CARA MEMBUAT ACAR TIMUN WORTEL MENTAH


Resep Acar Timun Wortel Mentah Sederhana Spesial Asli Enak. Kenapa disebut acar ketimun karena memang banyak jumlah mentimun dibanding bahan lainnya, seperti wortel, bawang merah, cabai rawit ijo, boleh tambahkan buah nanas potong-potong kecil, tapi aku kurang suka kalau dicampur nenas, bagi yang suka silahkan. Di korea ada makanan yang namanya Kimchi, sedangkan di Indonesia ada acar mentah segar rasanya sama-sama asam atau masam, yang membedakan kalau Kimchi menggunakan sayur sawi putih yang difermentasikan selama 2 hari sedangkan acar bisa langsung dimakan sebagai pelengkap karena rasa asamnya diperoleh dari cuka makan buat masak boleh tanpa cuka.

Foto Resep Acar Mentimun Mentah Wortel Bawang Merah Cabe Rawit
Gambar Acar Timun Wortel Cabe Rawit Mentah

Menurut situs Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Acar adalah jenis awetan makanan yang memakai cuka dan air garam. Biasanya yang dibuat acar adalah timun, cabai, bawang merah, tomat (opsional), dan sebagainya. Acar umumnya disajikan sebagai hidangan pelengkap, dimakan bersama hidangan utama. Berbagai daerah di dunia memiliki jenis varian acar sendiri.

Kegunaan acar mentimun wortel mentah adalah sebagai bahan pelengkap makan, biasanya untuk makan bersama resep nasi goreng jawa, resep nasi goreng spesial, mie rebus atau mie kuah, resep mie goreng aceh, dan bisa juga pelengkap makan nasi putih biasa tentu dengan lauk lainnya.





RESEP ACAR TIMUN


BAHAN :
  • 3 timun kecil segar, cuci, lalu potong kotak ukuran dadu
  • 1 buah wortel segar, kupas, cuci, potong kotak ukuran dadu
  • 15 cabai rawit ijo segar utuh buang tangkainya, lalu cuci bersih
  • 5 siung bawang merah, kupas, lalu potong ukuran kecil atau sedang
  • 1 sdt garam halus beryodium
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdm cuka makan atau cuka masak sesuai selera jika suka asam bisa tambahin
  • 3 sdm air putih

Baca Juga Artikel Menarik : Resep Acar Timun Kuning Matang

CARA MEMBUAT ACAR TIMUN WORTEL MENTAH :
  1. Siapkan semua bahan acar yang sudah dicuci bersih dan dikupas dan sudah dipotong-potong kotak ukuran dadu, kecuali cabe rawit hijau hanya dibuang tangkainya.
  2. Masukkan semua bahan kedalam stoples atau wadah ada penutupnya seperti tupperware atau mangkok.
  3. Masukkan garam halus, gula pasir, cuka, dan air, lalu aduk-aduk hingga rata pakai sendok kemudian kocok-kocok aja toplessnya.
  4. Acar timun wortel mentah siap dijadikan pelengkap makan.
  5. Supaya lebih awet dan tetap segar tipsnya simpan dalam kulkas.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT ACAR TIMUN WORTEL MENTAH