CARA MEMBUAT TUMIS AMPAS KECAP KEDELAI HITAM MALIKA

Resep Tumis Ampas Kecap Kedelai Hitam Malika Khas Majalengka dan Cirebon Sederhana Spesial Asli Enak. Ampas kecap merupakan limbah dari agro industri kecap yang berbahan dasar kedelai hitam malika. Limbah kedelai tersebut tidak dibuang begitu saja ke tempat pembuangan sampah, melainkan diolah dan dimanfaatkan sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah makanan yang nikmat untuk disantap bersama sepiring nasi putih hangat apalagi dilengkapi dengan sambal terasi hijau/ijo.

Ampas kecap adalah limbah padat dari hasil pengolahan kecap. Selama ini ampas kecap dimanfaatkan oleh beberapa kelompok masyarakat sebagai campuran jajanan pasar atau kudapan. Dan beberapa masayarakat juga memanfaatkannya sebagai pakan ternak. Padahal senyawa bioaktif yang terdapat dalam ampas kecap yang memiliki potensi sebagai antihiperglikemia bagi penderita diabetes. Khasiat dan manfaat ampas kecap, limbah yang ampuh untuk obat diabetes bagi penderita diabetes di Indonesia.

Foto Resep Tumis Ampas Kecap Kedelai Hitam Malika Khas Majalengka dan Cirebon Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Tumis Hampas Kecap

Ampas kecap berasal dari kedelai hitam yang diduga masih memiliki kadar antioksidan yang tinggi. Antioksidan pada kedelai hitam berupa antosianin yang didapat dari pigmen hitam pada kedelai hitam. Selain itu senyawa antioksidan lain yang terdapat pada ampas kecap adalah isoflavon.

Isoflavon banyak dijumpai pada makanan olahan kedelai terfermentasi seperti tempe dan kecap. Untuk mengeluarkan senyawa senyawa bioaktif tersebut dilakukan dengan menggunakan ekstraksi modern yaitu ekstraksi dengan gelombang ultrasonik atau disebut dengan ultrasound assisted extraction.

Ampas kecap yang dalam bahasa Sunda yaitu hampas kecap ini sering juga disebut dengan tauco. Resep olahan ampas kecap ini bisa dimasak tumis, oseng-oseng, sambal ampas kecap pedas, dan sebagainya mungkin ada kreatifitas dari Anda untuk mengolah resep ampas kecap dari kedelai hitam malika ini menjadi masakan dan makanan yang lezat. Berikut kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi ampas kicap sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka sayur ampas kecap.

RESEP TUMIS AMPAS KECAP KEDELAI HITAM MALIKA


BAHAN :
  • 3 sdm minyak, untuk menumis
  • 6 butir bawang merah, iris tipis
  • 5 siung bawang putih, iris tipis
  • 10 buah cabai rawit merah, iris halus
  • 15 buah cabai rawit hijau, biarkan utuh
  • 1 batang daun bawang, iris serong
  • 300 gram ampas kecap
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 150 ml air
CARA MEMASAK TUMIS AMPAS KECAP KEDELAI HITAM MALIKA :
  1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Tambahkan semua cabai rawit dan daun bawang, aduk sampai layu.
  2. Masukkan ampas kecap.Tambahkan garam, gula, dan air. Masak sampai bumbu meresap dan air habis. Angkat.
  3. Sajikan.

CARA MEMBUAT TUMIS AMPAS KECAP KEDELAI HITAM MALIKA