangka, martabak telor mesir, martabak telor padang kubang, martabak abang-abang atau mas-mas khas tegal, apalagi dengan martabak Malabar apalagi dengan resep martabak manis jauhlah rasanya ya iyalah martabak asin ke manis. Disini kita tidak bicara sejarah lebih detail untuk lebih detail silahkan baca di blog arumaarifu.wordpress.com yang memang khusus membahas martabak har setajam silet. Bagi yang belum nyobain atau mencicipinya silahkan coba bikin sendiri di rumah dari resepi ini. Pada bulan puasa ramadhan biasanya ramai juga yang mencari martabak har kuah kare ini. Berikut step by step proses pembuatannya diulas secara lengkap dan terpercaya di tahun 2016 ini.





RESEP MARTABAK HAR

Foto Martabak Har Bandung Sederhana
Martabak Har Bandung Sederhana

BAHAN KULIT MARTABAK
  • 1/4 kg Terigu cakra kembar
  • 1/4 sendok makan Garam
  • 300 ml Air
BAHAN KUAH KARI MARTABAK :
  • 1/4 ruas Kunyit kuning
  • 3 siung Bawang merah
  • 2 siung Bawang putih
  • 1/2 Ons cabe merah
  • 1 1/2 sendok makan munjung ketumbar halus
  • 1/2 jari kelingking kayu manis
  • 1 kelopak kembang pala
  • 1 butir kelapa untuk membuat 6 gelas santan
  • 1/4 kg kentang yang telah dipotong kecil-kecil
  • 1/4 kg daging sapi
  • Gula dan garam secukupnya
  • Daun kari

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Roti Maryam

CARA MEMASAK MARTABAK HAR KHAS PALEMBANG ASLI :
  1. Cara membuat kulit martabak, Anda bisa menguleni bahan-bahannya sampai kalis. Diamkan adonan selama lima menit, kemudian buat bulatan-bulatan kecil. Biasanya dari bahan-bahan tersebut bisa dibentuk 15 bulatan. Setelah bulatan selesai dibentuk, rendam dalam minyak goreng dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, ambil adonan dan pipihkan hingga tipis. Berikutnya, isi dengan telur dan goreng pada sedikit minyak.
  2. Cara membuat kuah martabak : haluskan semua bumbu dan tumis hingga wangi dan harum. Setelah ditumis, masukkan santan dan potongan daging. Tunggu sampai daging mulai lembut dan empuk ditandai perubahan warna daging, kemudian masukkan potongan kentang. Masak hingga kentang juga lembut.
  3. Optional Untuk menambah cita rasa pedas di tambahkan pula cuka yang berasa asam dengan taburan cabai rawit yang dipotong kecil-kecil, untuk anda yang menyukai sensasi rasa pedas-pedas masam.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT MARTABAK HAR ASLI PALEMBANG