CARA MEMBUAT PERMEN ASEM JAWA TRADISIONAL


Resep Permen Asem Jawa Sederhana Spesial Asli Enak. Permen gula asam manis tradisional jaman dulu ini terbuat dari buah Asam Jawa segar yang pada umumnya berbentuk bulat-bulat kecil berwarna hitam kecokelatan dan pada seluruh permukaannya ditaburi dengan gula pasir dan rasanya lezat asam manis. Sehingga manisan permen ini juga terlihat sangat khas jika dibandingkan dengan jenis permen lain pada umumnya yang tektur permukaannya halus, sedangkan bagian permukaan untuk permen asem terlihat kasar karena taburan gula pasir. Proses pembuatan gula gula sederhana, mudah dan praktis langkah-langkanya ada di bawah ini.

Foto Permen Asam Jawa
Gambar Permen Asem Gula

Bagaimana siap untuk membuatnya? dan permen asam gula-gula ini juga bisa dijadikan ide usaha rumahan di rumah untuk tambah-tambahan pemasukan keuangan akibat dampak harga bahan bakar minyak naik terutama bensin dan solar sehingga menyebabkan inflasi harga semua kebutuhan pokok dan barang lainnya naik. Jualan permen asem banget keliling akan menambah income, Baiklah mari kita bikin sendiri permen asem banget di rumah ala rumahan (homemade). Oh ya permen asem untuk ibu hamil sangat baik dan bagus.





RESEP PERMEN ASEM


BAHAN :
  • 125 gram Asam Jawa
  • 150 gram gula jawa disisir
  • 250 gram tepung roti
  • 1/2 jari jahe yang telah dimemarkan
  • Gula pasir untuk taburan permen secukupnya sesuai selera
CARA MEMBUAT PERMEN ASEM SENDIRI :
  1. Hilangkan biji asamnya terlebih dahulu kemudian ambil dagingnya saja dan campurkan dengan air kira-kira satu gelas kemudian larutkan dan disaring.
  2. Campurkan gula jawa yang telah disisir, jahe dengan kira-kira satu gelas air kemudian rebus hingga larut dan mendidih.
  3. Masukan larutan asam kedalam adonan gula diatas dan aduk hingga merata dan biarkan sebentar agar mendidih
  4. Kecilkan apinya kemudian masukan tepung roti sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga kalis
  5. Jika sudah angkat dan biarkan dingin terlebih dahulu, kemudian baru dibentuk bulat-bulat kecil-kecil
  6. Siapkan gula pasir pada sebuah wadah, kemudian guling-gulingkan semua adonan permen asam yang sudah dibentuk pada gula pasir tersebut, hingga seluruh permukaan permen asam tertutup gula pasir.
  7. Jika sudah bisa dikemas dengan plastik atau juga bisa dimasukan kedalam stoples atau toples.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT PERMEN ASEM JAWA TRADISIONAL