CARA MEMBUAT PERMEN ASEM JAWA TRADISIONAL

Resep Permen Asem Jawa Sederhana Spesial Asli Enak. Permen gula asam manis tradisional jaman dulu ini terbuat dari buah Asam Jawa segar atau tamarin/tamarind yang pada umumnya berbentuk bulat-bulat kecil berwarna hitam kecokelatan dan pada seluruh permukaannya ditaburi dengan gula pasir dan rasanya lezat asam manis. Sehingga manisan permen asem jadul ini juga terlihat sangat khas jika dibandingkan dengan jenis permen lain pada umumnya yang tektur permukaannya halus, sedangkan bagian permukaan untuk permen asem terlihat kasar karena taburan gula pasir. Proses pembuatan gula gula sederhana, mudah dan praktis langkah-langkanya ada di bawah ini.

Foto Permen Asam Jawa
Gambar Permen Asem Gula

Menurut situs Wikipedia. Asam jawa, asam atau asem tamarin adalah sejenis buah yang masam rasanya; biasa digunakan sebagai campuran bumbu masak dalam banyak masakan Indonesia sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam makanan, misalnya pada sayur asam atau kadang-kadang pada kuah pempek, bumbu rujak buah, bumbu lotek/pecel, sambal goreng asam, permen asam Jawa, minuman asam Jawa, es asam Jawa, dll. Asam juga digunakan untuk campuran jamu tradisional yang dijual oleh penjual jamu keliling, biasanya ibu-ibu yang menggendong bakul dengan botol berisi aneka jamu (jamu gendong).

Asam Jawa dihasilkan oleh pohon dengan nama ilmiah Tamarindus indica, yang termasuk suku Fabaceae (Leguminosae). Spesies ini adalah satu-satunya anggota marga Tamarindus. Nama lain asam jawa adalah asam (Mly.), asem (Jw., Sd.), acem (Md.), asang jawa, asang jawi (berbagai bahasa di Sulawesi) dan lain-lain. Juga sampalok, kalamagi (Tagalog), magyee (Burma), ma-kham (Thai), khaam (Laos), khoua me (Kamboja), me, trai me (Vietnam), dan tamarind (Ingg.). Buah yang telah tua, sangat masak dan dikeringkan biasa disebut asem kawak.

Bagaimana siap untuk membuatnya? dan permen asam gula-gula ini juga bisa dijadikan ide usaha rumahan di rumah untuk tambah-tambahan pemasukan keuangan akibat dampak harga bahan bakar minyak naik terutama bensin dan solar sehingga menyebabkan inflasi harga semua kebutuhan pokok dan barang lainnya naik. Jualan permen asem banget keliling akan menambah income pendapatan sehari-hari, Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi permen asem banget sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (homemade) proses step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis toko aneka permen atau gula-gula jadul tempo doeloe seperti permen koin asem Cina. Oh ya permen asem untuk ibu hamil sangat baik dan bagus. Anda juga bisa buat permen asem tanpa tepung roti dan bisa dibuat dengan aneka rasa seperti permen asam pedas.

RESEP PERMEN ASEM


BAHAN :
  • 125 gram asam Jawa
  • 150 gram gula jawa disisir
  • 250 gram tepung roti
  • 1/2 jari jahe yang telah dimemarkan
  • Gula pasir untuk taburan permen secukupnya sesuai selera
CARA MEMBUAT PERMEN ASEM SENDIRI :
  1. Hilangkan biji asamnya terlebih dahulu kemudian ambil dagingnya saja dan campurkan dengan air kira-kira satu gelas kemudian larutkan dan disaring.
  2. Campurkan gula jawa yang telah disisir, jahe dengan kira-kira satu gelas air kemudian rebus hingga larut dan mendidih.
  3. Masukan larutan asam kedalam adonan gula diatas dan aduk hingga merata dan biarkan sebentar agar mendidih
  4. Kecilkan apinya kemudian masukan tepung roti sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga kalis
  5. Jika sudah angkat dan biarkan dingin terlebih dahulu, kemudian baru dibentuk bulat-bulat kecil-kecil
  6. Siapkan gula pasir pada sebuah wadah, kemudian guling-gulingkan semua adonan permen asam yang sudah dibentuk pada gula pasir tersebut, hingga seluruh permukaan permen asam tertutup gula pasir.
  7. Jika sudah bisa dikemas dengan plastik atau juga bisa dimasukan kedalam stoples atau toples.

CARA MEMBUAT PERMEN ASEM JAWA TRADISIONAL