CARA MEMBUAT JAMU BERAS KENCUR ALA MBOK JAMU

Resep Jamu Beras Kencur Ala Mbok Jamu Gendong Cantik Sederhana Spesial Buatan Sendiri Asli Enak. Minuman jamu beras kencur tradisional original berkhasiat obat dapat menghilangkan pegal-pegal pada tubuh dan sebagai tonikom/tonikum atau penyegar saat habis bekerja. Dengan membiasakan minum jamu beras kencur, tubuh akan terhindar dari pegal-pegal dan linu yang biasa timbul bila bekerja terlalu payah. Selain itu, beras kencur bisa meringankan batuk dan merupakan seduhan yang tepat untuk jamu batuk. Sedangkan jamu beras kencur untuk anak, untuk ibu hamil dan untuk ibu menyusui bahan dan komposisi bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Foto Resep Jamu Beras Kencur Ala Mbok Jamu Gendong Cantik Sederhana Spesial Buatan Sendiri Asli Enak
Gambar Jamu Beras Kencur Ala Mbok Jamu

Menurut situs Wikipedia. Beras kencur adalah minuman penyegar khas dari Indonesia (Jawa). Minuman ini juga digolongkan sebagai jamu karena memiliki khasiat meningkatkan nafsu makan. Beras kencur sangat populer karena memiliki rasa yang manis dan segar. Ada banyak macam-macam jenis jamu beras kencur untuk dijual ini selain jamu beras kencur cair dan kental ala Mbok jamu, mulai dari jamu beras kencur Solo, jamu beras kencur asli Malang, jamu beras kencur bubuk, jamu beras kencur Sido Muncul, jamu beras kencur Cap Orang Tua, jamu beras kencur botolan, jamu beras kencur kunyit, jamu beras kencur kunyit asem, jamu beras kencur instan buatan pabrik modern, dll.

Baca Juga : Cara Membuat Jamu

Bahan utama beras kencur, tentu saja, adalah beras (yang dihaluskan) dan rimpang kencur. Kombinasi beras dan kencur banyak mengandung vitamin B yang dapat merangsang lambung memberikan rasa lapar selain itu jamu beras kencur jika diminum secara rutin setiap hari bisa membantu menebalkan dinding perut untuk menyembuhkan penyakit maag (untuk penyembuhan maag ini tidak boleh dicampur dengan rimpang jahe dan untuk asam kawak boleh sedikit saja). Rasa manis berasal dari gula merah (gula kelapa atau gula aren) yang ditambahkan. Kencur menyumbang pada rasa sedikit pedas yang terasa jika beras kencur diminum, untuk menambah rasa pedas jamu beras kencur ini biasanya ditambah rimpang jahe secukupnya agar terasa lebih hangat.

Ramuan jamu beras kencur original selengkapnya yaitu terdiri dari : Bahan utama rimpang kencur dan tepung beras, rimpang jahe, asam kawak, biji kedaung, garam dan gula merah atau gula pasir.

Jamu beras kencur secara tradisional dijual bentuk cairan segar atau kental untuk hasilnya, baik di pasar-pasar umum atau oleh penjual jamu keliling. Industri jamu sekarang mengembangkan beras kencur yang dikemas dalam bentuk bubuk atau konsentrat (sirup) dan juga dijual bentuk bubuk kering instan tinggal menyeduh dengan air hangat atau air panas, prosesnya rimpang kencur bersama bahan lainnya kecuali tepung beras dan gula ditumbuk atau digiling sampai halus, dengan air panas diperas diambil sari-sarinya setelah itu tepung beras dan perasan sari kencur dicampur dengan beras dan gula untuk selanjutnya diproses pengeringan dengan cara dipanasi.

Khasiat dan manfaat Jamu beras kencur dapat mencegah masuk angin, meningkatkan nafsu makan, mencegah sariawan, mengeluarkan dahak dan ekspektoran, untuk asam lambung, serta mengurangi mual dan kembung.

Cara pembuatan jamu beras kencur, terdapat beberapa variasi bahan yang digunakan, namun terdapat dua bahan dasar pokok yang selalu dipakai, yaitu beras dan kencur. Kedua bahan ini sesuai dengan nama jamu, dan jamu ini selalu ada meskipun komposisinya tidak selalu sama di antara penjual jamu. Bahan-bahan lain yang biasa dicampurkan ke dalam racikan jamu beras kencur adalah biji kedawung, rimpang jahe, biji kapulogo, buah asam, kayu keningar, kunir. Sebagai pemanis digunakan gula merah dicampur gula putih.

Cara pengolahan racikan jamu beras kencur. Pada umumnya tidak jauh berbeda, mula-mula beras disangan (disangrai), selanjutnya ditumbuk sampai halus. Bahan-bahan lain sesuai dengan komposisi racikan ditumbuk menggunakan lumpang dan alu besi atau batu. Kedua bahan ini kemudian dicampur, ditungkan air mendidih untuk mengambil sarinya diperas dan disaring dengan saringan atau diperas melalui kain pembungkus bahan. Selanjutnya dimasukkan ke dalam botol-botol kaca atau botol plastik atau termos. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi jamu beras kencur ala Mbok jamu gendong tradisional sajian sedap istimewa, ncc lengkap dengan cara bikin sendiri yang benar di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka jamu tradisional.

RESEP JAMU BERAS KENCUR


BAHAN :
  • 200 gram beras (rendam semalam/3 jam)
  • 100 ml air mendidih
  • 50 gram rimpang kencur, bersihkan
  • 50 gram rimpang jahe, bersihkan
  • 2 lembar daun pandan
  • 10 buah rimpang kapulaga
  • 1/2 sdt buah kemukus
  • 300 gram gula merah
  • 1500 ml air
  • Garam secukupnya
CARA MEMBUAT JAMU BERAS KENCUR :
  1. Bersihkan beras, tiriskan, sangrai, lalu rendam dalam air mendidih selama 2 jam.
  2. Sangrai jahe dan kencur, angkat dan sisihkan.
  3. Campur rendaman beras, kencur, jahe yang telah disangrai, kapulaga, kemukus dan sedikit garam. Haluskan menggunakan blender.
  4. Rebus air bersama gula merah dan pandan hingga gula larut dan mendidih.
  5. Campur beras kencur dengan air gula, aduk rata lalu saring.
  6. Sajikan untuk 7-8 gelas.
Kencur termasuk tanaman rimpang yang sering diolah menjadi jamu tradisional. Kencur juga dikenal dengan beragam manfaat bagi kesehatan, salah satunya atasi batuk.

Kombinasi antara beras dan kencur bisa digunakan untuk meredakan batuk hingga mengatasi peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Jika kamu punya banyak waktu, lebih baik buat jamu sendiri di rumah untuk stok sehingga dapat dinikmati setiap hari.

Aroma kencur terasa lembut dibandingkan dengan empon-empon atau temu-temuan lainnya. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, kencur juga dapat menyembuhkan batuk pada anak-anak hingga dewasa.

Dikutip dalam buku berjudul "Temu-temuan & Empon-empon, Budi Daya dan Manfaatnya" oleh Ir. Fauziah Muhlisah untuk menyembuhkan batuk, ambilah satu jari rimpang kencur segar. Bersihkan lalu parut. Peras airnya dan masukkan ke dalam sendok, tambahkan sedikit madu dan diminum.

RESEP JAMU BERAS KENCUR SEDERHANA


Cara membuat jamu beras kencur yang enak sebaiknya pilih kencur segar dan tambahkan dengan sedikit gula Jawa. Cara meracik jamu beras kencur tradisional ternyata tidak terlalu sulit, cukup diparut dan dicampurkan dengan beberapa bahan tambahan lain. Ini dia cara membuat jamu beras kencur yang enak dengan bahan sederhana :

BAHAN :
  • 150 gram beras, rendam semalam dan tiriskan
  • 1500 ml air
  • 250 gram gula Jawa
  • 250 gram kencur
CARA MEMBUAT JAMU BERAS KENCUR SEDERHANA :
  1. Sangrai beras sampai berwarna coklat, dinginkan.
  2. Blender semua bahan kemudian saring.
  3. Rebus hasil saringan hingga mendidih.
  4. Simpan dalam botol kaca dan,
  5. Sajikan atau untuk dijual.
Mengonsumsi kencur juga bisa membuat pernapasan lebih lega dan membantu proses penyembuhan batuk yang optimal. Selain memiliki manfaat untuk batuk, kencur juga sering dimanfaatkan untuk suara para penyanyi. Kencur disebut dapat membantu menjaga pita suara sehingga tenggorokan terasa lega. Kencur juga bisa membantu atasi mual, mengobati diare, hingga redakan inflamasi.

Selain mengatasi batuk dan redakan inflamasi. Jamu beras kencur dan kunyit asam dapat membantu tingkatkan sistem kekebalan tubuh.

CARA MEMBUAT JAMU BERAS KENCUR ALA MBOK JAMU