CARA MEMBUAT KACANG POLONG GORENG TEPUNG

Resep Kacang Polong Goreng Tepung Pedas Asin Gurih Renyah Crispy Sederhana Spesial Asli Enak. Kacang polong adalah tumbuhan jenis polong polongan, tumbuhan ini penghasil sayuran berupa biji berwarna hijau. Kacang polong biasa di jual dalam bentuk segar, namun sekarang sudah banya di jual dalam bentuk camilan yang enak dan renyah. Salah satu camilannya (green pea snack) adalah kacang polong tepung, kacang polong tepung mudah dan banyak di jumpai di toko makanan swalayan/supermarket, mini market toko oleh-oleh khas Bandung ataupun di warung - warung terdekat di kota Anda. Selain itu ada kacang polong polos atau kacang polong ori tradisional.

Foto Resep Kacang Polong Goreng Tepung Pedas Asin Renyah Crispy Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kacang Polong Tepung Kiloan

Menurut situs Wikipedia. Ercis, kacang ercis, atau kacang polong hijau (Pisum sativum L., suku polong-polongan atau Fabaceae) merupakan tumbuhan penghasil sayuran berupa biji berwarna hijau. Ercis didatangkan oleh kolonial Belanda ke Indonesia karena sayuran ini populer di Eropa sebagai bagian dari salad atau sup. Nama "ercis" adalah pinjaman dari bahasa Belanda (erwtjes, "ercis kecil"). Biji ercis kaya karbohidrat serta protein dan cepat membuat kenyang ketika dimakan.

Tumbuhan yang berasal dari Asia Kecil ini masih sejenis dengan kapri (sering kali dicampuradukkan penamaannya). Berbeda dengan kapri, ercis hanya dimakan bijinya dan hampir tidak pernah dimakan dengan polongnya seperti kapri. Sejak ribuan tahun lalu telah dimanfaatkan sebagai bahan pangan namun sekarang penggunaannya lebih banyak sebagai sayuran atau pakan.

Dalam budidaya di Indonesia, ercis tumbuh baik di daerah pegunungan berhawa sejuk dengan ketinggian 700 meter di atas permukaan laut, pada suhu seperti di daerah asalnya.

Penggunaan
Kacang polong ijo biasa dijual dalam bentuk segar (dengan polong) di pasar tradisional Eropa, tetapi sekarang banyak dijual dalam kemasan di pasar swalayan, baik dalam kaleng (dengan pemanasan), dikeringkan, maupun dibekukan kacang polong beku (frozen green peas). Pembekuan dianggap lebih baik karena mempertahankan kandungan gizi di dalam biji ercis.

Masakan di Indonesia yang banyak menggunakan ercis kebanyakan merupakan makanan dengan pengaruh Eropa serta Tiongkok. Sup ercis (erwtensoep dalam bahasa Belanda) merupakan sup yang memberikan sentuhan tempo doeloe bagi kalangan senior di Indonesia. Sejumlah salad juga menggunakan kacang ini. Masakan dengan pengaruh dari Tiongkok bagian selatan, seperti nasi goreng dan fuyonghai (masakan dari telur yang disajikan dengan saus tomat bersama dengan kacang polong) menggunakan kacang ercis sebagai pemberi aksen. Cara memasaknya biasanya dengan ditumis. Bijinya yang dikeringkan sering dijadikan makanan kecil di Malaysia, Thailand, dan Taiwan.

Masakan Turki, Arab, serta Eropa Selatan juga banyak menggunakan ercis. Di Amerika Serikat ercis adalah sumber protein nabati populer dan sering menjadi makanan sehari-hari. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kacang polong goreng tepung krispi garing kriuk sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis toko cemilan snack dan toko oleh-oleh.

RESEP KACANG POLONG GORENG TEPUNG


BAHAN :

BAHAN A :
  • 200 gram kacang polong
  • 300 ml air
BAHAN B :
  • 1 telur
  • Garam secukupnya
  • 5 sdm tepung KFC
  • 3 sdm tepung tapioka
  • 1 sdt cabe powder
CARA MEMBUAT KACANG POLONG GORENG TEPUNG :
  1. Campur bahan A masukkan ke dalam microwave selama 5 menit atau boleh direbus juga selama 5 menit.
  2. Saring kacang polong agar supaya kering.
  3. Beri bahan B ke kacang polong tadi, aduk rata. Biarkan kurang lebih 15 menit.
  4. Goreng kacang polong tepung ke dalam minyak yang panas sampai kecokelatan hingga matang dan renyah.
  5. Sajikan.

CARA MEMBUAT KACANG POLONG GORENG TEPUNG