CARA MEMBUAT SELAI KACANG HIJAU


Resep Selai Kacang Hijau Sederhana Spesial Asli Enak. Selai kacang hijau biasanya dipakai sebagai pasta (mung bean paste filling) untuk isi kue kacang hijau, untuk isian roti, kue onde-onde, dll. Bahkan untuk sekedar menjadi olesan roti tawar juga enak dan lezat biasanya teksturnya lebih halus dan kental beda dengan bahan isian kue mooncake, bakpia, pao atau bakpao kue ku onde onde, dll yang teksturnya lebih kering, kenyal namun tetap lembut dan empuk. Di Malaysia kacang hijau juga dipake untuk bahan inti, seperti pada resep cara membuat inti kacang hijau kuih bom bijan kalau di Indonesia disebut onde-onde dan dalam bahasa Inggris disebut (The essence of sesame ball). Jadi intinya dalam membuat selai kacang hijau ini sesuai selera masing-masing pembuat dan digunakan untuk apa.

Foto Resep Selai Kacang Hijau Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Selai Kacang Hijau Masak

Proses membuat selai kacang ijo sendiri tidaklah sulit. Langkah pertama dalam pembuatan selai kacang hijau adalah kacang hijau di rendam selama satu malam kemudian dicuci bersih. Selanjutnya, kacang hijau yang sudah dibersihkan direbus hingga matang. Setelah kacang hijau matang, masukkan gula pasir atau gula aren dan santan untuk dihaluskan menggunakan mixer. Setelah dihaluskan menggunakan blender. Setelah dihaluskan, masukkan ke dalam wajan yang sudah disiapkan, masak hingga tekstur kacang hijau sampai menjadi pasta. Sebelum diangkat, masukkan minyak dan aduk sampai rata, lalu ditiriskan. Setelah adonan dingin, masukkan ke dalam kemasan yang sudah diberi label. Selai kacang hijau siap disajikan dan dipasarkan. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi selai kacang hijau sajian sedap istimewa NCC lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka selai Mung Bean Paste / pasta kacang hijau untuk aneka kue.

RESEP SELAI KACANG HIJAU SANTAN MINYAK GORENG


BAHAN :
  • Kacang hijau kupas tanpa kulit
  • Gula pasir
  • Santan
  • Minyak goreng
  • Daun pandan
atau bisa gunakan bahan-bahan dan resep di bawah ini untuk pembuatan selai kacang hijau tanpa santan dan tanpa minyak goreng

BAHAN :
  • 1 genggam kacang hijau
  • 5 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 bungkus santan bubuk
  • 1 sachet susu kental manis
  • 250 ml air mineral
CARA MEMBUAT SELAI KACANG HIJAU :
  1. Rendam kacang hijau 4 jam lalu rebus hingga lunak dan lembut.
  2. Masukkan blender tambahkan air setelah halus tuang dlm wajan beri gula, garam, santan dan susu kental manis masak dengen api kecil sambil trus diaduk biar tidak gosong.
  3. Masak hingga agak kering, bila sudah dingin simpan dalam wadah kedap udara.
  4. Sajikan atau siap dijual dikemas dengan botol kaca atau kemasan pelastik, mau dimakan langsung juga enak karena manis dan gurihnya pas apalagi kalau dimakan dalam keadaan dingin.


Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT SELAI KACANG HIJAU