CARA MEMBUAT ES GEMPOL PLERET ENAK

Resep Es Gempol Pleret Segar Sederhana Spesial Asli Enak. Minuman es dari daerah Pleret, Bantul Jogja yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung ketan ini rasanya menyegarkan sekali paling enak diminum pada cuaca panas terik yang dapat menghilangkan rasa haus dahaga seketika. Banyak versi atau varian yang beredar dari jenis minuman segar manis ini. Seperti es gempol Pleret Semarang versi tradisional, es gempol Pleret Jogja, es gempol pleret khas Jepara, es gempol Pati, es gempol Solo, ice gempol tombo kangen, es gempol milo versi modern dan lain lain.

Foto Resep Es Gempol Pleret Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Es Gempol Pleret

Menurut situs Wikipedia. Es Gempol adalah minuman dari gempol/pleret dari tepung beras dan tepung ketan, santan, dan gula cair. Kata gempol berarti adonan dari tepung beras yang dibentuk, lalu diwarnai dan akhirnya dikukus. Gempol disiram dengan santan dan gula, dan seringkali ditambah es.

Ada banyak klaim mengenai asal daerah sebenarnya dari minuman segar ini, seperti Solo, Pati, Kudus, Blitar Jawa Timur (JATIM), hingga Jepara Semarang, Jawa Tengah (JATENG). Minuman serupa juga dapat ditemukan di Jakarta, Bandung, Solo, dan Semarang.

Pleret adalah desa di kecamatan Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Kesultanan Mataram pernah beribukota di sini, yaitu di dusun Karta selama 1613-1647 lalu pindah ke Pleret yang terletak di sebelah utara selama 1647-1681.

Demikianlah cerita sedikit mengenai asal usul sejarah dari es gempol ini. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi ais gempol pleret yang lezat sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka es atau aneka minuman dingin segar.

RESEP ES GEMPOL PLERET JOGJA


BAHAN :
  • 500 gram tepung beras
  • 1 sdt pasta pandan
  • 250 gram tepung ketan
  • 800 ml santan kental dari 1 butir kelapa
  • 250 gram gula merah
  • 300 ml air pandan
  • 100 gram nangka matang, iris sesuai selera
  • Garam secukupnya
  • Daun pisang secukupnya
CARA MEMBUAT ES GEMPOL PLERET JOGJA :
  1. CARA MEMBUAT GEMPOL : campur tepung beras, sedikit air pandan, santan dan sedikit garam. Kukus selama 1 jam, angkat. Setelah agak dingin, ambil sedikit adonan tepung beras, bentuk bulat seukuran buah duku, kukus kembali sekitar 1 jam. Angkat, tiriskan.
  2. CARA MEMBUAT PLERET : campur tepung ketan, sedikit gula merah, garam dan sisa air pandan, aduk rata. Tuang adonan tipis-tipis diatas daun pisang, kukus 1 jam.
  3. Rebus sisa santan kental bersama garam hingga mendidih sambil diaduk agar tidak pecah. Cairkan sisa gula merah hingga mendidih. Saring.
  4. CARA PENYAJIAN : siapkan gelas saji, masukkan gempol, pleret, nangka, santan kental, gula jawa dan es batu.
  5. Sajikan dingin.

Tags :

CARA MEMBUAT ES GEMPOL PLERET ENAK