10 RESEP CARA MEMBUAT MAKANAN BAYI SEHAT 6 - 12 BULAN


Resep Makanan Bayi Sehat 6 - 12 Bulan Sederhana Spesial Terbaru 2017 Asli Enak. Kasih sayang kepada bayi salah satunya yaitu memberi makanan kepada bayi, sebaiknya memberikan menu makan bayi dengan masakan sendiri jauh lebih baik dan bernutrisi dan bergizi dibanding membeli makanan bayi instan atau siap saji, selain terbebas dari bahan kimia seperti pengawet, perwarna. Jika bikin sendiri minimal Anda seorang Ibu mengetahui persis bahan yang digunakan. Berikut resep makanan bayi bergizi setelah ASI ekslusif sampai usia 6 bulan pertama barulah dikenalkan makanan lain untuk usia 6 bulan keatas umur 7 bulan, usia 8 bulan, 9,10,11, sampai usia 12 bulan atau umur 1 tahun yang dimaksud. Baca Juga : Resep Kaldu MPASI Rumahan (Homemade).

Foto Makanan Bayi Sehat
Gambar Makanan Bayi Sehat

ASI eksklusif adalah pemberian ASI (air susu ibu) sedini mungkin setelah persalinan, diberikan tanpa jadwal dan tidak diberi makanan lain, walaupun hanya air putih,sampai bayi berumur 6 bulan. Setelah 6 bulan, bayi mulai dikenalkan dengan makanan lain dan tetap diberi ASI sampai bayi berumur dua tahun.

Bayi yang diberikan ASI secara esklusif cenderung lebih sering pemberian ASI-nya daripada pemberian pada bayi yang minum susu formula. Bayi yang baru lahir biasanya setiap 2 sampai 3 jam disusui oleh ibunya. Semakin bertambah usianya, waktu atau jarak antara menyusui akan meningkat karena kapasitas perut mereka menjadi lebih besar. Sebaliknya, bayi baru lahir yang hanya mengenal susu formula akan memulai minum susu formula kira-kira setiap 3 sampai 4 jam selama beberapa minggu pertama kehidupan.

Daripada menggunakan jam sebagai panduan untuk memberi makan bayi Anda, lebih baik perhatikan isyarat bahwa dia sudah kenyang ketika Anda memberinya ASI atau susu formula. Ini lebih penting bahwa Anda memperhatikan petunjuk atau sinyal dari bayi Anda yang menunjukkan dia lapar. Ini disebut isyarat kelaparan pada bayi. Ketika dia ingin makan, mungkin dia akan meletakkan kedua tangan atau jari pada mulutnya, membuat gerakan mengisap, menjulurkan lidahnya, memukul bibirnya, menendang atau menggeliat, atau mulai menggerakan rahang dan mulut atau kepala untuk mencari ASI Anda. Jika ia mulai menangis, ini biasanya sinyal akhir bahwa dia ingin makan. ini dia kumpulan menu daftar resep masakan bayi terlengkap. Berikut resepi makanan bayi yg bikin gemuk sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) simpel yang mudah dan praktis.





RESEP MAKANAN BAYI BUBUR WORTEL JAGUNG MANIS SUSU


BAHAN PILIHAN :
  • 30 gram wortel segar
  • 30 gram jagung manis segar, dipipil bijinya
  • 30 ml air bersih
  • 50 ml ASI atau susu formula
CARA MEMBUAT MAKANAN BAYI 6 - 12 BULAN KEATAS :
  1. Pertama Kukus bahan jagung manis dan wortel hingga matang.angkat
  2. Kemudian masukkan jagung dan wortel dalam blender, lalu blender dan tambahkan air secukupnya, sedikit demi sedikit
  3. Selanjutnya saringlah hasil blender menggunakan saringan.
  4. Terakhir Hasil saringan dicampur dengan ASI atau susu formula lalu aduk aduk sampai rata.
  5. Sajikan menu hidangan bayi ini kepada bayi kesayangan Anda.
Update terbaru beberapa menu sebulan, sehari, seminggu contoh makanan bayi dan minuman bayi untuk umur 6 bulan bergizi beserta gambar yang terdiri dari bubur bayi dan jus bayi sehat alami yang lengkap dengan resep masakan yang bisa dicoba oleh Bunda bikin sendiri di rumah ala rumahan.

RESEP BUBUR BROKOLI KENTANG

Foto Resep Bubur Brokoli Kentang Untuk Bayi
Gambar Resep Bubur Brokoli Kentang Untuk Bayi

BAHAN :
  • 60 gram kentang, kupas dan potong dadu
  • 3 kuntum kecil brokoli
  • 3 sdm air matang atau ASI
CARA MEMBUAT BUBUR BROKOLI KENTANG :
  1. Kukus kentang dan brokoli hingga empuk
  2. Setelah agak dingin, blender hingga lembut.
  3. Tuang ke mangkuk bayi, tambahkan air atau ASI untuk mengencerkan, aduk rata
  4. Siap untuk dihidangkan

RESEP BUBUR SUSU BERAS MERAH

Foto Resep Bubur Susu Beras Merah Untuk Bayi
Gambar Bubur Susu Beras Merah

BAHAN :
  • 40 gram beras merah, rendam, tiriskan, haluskan, dan ayak
  • 250 gram kaldu kaki ayam
  • 2 takar susu formula lanjutan, larutkan dalam 90 ml air hangat atau 100 ml ASI
  • 20 gram pisang ambon, keruk dan haluskan.
CARA MEMBUAT BUBUR SUSU BERAS MERAH :
  1. Campur tepung beras merah dengan kaldu ayam, aduk rata. Jerang di atas api sambil diaduk
  2. hingga matang. Angkat.
  3. Tambahkan susu formula atau ASI, aduk rata. Tambahkan pisang, aduk kembali.
  4. Berikan pada bayi selagi hangat.

RESEP BUBUR ROTI APEL


BAHAN :
  • 2 lembar roti tawar putih, iris dadu
  • 80 ml susu formula cair
  • 150 gram apel, iris dadu, rebus hingga lunak
CARA MEMBUAT BUBUR ROTI APEL :
  1. Campur roti tawar, susu formula, dan apel
  2. Masukkan ke dalam blender, haluskan hingga lumat. Tuang ke dalam mangkuk kecil
  3. Sajikan segera

RESEP SMOOTHIE PEPAYA


BAHAN :
  • 50 gram papaya
  • 30 cc air matang
CARA MEMBUAT SMOOTHIE PEPAYA :
  1. Masukkan papaya ke dalam blender, kemudian blender sampai halus.
  2. Sajikan segera.

RESEP BUBUR HIJAU


BAHAN :
  • 2 sdm kacang hijau kupas, rendam selama 2,5 jam
  • 5 lembar daun bayam
  • 1 gelas air untuk merebus
  • 80 ml air rebusan kacang hijau dan bayam
CARA MEMASAK BUBUR HIJAU :
  1. Rebus kacang hijau hingga empuk ( 7 menit), masukkan bayam, teruskan memasak hingga bayam empuk (2 menit). Tiriskan kacang hijau dan bayam. Sisihkan 80 ml air rebusannya.
  2. Blender kacang hijau, bayam, dan 80 ml air rebusan hingga halus. Tuang ke mangkuk bayi.

RESEP MAKANAN BAYI 8 dan 9 BULAN PLUS

RESEP KENTANG KEJU PANGGANG


Kategori: Sayuran; Usia 9 bln+

BAHAN :
  • 1 buah kentang, cuci dan sikat kulitnya sampai bersih
  • 1 kuning telur
  • 2 sdm keju parut
  • 2 sdm air
CARA MEMASAK KENTANG KEJU PANGGANG :
  1. Panggang kentang sampai lunak (kira-kira 1 jam).
  2. Dinginkan.
  3. Ambil daging kentang, lalu haluskan.
  4. Campurkan kuning telor, keju dan air.
  5. Tuang pada wadah kecil yang tahan panas, lalu panggang sampai matang selama 15 menit.

RESEP SUP KRIM SAYUR


Kategori: Sayuran; Usia 8 bln+

Nutrisi Utama: Kalsium, Potasium & Beta-karotin

BAHAN :
  • 1 batang wortel, kupas, potong-potong
  • 1 genggam buncis, cuci bersih, potong ujungnya, buang serat di pinggirannya, potong-potong
  • 2 buah kentang ukuran sedang, kupas, potong-potong
  • 350 ml kaldu ayam
  • 200 ml ASI/SUSU Formula
CARA MEMASAK SUP KRIM SAYUR :
  1. Kukus wortel, buncis dan kentang masing-masing sampai matang.
  2. Campur sayuran lalu haluskan.
  3. Tambahkan kaldu ayam dan ASI.
TIPS & TRICKS :

8 Alasan Kenapa Harus Bikin Sendiri Makanan Bayi

Menurut situs kompas.com cara membuat makanan untuk bayi memang gampang-gampang susah, sehingga banyak ibu yang mungkin cenderung lebih memilih untuk membeli makanan untuk bayi dalam bentuk siap saji (instant) di mal atau supermarket ketimbang membuatnya sendiri.

Membuat sendiri makanan bayi sebenarnya dapat menjadi langkah awal untuk Anda memastikan buah hati Anda mendapatkan gizi yang sesuai dengan kebutuhannya. Tidak perlu ragu untuk memulainya. Berikut ini adalah 8 rahasia yang harus para ibu ketahui ketika membuat makanan untuk bayi (Baby) mereka :

1. Memegang kontrol

"Ketika Anda membuat makanan bayi Anda sendiri, Anda yang memutuskan apa yang saja yang boleh masuk ke dalamnya, sehingga Anda tahu bahwa makanan itu segar dan sehat," ucap Karen Ansel, juru bicara Akademi Gizi dan Diet dan penulis The Baby & Toddler Cookbook. Lebih lanjut Ansel mengatakan, makanan bayi yang dibuat sendiri rasanya pasti akan jauh lebih baik ketimbang yang dibeli di toko. Hal ini juga akan menjadi sebuah pengalaman yang lebih baik bagi Anda dan buah hati.

2. Lebih bergizi

Ansel mengungkapkan, meskipun makanan bayi yang di beli di toko makanan dimasak pada suhu sangat tinggi untuk membunuh bakteri, dan tidak membunuh vitamin, tapi mungkin saja dapat mengubah kandungan mineral. Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Food Chemistry, menunjukkan, makanan bayi yang tersedia di toko makanan mengadung kurang dari 20 persen tingkat mineral dan mikro-nutrisi yang direkomendasikan. Bahkan, banyak makanan bayi yang tersedia di toko juga mengandung zat tepung, aditif dan pengawet dan tidak menggunakan bahan organik, sehingga menghadapkan bayi Anda pada risiko kontaminasi pestisida berbahaya.

3. Banyak pilihan

Beberapa makanan bayi memang menawarkan kombinasi menarik, tetapi ketika Anda membuatnya sendiri, Anda dapat memiliki lebih banyak pilihan bahan makanan. Anda juga dapat menciptakan beberapa variasi tekstur makanan. Ketika bayi memasuki usia 9 bulan, Anda dapat menambahkan berbagai bumbu dan rempah-rempah untuk menambahkan rasa.

"Dengan mengekspos atau mengenalkan bayi semua rasa yang berbeda, bayi Anda akan menjadi pemakan yang lebih baik. Dengan tidak memberi bayi makanan yang sama secara berulang-ulang lidah mereka akan menjadi lebih fleksibel," jelas Ansel.

4. Bukan sesuatu yang merepotkan

Membuat sendiri makanan bayi tidak harus memakan waktu lama. Jika Anda membuatnya dalam jumlah besar dan menyimpannya di dalam lemari es, Anda hanya akan menghabiskan beberapa jam setiap minggunya untuk menyiapkan makanan. Ketika usia bayi Anda 7 bulan, semua buah (kecuali apel) bisa diberikan dengan cara dihaluskan atau ditumbuk tanpa dimasak.

5. Mencegah bayi untuk memilih-milih makanan

"Membuat sendiri makanan bayi, dapat mengurangi kemungkinan bayi tumbuh sebagai pemilih makanan (picky eater)," kata Huber. Sementara itu, Ansel menambahkan, selama orang tua terus memberikan bayi mereka berbagai macam variasi makanan, dalam jangka waktu panjang bayi akan menjadi pemakan yang baik dan tidak hanya menjadi penyuka satu jenis makanan tertentu saja.

6. Mengajar anak makan sayur

"Kami tidak ingin sebuah negara penuh dengan anak usia 18 tahun yang tidak pernah menyadari bahwa mereka pernah makan brokoli sebelumnya," kata Catherine McCord, pendiri Weelicious.com. McCord menambahkan, jika Anda dapat membuat bayi merasa senang mengonsumsi buah dan sayuran, kedepannya dia akan dapat menikmatinya.

7. Waktu makan menjadi momen bahagia

"Orang tua adalah pengaruh nomor satu dalam membentuk kebiasaan makan anak," kata Ansel. Ketika masa peralihan dari bayi menjadi balita, Anda dapat membuat beragam jenis makanan sehat untuk bayi sekaligus menghabiskan waktu bersama-sama dengan buah hati. Makan bersama dengan bayi Anda beberapa kali seminggu atau membiarkan dia memilih beberapa potong sayuran, akan menjadi lebih mudah untuk dia mencintai sayuran di kemudian hari.

8. Boleh membeli makanan asal jarang

Anda mungkin tidak selamanya dapat membuat sendiri makanan untuk bayi Anda, jadi tidak masalah bila pada suatu waktu tertentu Anda berencana untuk membeli makanan bayi. Pastikan untuk membaca label, karena semua merek makanan memiliki kandungan yang sama dan sebisa mungkin carilah yang organik untuk menghindari pestisida.


    Share
    Share
    Share
    Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

    10 RESEP CARA MEMBUAT MAKANAN BAYI SEHAT 6 - 12 BULAN