CARA MEMBUAT RAMBUTAN GORENG KHAS JAMBI

Resep Rambutan Goreng Khas Jambi Crispy Renyah Sederhana Spesial Asli Enak. Bila buah pisang, apel, dan nangka sudah biasa diolah dengan teknik digoreng, maka orang Jambi berkreasi menggunakan buah-buahan yang tak biasa dan tidak lazim. Buah yang dipilih untuk digoreng adalah rambutan. Sehingga makanan ini sangat unik dan menarik dan perlu dicoba. Rambutan goreng balut tepung terigu dan bumbu ini rasanya manis, asin dan gurih dengan tekstur yang garing kriuk. Karena buah rambutan ini tersediannya hanya pada musim rambutan jadi prakteknya ditunda dulu sampai musim rambutan tiba, yang penting Bunda simpan dulu resepnya dan bisa membuatnya belakangan.

Foto Resep Rambutan Goreng Khas Jambi Crispy Renyah Kriuk Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Rambutan Goreng Khas Jambi

Rambutan goreng adalah olahan buah rambutan yang menjadi camilan khas dari Jambi. Untuk membuat biji rambutan goreng, dilakukan serangkaian proses yang hampir sama dengan pembuatan nanas goreng. Tentu saja, yang digoreng adalah bagian dagingnya saja. Ternyata Malaysia juga ada resep rambutan goreng Malaysia yang sempat ngehits dan menjadi cemilan viral dan kekinian di negara Melayu ini.

Baca Juga : Cara Buat Makanan Jambi

Daging rambutan ngelotok yang hendak digoreng harus dibiarkan beberapa saat agar keadaannya benar-benar kering sehingga hasilnya bagus ketika digoreng. Setelah kering, daging rambutan tadi dibaluri bumbu yang terbuat dari garam, tepung terigu, dan vanili untuk digoreng kemudian. Setelah matang, rambutan goreng harus ditiriskan terlebih dahulu sebelum disantap. Jika Anda belum pernah menjajal camilan khas Jambi ini, kuliner rambutan goreng viral mempunyai rasa seperti kurma. Makanan khas Jambi satu ini bisa bertahan hingga enam bulan meskipun tanpa memakai bahan pengawet. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi rambutan goreng Malaysia crispy tahan lama sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis gorengan oleh-oleh khas Jambi dan kuliner Jambi lainnya.

RESEP RAMBUTAN GORENG JAMBI


BAHAN :
  • 100 gram tepung terigu
  • 40 buah rambutan segar
  • 500 ml minyak goreng
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • 125 ml air
  • 1 butir telur ayam
CARA MEMBUAT RAMBUTAN GORENG JAMBI :
  1. Kupas kulit buah rambutan, bersihkanlah, buang isinya dan iris tipis.
  2. Lalu campurlah telur, tepung terigu, vanili, dan garam. Aduk rata.
  3. Tuangilah air sedikit demi sedikit sembari diaduk sampai adonannya menjadi kental.
  4. Masukkanlaah irisan rambutan, terus aduklah rata.
  5. Berikutnya, panasilah minyak dan lantas gorenglah adonan sesendok demi sesendok sampai menjadi matang serta warnanya berubah kecoklatan. Tiriskanlah.Terakhir, taburilah campuran gula halus serta kayu manis ayak.
  6. Sajikan.

CARA MEMBUAT RAMBUTAN GORENG KHAS JAMBI