CARA MEMBUAT KERIPIK JAGUNG TORTILLA CHIPS

Resep Keripik Jagung Tortilla Chips Renyah Crispy Sederhana Spesial Asli Enak. Proses pembuatan tortilla jagung garing kriuk ini sangat gampang dan bahan-bahan serta bumbu mudah dicari. Pada artikel ini tersedia 2 resep keripik jagung (Corn Chips), yang pertama keripik jagung atau tortilla chips ala Dapur Deffi (Deffi's Kitchen) dan yang kedua adalah kerupuk atau keripik jagung tortilla ala pabrik makanan yang terpajang di etalase supermarket dan minimarket. Keripik jagung tortilla ala Happy Tos, Maitos dan merk Doritos ini sangat digemari sebagai cemilan yang sehat dan enak dengan aneka rasa gurih keju dan barbeque yang lezat, pedas manis, dll.

Foto Resep Keripik Jagung Tortilla Chips Renyah Crispy Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Keripik Jagung Tortilla Chips

Menurut situs Wikipedia. Di Meksiko, Amerika Tengah, Amerika Serikat dan Kanada, tortilla adalah roti pipih tanpa ragi yang terbuat dari jagung giling atau gandum. Yang terbuat dari jagung giling adalah tortilla ala Amerika Utara dan banyak dianggap sebagai tortilla yang 'asli'. Faktanya memang tipe tortilla ini telah ada sebelum kedatangan bangsa Eropa di benua Amerika, dan mendapatkan nama 'tortilla' dari orang-orang Spanyol karena kemiripannya dengan kue dan telur dadar tradisional Spanyol. Berdasarkan ilmu asal kata (etimologis), kata tortilla berasal dari kata torta yang berarti sebuah kue bundar.

Baca Juga :


Tortilla yang terbuat dari gandum adalah sebuah hasil inovasi setelah terigu dibawa ke Dunia Baru dari Spanyol ketika daerah tersebut masih menjadi daerah jajahan Spanyol. Roti ini terbuat dari adonan yang berair dan tanpa ragi, yang kemudian ditipiskan dan dimasak seperti tortilla jagung. Tortilla gandum ini sangat mirip dengan roti tanpa ragi yang terkenal di Arab, negara-negara Mediterania Timur dan Asia Selatan, walaupun lebih tipis dan lebih kecil ukurannya. Di Tiongkok dikenal laobing (烙餅), kue tebal berbentuk bundar seperti pizza, sementara di India ada roti yang terbuat dari gandum. Keduanya adalah contoh kue dari negara lain yang mirip dengan tortilla. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi keripik jagung tortilla garing kriuk sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis keripik jagung tortilla chips aneka rasa.

RESEP KERIPIK JAGUNG TORTILLA CHIPS


BAHAN :
  • Tortilla jagung manis
  • 1 cup tepung jagung/Maize/Makai ki atta, bisa pake merk maizena
  • 1 sdt oregano seed/Ajwain
  • 1 sdt Jinten/Carrom seed/Zeera
  • Air hangat secukupnya
  • Garam secukupnya
CARA MEMBUAT KERIPIK JAGUNG TORTILLA CHIPS :
  1. Campur semua aduk rata, tuangi air hangat sedikit demi sedikit, jangan terlalu lembek.
  2. Uleni sampai lembut dan kalis., tambahkan air jika perlu.
  3. Buat adonan menjadi bulatan-bulatan kecil.
  4. Beri alas plastik. Gilas perlahan di dalam plastik supaya tidak pecah, karena tepung ini sangat mudah hancur.
  5. Letakkan di atas wajan ceper dengan api sedang, perlahan dan bolak balik sampai adonan menyatu dan tidak hancur.
  6. Ulangi terus sampai adonan bulat habis dan adonan ceper siap di potong-potong sebelum di goreng.
  7. Potong-potong adonan ceper sesuai ukuran yang diinginkan, misalnya dibagi 2, bagi 3, bagi 4 dll.
  8. Goreng di minyak banyak dan panas sampai kuning kecoklatan, Tortilla Chips untuk camilan enak di cocol dengan saus Salsa resep menyusul di artikel selanjutnya.
  9. Sajikan.

RESEP KERIPIK JAGUNG TORTILLA VERSI LAIN


BAHAN :
  • 1 kg jagung
  • 1/2 sdm kapur sirih
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdm merica bubuk
  • 1 sdm garam halus
  • 1 sdm gula halus
  • Penyedap Rasa
  • Minyak goreng secukupnya
CARA MEMBUAT KERIPIK JAGUNG TORTILLA VERSI LAIN :
  1. Ambil jagung yang sudah terpisah antara bonggol dan biji jagung.
  2. Setelah itu buatlah larutan air kapur dengan cara memasukan ½ sendok makan kapur ke dalam 1 liter air, berlaku kelipatannya.
  3. Rendam biji jagung ke dalam larutan air kapur selama 24 jam.
  4. Setelah 24 jam angkat biji jagung, cuci hingga bersih dengan air bersih dan tiriskan hingga air berkurang.
  5. Kemudian rebus jagung hingga lunak di dalam panci.
  6. Setelah lunak angkat dan tiriskan lalu haluskan jagung dengan alat penggiling, namun jika anda tidak mempunyai alat penggiling anda bisa menggunakan alat manual yaitu dengan cara menumbuk.
  7. Lalu masukkan semua bumbu ke dalam 1 wadah dan aduk rata lalu masukan atung yang telah halus dan aduk hingga bumbu tercampur sempurna.
  8. Kemudian bentuk adonan jagung menjadi lembaran tipis agar jagung terasa renyah dan potong sesuai selera.
  9. Jemur keripik jagung dibawah sinar matahari hingga kering namun jika tidak memungkinkan anda bisa menggunakan alat pengering seperti oven agar keripik lebih mudah kering tanpa bergantung dengan sinar matahari.
  10. Setelah kering, keripik jagung siap utuk dijual dalam kondisi mentah atau anda bisa menggorengnya dan menjualnya dalam kondisi matang.
  11. Setelah matang angkat dan tiriskan, gunakanlah alat peniris minyak agar keripik yang dihasilkan awet dan terbebas dari bau apek.
  12. Sajikan.

CARA MEMBUAT KERIPIK JAGUNG TORTILLA CHIPS