CARA MEMBUAT GECOK ENCUNG TERONG PEDAS KHAS CIREBON

Resep Gecok Encung Terong Pedas Khas Cirebon Sederhana Spesial Asli Pedas Enak. Sayur atau gulai terung panjang ini bisa menggunakan terong ungu, terong hijau atau pakai terong bulat sesuai selera. Gecok sejatinya dimasak dengan rempah-rempah yang terinspirasi dari bahan minuman Jamu tradisional bisa dimasak pakai santan atau tanpa santan kelapa. Gecok terong cocok disajikan sebagai masakan sehat dan bergizi untuk hidangan menu sahur puasa ramadhan atau menu buka puasa nanti.

Foto Resep Gecok Encung Terong Pedas Khas Cirebon Sederhana Spesial Asli Pedas Enak
Gambar Gecok Encung Terong Pedas

Menurut situs Wikipedia. Gecok adalah makanan khas Jawa yang terbuat dari kepala dan kaki (kikil) kambing atau sapi di dalam perkembangannya bahan utama gecok daging dapat diganti dengan sayur-sayuran dan daging unggas, ikan dan daging lainnya, seperti ayam, terung, pare/paria, ikan, dsb, boleh juga dipadukan dengan bahan lainnya seperti tempe, tahu, oncom, dll. Gecok dibuat karena terinspirasi oleh minuman jamu yang diracik dengan 25 bahan rempah dan bumbu. Hidangan tersebut telah ada sejak 1940an, sedangkan encung itu bahasanya orang Cirebon, kalau kata orang jakarta itu terong, kalau bahasa Inggrisnya terong itu adalah eggplant kalau bahasa Indonesianya terung. Biasanya disantap bersama nasi putih, kerupuk dan lauk lainnya misalkan telor dadar mantap.

Jika makan gulai gecok encung khas Cirebon atau khas Banten ini membuat tubuh menjadi hangat karena rempah-rempah dan empon-emponnya sangat cocok dalam meningkatkan antibody atau sistem imun kekebalan tubuh untuk melawan virus corona alias covid 19 boleh dibilang ini makanan sehat bernutrisi. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi gecok encung aka terong pedas manis, gurih sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis ekonomis murah meriah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis warung makan, catering, rumah makan bahkan restoran ala cafe resto cepat saji yang lezat.

RESEP GECOK ENCUNG/TERONG


BAHAN :
  • 3 buah terong ukuran besar
  • 6 siung bawang Merah, kalau pakai bawang bombay 1/2 potong bawang bombay
  • 5 siung bawang putih
  • 1 bungkus kecil terasi
  • 1/2 ruas kencur atau kalau pakai kencur bubuk 1/2 sdm
  • 1/2 kelapa diparut ambil santannya
  • 6 butir kemiri
  • Cabe merah sesuai selera
  • Cabe rawit sesuai selera
  • Gula sesuai selera
  • Garam sesuai selera
  • Penyedap rasa sesuai selera
  • Minyak goreng untuk menumis bumbu secukupnya
CARA MEMASAK GECOK ENCUNG/TERONG :
  1. Cuci dan iris- iris terongnya, taruh di kukusan, taruh juga bumbu yang mau dihalushan di kukusan, kalo yang mau pilih bahannya digoreng silahkan panaskan api dan siapkan penggorengan kasih minyak goreng secukupnya.
  2. Kukus Terong dan bahan bumbu , atau kalau mau pakai cara digoreng boleh silahkan digoreng terong dan bahan bumbunya.
  3. Haluskan Bumbu- bumbu digerus atau diblender, lalu ditumis bumbunya, lalu masukan terong kukusan yang tadi sudah dikukus atau yang tadi terongnya digoreng, silahkan juga masukan aduk-aduk merata, kasih air dan santan secukupnya biar gak gosong. Angkat, lalu masukkan ke dalam wadah mangkok atau piring.
  4. Sajikan.

CARA MEMBUAT GECOK ENCUNG TERONG PEDAS KHAS CIREBON