CARA MEMBUAT KUE BULAN MOONCAKE (TONG CIU PIA)

Resep Kue Bulan (MoonCake) Sederhana Spesial Asli Enak. Tekstur moon cake atau kue bulan yang dalam bahasa Cina Tong Ciu Pia ini seperti kue pia atau phia yang lembut dan empuk baik di luarnya maupun bagian dalamnya. Apakah kue bulan atau mooncake ini halal? Sebagian ada yang meragukan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kue bulan ini menjadi syubhat, ada juga sebagian yang mengharamkan katanya mengandung minyak babi kalau importnya dari negara China atau Hongkong maka jenis kue bulan mooncake haram tapi ada kue bulan mooncake halal di import dari Malaysia. Andapun bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang halal yang dapat menggantikan bahan-bahan yang sekiranya haram tersebut, misalnya moon cake dari ubi jalar atau ubi ungu, sebaiknya bisa ditanyakan kepada yang paham seperti bertanya langsung kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Foto Resep Kue Bulan (MoonCake) Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kue Bulan (MoonCake) Imlek

Kue Moon cake atau kita lebih akrab menyebutnya kue bulan ya biasanya kue ini lebih identik ada ketika perayaan hari raya orang Tionghoa, misalnya Imlek festival mooncake. Biasanya kue bulan tiong ciu pia putih dan tiong ciu pia coklat ini terdiri dari beberapa varian rasa antara lain kacang merah, kacang hijau, coklat dan keju. Bentuknya pada umumnya bulat seperti bulan tapi kini banyak variasinya karena cetakan mooncake inipun telah banyak variasinya seperti bentuk cetakan kotak persegi, panjang, dll. Jika bunda semuanya kangen kue ini bunda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah sekalian menguji kemampuan bunda membuat kue siapa tau suami makin sayang dan menjadi lahan bisnis rumahan.

Baca Juga : Kue Keranjang

Menurut situs Wikipedia. Kue bulan (Hanzi: 月餅, pinyin: yuèbǐng) adalah penganan tradisional Masyarakat Tionghoa yang menjadi sajian wajib pada perayaan Festival Musim Gugur setiap tahunnya. Di Indonesia, kue bulan biasanya dikenal dalam Bahasa Hokkian-nya, gwee pia atau tiong chiu pia atau tong chiu pia. Sedangkan dalam bahasa Hakka / Khek- nya, yaitu ngie̍t-piáng. Kue bulan tradisional pada dasarnya berbentuk bulat, melambangkan kebulatan dan keutuhan. Namun seiring perkembangan zaman, bentuk-bentuk lainnya muncul menambah variasi dalam komersialisasi kue bulan.

Sejarah asal usul mulannya kue ini. Kue bulan bermula dari penganan sesajian pada persembahan dan penghormatan pada leluhur di musim gugur, yang biasanya merupakan masa panen yang dianggap penting dalam kebudayaan Tionghoa yang berbasis agrikultural.

Perkembangan zaman menjadikan kue bulan berevolusi dari sesajian khusus pertengahan musim gugur kepada penganan dan hadiah namun tetap terkait pada perayaan festival musim gugur tadi.

Beberapa legenda mengemukakan bahwa kue bulan berasal dari Dinasti Ming, yang dikaitkan dengan pemberontakan heroik Zhu Yuanzhang memimpin para petani Han melawan pemerintah Mongol. Namun sebenarnya, kue bulan telah ada tercatat dalam sejarah paling awal pada zaman Dinasti Song. Dari sini, kue bulan dipastikan telah populer dan eksis jauh sebelum Dinasti Ming berdiri.

Kategori macam-macam jenis aneka kreasi dan variasi dari mooncake kue bulan ini, diantaranya sebagai berikut :
  • Menurut cara pembuatan : Guangdong, Beijing, Taiwan, Hongkong, Chaozhou.
  • Menurut rasa : manis, asin, pedas
  • Menurut isi : kuning telur, tausa (kacang merah), buah-buahan, kacang hijau, es krim
  • Menurut bahan kulit : tepung gandum, gula dan es
Proses pembuatan kue bulan di Indonesia pada dasarnya berasal dari gaya pembuatan Guangdong dan Chaozhou. Juga ada lokalisasi dengan cara pencampuran bahan-bahan yang mudah didapatkan di Indonesia, semisal daun pandan sebagai perasa. Dan masih banyak lagi kategori-kategori lainnya hasil inovasi gaya pembuatan kue bulan gaya baru di pasaran seperti aneka kreasi kue bulan Nyonya Lauw, kue bulan Singkawang, Pontianak, Kalimantan Barat, dll. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih bulan mooncake (Tiong Tjiu Pia Halal) lembut dan empuk lumer di mulut sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis kue bulan moon cake yang lezat ekonomis dengan harga murah meriah dari ukuran mini kecil sampai ukuran jumbo super besar.

RESEP MOONCAKE ALIAS KUE BULAN


BAHAN SYRUP :
  • 300 gram gula pasir
  • 200 gram air
  • 1 buah lemon, diiris
  • 1/2 sdm maltose (gula gandum)
  • 1/4 sdt garam
CARA MEMBUAT SYRUP KUE BULAN MOONCAKE :
  1. Semua bahan diatas dimasak kira kira 1,5-2 jam hingga kental.
  2. Setelah dingin baru siap dipakai.Jika disimpan dalam toples tertutup maka bisa digunakan hingga 1 tahun.
BAHAN OLES :
  • 2 btr kuning telur
  • 1 butir telur utuh, dikocok rata dan disaring
BAHAN ISI :
  • 300 gram lotus seed (biji teratai)
  • 225 gram gula pasir
  • 225 gram minyak kacang
  • 35 gram maltose (gula gandum)
  • 15 gram ten mien fen (tepung gandum sering juga disebut tepung tang mien atau tepung kanji atau starch)
  • 1/2 sdm air abu/alkalin water atau garam alkali
  • Roasted melon seed (optional)
CARA MEMBUAT ISI KUE BULAN MOONCAKE :
  1. Rendam biji teratai dengan air abu kurang lebih 10 menit,
  2. Rebus biji teratai selama 30 menit.
  3. Blender biji teratai yang sudah direbus haluskan seperti lotus paste.
  4. Masak kembali dengan bahan-bahan lainnya, aduk hingga adonan mengering dan lepas dari pallet, dinginkan.dan lotus paste siap digunakan.
  5. Roasted melon seeds untuk campuran lotus paste (optional).
BAHAN KULIT :

BAHAN A :
  • 180 gram terigu protein rendah (low protein)
BAHAN B :
  • 125 gram syrup
  • 45 gram minyak kacang
  • 1/2 sdm air abu (garam alkali)
  • 1/8 biji air lemon
  • Telur asin (optional)
CARA MEMBUAT KUE BULAN MONNCAKE :
  1. Aduk rata bahan B kemudian tambahkan bahan A lalu aduk rata.Diamkan kurang lebih 5 jam, boleh lebih simpan dalam wadah plastik tertutup.
  2. Ambil adonan kulit 60 gram dan isi/lotus paste 100 gram dan 1 butir kuning telur asin (optional), lalu bungkus. Lumuri tipis-tipis dengan terigu baru dicetak pakai cetakan kue bulan atau cetakan mooncake.
  3. Panggang 12 menit di dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya dengan suhu 175 derajat celcius (masing-masing oven beda ya jadi kenali oven masing-masing).
  4. keluarkan dari oven biarkan 2 menit baru oles dengan kuning telur, panggang dioven lagi selama 10 menit.
  5. Keluarkan dari oven oles lagi dengan salad oil (optional).
  6. Dinginkan mooncake,sebenarnya kue moon cake enak disantap setelah 2 hari.
TIPS & TRICKS :
  • Biar permukaan halus dan rata cetakan sebaiknya ditaburi sedikit tepung terigu

CARA MEMBUAT KUE BULAN MOONCAKE (TONG CIU PIA)