CARA MEMBUAT BAKPAO DAGING SAPI


Resep Bakpao Daging Sapi Lembut dan Empuk Sederhana Spesial Asli Enak. Kue Bakpao isi atau bakpau panas adalah kue kukus lembut dan empuk makanan cina asli biasanya berwarna putih yang telah berkembang lama di Indonesia, kalau dulu bakpao ini haram karena isinya mengandung daging babi merah, tapi ada juga aneka isi bakpao asin dan manis yang halal seperti bikin bakpao isi kacang hijau, isi coklat dan kacang hitam, isi kelapa gula merah manis. Sedangkan aneka kreasi bakpao ada bakpao karakter, bakpao bunga, dll.

Foto Bakpao Panas Aneka Isi Asli Enak
Gambar Kue Bakpao Isi Daging

Menurut situs Wikipedia defenisi arti Bakpao (Hanzi: 肉包, hokkian: bakpao, hanyu pinyin: roubao) adalah makanan tradisional Tionghoa cina. Dikenal sebagai bakpao di Indonesia karena diserap dari bahasa Hokkian yang dituturkan mayoritas orang Tionghoa di Indonesia. Pao itu berati "bungkusan", dan bak itu artinya daging, jadi bakpao berarti "bungkusan (berisi) daging". Bakpao dalam bahasa Hakka / Khek yaitu " Nyukppao / Yugppao " yang mempunyai arti yang sama yaitu " Daging Berbungkus " .

Bakpao sendiri berarti harfiah adalah baozi yang berisi daging. Pada awalnya daging yang paling lazim digunakan adalah isi daging babi/celeng atau daging merah. Akan tetapi baozi sendiri dapat diisi dengan bahan lainnya seperti isi daging sapi, bakpao isi daging ayam, sayur-sayuran, serikaya manis, selai kacang kedelai, kacang azuki, kacang hijau/IJO, coklat, kacang tanah, kacang hitam, kacang merah, kopi, keju, coklat, dan sebagainya, sesuai selera. Bakpao yang berisi daging ayam dinamakan kehpao. Cara memasak bakpao umumnya dikukus tapi ada juga dengan cara digoreng yang disebut dengan bakpao goreng.

Kulit bakpao dibuat dari dasar adonan tepung terigu diberi ragi untuk mengembangkan adonan dasar roti bakpao, setelah diberikan isian, adonan dibiarkan sampai mengembang lalu di kukus sampai matang. Untuk membedakan isi bakpao, tanpa daging (vegetarian) basanya di atas bakpao diberi titikan warna, demikian juga dengan isian yang lain diberi tanda warna yang berbeda-beda. Kulit bakpao biasanya berwarna putih pada perkembangannya bakpao atau bakpau munculah aneka kreasi bakpao warna warni, misalnya coklat, ijo, pink, merah, bahkan warna rainbow atau warna pelangi, lalu variasinya ke bakpao karakter kartun lucu.

Kebetulan ini resep bakpao halal jadi Anda yang beragama Muslim Islam bisa makan kue ini dengan lahap dan santai. Bakpao ini kue yang enak dan istimewa karena dapat dimakan dalam keadaan panas, hangat dan dingin tidak heran banyak Abang-abang yang menjajakan penganan kue ini. Cara membuatnyapun sederhana, mudah dan praktis bisa ikuti proses pembuatannya dibawah ini.





RESEP BAKPAO ISI DAGING SAPI CINCANG


BAHAN :
  • 500 gram tepung terigu merk bebas
  • 1 sdm gist
  • 3 sdm gula putih
  • 250 cc air hangat
BAHAN ISI BAKPAO :
  • 250 gram daging cincang daging sapi
  • 1 sdm tepung kanji
  • 4 siung bawang putih dihaluskan
  • 2 sdm minyak wijen
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • Garam secukupnya
  • Bumbu penyedap secukupnya
  • 100 cc air bersih
CARA MEMBUAT ISI BAKPAO DAGING ASIN :
  1. Panaskan minyak wijen kemudian masukkan bawang putih, merica, garam dan penyedap lalu tumis sampai harum sambil diaduk-aduk.
  2. Masukkan daging sapi cincang, oseng sebentar lalu tambahkan air aduk supaya rata.
  3. Terakhir masukkan tepung kanji pelan-pelan sambil diaduk terus menerus sampai matang dan hampir mengering. Angkat sisihkan.
CARA MEMBUAT KULIT BAKPAO :
  1. Cairkan gist dengan menggunakan air hangat kemudian tambahkan 1 sdm gula pasir dan 3 sdm tepung terigu lalu diamkan selama kurang lebih 10-15 menit atau sampai berbuih dan mengembang.
  2. Masukkan sisa tepung dan gula pasir kemudian tambahkan air secara perlahan-lahan sambil diaduk atau diuleni sampai donan licin dan tidak lengket ditangan.
  3. Tutup adonan dengan menggunakan lap basah selama 2 jam.
  4. Ambil adonan dasar bakpao secukupnya masukkan isi daging sapi cincang tadi kemudian bentuk bulat setengah bola atau sesuai kesukaan anda lalu beri alasan kertas roti dibawahnya. Ulangi sampai adonan dan bahan isi abis semua dan diamkan selama 15 menit.
  5. Siapkan panci kukusan dan isi air sampai mendidih kemudian kukus bakpao sampai matang.
  6. Angkat dan hidangkan sebagai camilan atau sarapan pagi keluarga. Agar tetap panas bisa dikukus kembali.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT BAKPAO DAGING SAPI