CARA MEMBUAT SEMPOL AYAM CRISPY


Resep Sempol Ayam Crispy Goreng Renyah Sederhana Spesial Asli Enak. Jajanan sederhana yang satu ini tengah jadi hits viral dan kekinian lagi bunda. Sempol adalah jajanan yang sederhana namun sangat gurih. Sempol punya sensasi yang crispy di luar namun lembut dan empuk di dalam. Untuk bunda yang punya anak kecil, suka ngemil tapi tidak terlalu doyan sayur. Bunda bisa coba mengkreasikan sempol ayam goreng ini dengan parutan wortel dan sayuran lainnya seperti brokoli ke dalam adonan. Anak-anak pasti suka dan rasa sayurnya pun ketutup dengan gurihnya sempol ayam goreng khas Malang yang crispy dan sempol ayam kukus yang lembut dan empuk. Sempol ayam juga bisa dibuat dengan aneka rasa seperti sempol ayam keju, sempol ayam pedas, dll.

Foto Resep Sempol Ayam Crispy Goreng Renyah Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Sempol Ayam Crispy Goreng Sambal Pedas

Sempolan bertekstur kenyal empuk karena terbuat dari tepung tapioka, bisa dicampur ikan maupun daging ayam lalu dicocol dengan sambal pedas semakin mantap. Untuk membuat sempol ayam agar tidak keras seperti pada kali ini, perbandingan antara tapioka dan ayam bisa disesuaikan, bisa gunakan sedikit ayam untuk yang ekonomis, namun semakin banyak perbandingan daging ayam yang digunakan tentunya akan semakin enak dan berasa gurih. Sedangkan untuk sempol ayam crispy tinggal dibalut dengan tepung roti atau panir kasar sebelum digoreng. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi sempol ayam crispy yang enak dan bikin nagih untuk bekal anak sekolah lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis sempol ayam goreng yang laku dijual.

RESEP SEMPOL AYAM CRISPY


BAHAN :
  • 250 gram fillet dada ayam
  • 100 gram tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • 1 buah wortel uk sedang,parut/cincang
  • 2 batang daun kucai, iris tipis (jika tidak ada bs diganti dengan daun bawang.
BUMBU HALUS :
  • 5 siung bawang putih
  • 3 sdm bawang goreng
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt lada bubuk
BAHAN PENCELUP :
  • 1 btr telur
  • 1/2 sdt garam
BAHAN PELENGKAP :
  • Tepung panir
  • Tusuk sate
CARA MEMBUAT SEMPOL AYAM :
  1. Blender ayam fillet sampai halus, kemudian campurkan semua bahan.
  2. Tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan, garam, lada. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan sampai adonan bisa dibentuk.
  3. Oles telapak tangan dengan sedikit minyak supaya tidak lengket ketika membentuk adonan.
  4. Tempelkan adonan diujung tusuk sate kemudian bentuk dan kepal-kepal sampai adonan melekat sempurna. Lakukan sampai adonan terbentuk semua.
  5. Didihkan air, lalu rebus adonan sempol kurang lebih 10-15 menit.Angkat dan dinginkan.
  6. Celupkan sempol kedalam adonan kocokan telur, kemudian gulingkan kedalam tepung panir sampai adonan terlapisi dengan rata.
  7. Diamkan terlebih dahulu di dalam kulkas supaya tepung panir tidak rontok ketika digoreng kurang lebih 30 menit.
  8. Goreng dalam minyak panas dan api sedang sampai sempol matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat.
  9. Sajikan bersama dengan saos sambal.



Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT SEMPOL AYAM CRISPY