CARA MEMBUAT TAHU SUMEDANG ASLI CRISPY


Resep Tahu Sumedang Renyah Krispi (Crispy) Sederhana Spesial Asli Enak. Tahu khas sumedang gurih rasanya memang paling enak, sedap, garing, dan empuk dibagian dalamnya, selain itu tanpa pengawet sehingga cepat basi jika dibawa keluar kota lebih dari 1 hari. Jika mau makan tahu sumedang ini Anda harus makan di sumedang langsung jika Anda ingin membuka kedai atau warung di sekitar sumedang atau jawa barat boleh KAKAH.

Foto Tahu Sumedang Paling Enak
Gambar Tahu Sumedang Crispy

Menurut situs Wikipedia apa itu tahu Sumedang. Tahu Sumedang adalah tahu khas daerah Sumedang, Jawa Barat. Jika dibeli dalam jumlah banyak, umumnya menggunakan bongsang, anyaman bambu yang dapat memuat 25–100 buah tahu goreng.

Sejarah asal usul mula tahu Sumedang asal katanya, Jawa Barat. Menurut Ong Yoe Kim, tokoh tahu Sumedang, "tahu" berasal dari bahasa Mandarin dòufu (豆腐) dibaca tou-fu atau tāu-hū oleh orang Hokkian.

Bermula dari kreativitas yang dimiliki oleh imigran Cina, Ong Kino dan istrinya yang menjadi perintis untuk memproduksi tahu di Sumedang yang awalnya dibuat dari kedelai lurik yang mirip telur puyuh. Tahun demi tahun, Ong Kino beserta istrinya terus menggeluti usaha mereka hingga sekitar tahun 1917, dan anak tunggal mereka bernama Ong Bung Keng untuk melanjutkannya. Ong Bung Keng kemudian melanjutkan usaha keduaorangtuanya yang memilih kembali ke tanah kelahiran mereka di Hokkian, Republik Rakyat Tiongkok.

Melalui generasi Ong Bung Keng yang terus melanjutkan usaha yang diwariskan dari kedua orang tuanya hingga akhir hayatnya di usia 92 tahun. Di balik kemasyhuran tahu Sumedang ada pula kisah seperti yang diceritakan cucu dari Ong Kino, Suryadi. Sekitar tahun 1928, konon suatu hari tempat usaha sang kakek buyutnya, Ong Bung Keng, didatangi oleh Bupati Sumedang, Pangeran Soeria Atmadja yang kebetulan tengah melintas dengan menggunakan dokar dalam perjalanan menuju Situraja, Sumedang. Kebetulan, sang pangeran melihat seorang kakek sedang menggoreng sesuatu. Pangeran Soeria Atmadja langsung turun begitu melihat bentuk makanan yang amat unik serta baunya yang harum. Sang bupati, Pangeran Soeria Atmadja kemudian bertanya kepada sang kakek, "Maneh keur ngagoreng naon? (Kamu sedang menggoreng apa?)". Sang kakek berusaha menjawab sebisanya dan menjelaskan bahwa makanan yang ia goreng berasal dari tahu. Karena penasaran, sang bupati langsung mencicip satu. Setelah mencicipi, bupati secara spontan berkata dengan wajah puas, "Enak benar masakan ini! Coba kalau kamu jual, pasti laris!". Tak lama setelah kejadian ini, tahu digemari oleh penduduk Sumedang dan kemudian sampai ke seluruh Indonesia.

Perbedaan dengan tahu biasa atau tahu putih lainnya. Tahu ini setelah digoreng dengan bumbu yang sama, menghasilkan bentuk yang berbeda dari tahu goreng biasanya. Koagulan yang dipakai adalah sisa dari penggumpalan tahu, disebut larutan biang yang disimpan selama 2–3 hari, yang prosesnya menggunakan asam cuka. Tahu ini bisa mengalami perubahan rasa setelah beberapa jam dibeli jika dibuat secara tradisional, kedelai asli tanpa pengawet. Rasa gurih berubah menjadi asam, kulit yang garing menjadi liat. Tapi ini dapat disiasati dengan penyimpanan di kulkas. Penggorengan yang tepat yaitu dalam minyak yang panas / menguap, api besar, daya muat penggorengan, serta jumlah tahunya.

Cara membuat tahu sumedang proses pengolahnnya sebenarnya hampir sama tapi ada tips dan triknya yang berbeda dan terutama bibit tahu dan air nya yang berbeda. Inilah yang membedakan tahun asal sumedang dengan tahu dari asal daerah lain seperti tahu Jawa, tahu Cirebon, Tahu Lombok, Tahu Susu Lembang dan sebagainya. Mari kita langsung saja bikin tahu sendiri. Berikut resepi tahu Sumedang sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis step by step anti gagal untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha tahu.





RESEP TAHU SUMEDANG


BAHAN :
  • Kedelai / Kedele
  • Air
  • Cuka Encer
  • Bibit Tahu
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Tahu Goreng Crispy

ALAT YANG DIPERLUKAN :
  • Mesin Penggiling Kedele
CARA MEMBUAT TAHU SUMEDANG :
  1. Kedele mula-mula dibersihkan dari kedele yang berlubang dan kotoran lainnya.
  2. Kedele yang bersih dan baik,kemudian direndam dalam air yang cukup. untuk kedele lokal direndam kira-kira 10 jam,kedele import cukup 4-5 jam saja.
  3. Setelah cukup lama direndam,kedele dicuci dengan air bersih 2-3 kali.
  4. Lalu ditiriskan hingga kesat.
  5. Kedele selanjutnya siap digiling menjadi bubur.
  6. Agar proses penggilingan berjalan lancar dan memberi hasil yang baik, ditambahkan air pada saat menggiling kedele.
  7. Bubur kedele selanjutnya digodog diatas tungku hingga mendidih.
  8. Busa yang timbul diatas bubur kedele yang mendidih,sebaiknya setiap kali dibuang.dan bubur dibiarkan mendidih selama 10 menit.
  9. Bubur kedele yang mendidih kemudian diambil dan disaring dengan kain kasa dan ampasnya dibilas dengan air bersih.
  10. Ampas dari saringan diperas, sampai sebanyak mungkin sari kedele terambil.
  11. Kemudian sari kedele digumpalkan dengan cara menambahkan cuka encer (1 : 5). batu tahu ,atau sisa air tahu yang telah didiamkan semalam, sambil terus diaduk secara perlahan.
  12. Dengan mendiamkan, akan terbentuk gumpalan-gumpalan yang agak besar, yang akan terus kebawah.
  13. Air diatas endapan tahu, dibuang sebanyak mungkin.
  14. Endapan tahu lalu dicetak,dengan memberi beban diatasnya Setelah 10-15 menit maka jadilah tahu yang kita inginkan.
TIPS & TRICKS :
  • Alat untuk menggiling kedele bisa dibeli di toko-toko yang menjual mesin diesel.
  • Memeras kedele supaya kesat bisa ditindih dengan batu.
  • Cuka bisa dibeli di toko-toko kimia.
  • Untuk Air sangat mempengaruhi Rasa Tahu Sumedang.
  • Untuk teknik menggoreng harus menggunakan wajan besar dan minyak yang banyak agar renyah garing
  • Gorenglah tahu dalam keadaan garing dan krispi.

PROSES PENGGORENGAN TAHU SUMEDANG DILENGKAPI GAMBAR ASLI :


Foto Tahu Sumedang Asli
Gambar Tahu Sumedang Siap Dipotong-potong Dalam Ancak
Foto Proses Perendaman Memberi Bumbu Gurih
Gambar Proses Perendaman Dalam Air Berbumbu
Foto Alat Penggorengan Tahu dan Minyak Goreng
Gambar Siapkan Wajan Penggorengan Besar Untuk Menggoreng
Foto Tahu Sumedang Siap Dijual
Gambar Tahu Goreng Khas Sumedang Asli Siap Jual
    Tahu sumedang paling enak ada di Pertigaan Legok persis sebelah penjual Ban. Tanya aja Pak Awam Suhawam Nama Toko Tahu Dadang Sar. Enak gan makan sama cabe rawit ijo atau dicocol sambal buatan Ibunya uenak tenan pokokna mah.


      Share
      Share
      Share
      Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

      CARA MEMBUAT TAHU SUMEDANG ASLI CRISPY