CARA MEMBUAT BRUDEL CAKE PANGGANG KHAS MANADO

Resep Brudel Cake Panggang Klasik Sederhana Spesial Khas Manado Asli Enak. Brudel cake atau bluder cake yang teksturnya lembut dan empuk kalau dilihat dari cara memasaknya terdiri dari 2 jenis brudel atau bluder yang dimasak dengan cara dipanggang disebut brudel panggang dan ada juga yang dimasak dengan cara dikukus disebut brudel kukus. Kue brudel atau bluder masih tergolong kue basah tradisional yang masih satu keluarga dengan kue bolu dan roti.

Foto Resep Brudel Cake Panggang Klasik Sederhana Spesial Khas Manado Asli Enak
Gambar Brudel Cake Panggang Klasik Manado

Brudel adalah makanan tradisional kue khas Manado, Sulawesi Utara yang juga kue warisan Belanda yang nama aslinya Broedel seperti halnya klappertaart, ontbijtkoek, olliebalen/bitterbalen, poffertjes, dll, sebenarnya bluder ada 2 macam, yaitu jenis bluder cake (kue bolu) dan roti bluder biasanya bluder Cokro Madiun yang telah menjadi oleh-oleh khas Madiun, adonan dasar awalnya sama-sama lembek dan hasil akhirnya berongga seperti roti. Akan tetapi di Manado sendiri disebut brudel. Kini banyak sekali resep beredar di Internet hasil aneka kreasi olahan brudel modern hasil kreatifitas Master Chef Indonesia dan anggota komunitas memasak seperti grup memasak Langsung Enak, Cookpad Dapur Masak, Sajian Sedap, dll. Diantaranya, ada resep brudel Manado, resep brudel cake, resep brudel bisnis untuk usaha dengan aneka topping taburan coklat, resep brudel coklat, resep bluder tape, resep brudel cake Manado, resep brudel keju, resep brudel santan, dll. Untuk artikel resep lainnya akan dibahas pada artikel brudel varian selanjutnya.

Menurut Mba Ricke Indriani yang juga member NCC, Brudel ini gabungan antara kue bolu dan roti (bread cake), karena menggunakan ragi dalam proses pembuatannya, aromanya pun khas roti berpadu dengan susu bubuk walaupun ada juga yang menggunakan susu kental manis (SKM), tetapi mempunyai tekstur yang spongy seperti cake, bentuknya pun seperti cake. Sekarang metode pembuatan brudel telah berkembang dengan aneka kreasi dan kreatifitas Sang pembuatnya, seperti ada yang pembuatannya mirip buttercake dengan cara mentega atau margarin dikocok dengan gula pasir terlebih dahulu. Tapi yang saya buat ini merupakan brudel klasik tradisional yang asli yang hanya diaduk menggunakan whisker alat kocok manual atau bisa pakai sendok kayu saja. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kek brudel panggang oven yang lezat lembut dan empuk sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka cake atau kek pasti laku keras dan banyak pesanan (orderan).

RESEP BRUDEL CAKE PANGGANG MODERN


BAHAN :
  • 3 butir telur
  • 225 gram gula pasir
  • 11 gram fermipan ragi instan
  • 150 gram margarin
  • 1 sachet susu bubuk
  • 1 sachet santan kara kecil di larutkan dengan air hangat menjadi 1 gelas belimbing
  • 500 gram tepung terigu
  • Keju dan kismis untuk taburan secukupnya
CARA MEMBUAT BRUDEL PANGGANG OVEN :
  1. Campur semua bahan lalu mixer dengan speed rendah sampai rata tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan ditaburi tepung terigu, diamkan 45 menit, taburi dengan keju dan kismis panggang di oven dengan api sedang sampai matang.
  2. Pakai kocokan manual (whisk) tanpa mixer juga bisa. Saya pakai mixer juga tidak lama ngocoknya asal sudah nyampur adonannya tidak perlu sampai berwarna pucat.
  3. Loyang yang dipakai tinggi 9 cm dan diameternya 27 cm, sudah dingin tidak keras tetap lembut dan empuk.
  4. Sajikan.

RESEP BRUDEL KLASIK KHAS MANADO

Resep by : Mba Ricke

BAHAN :
  • 275 gram terigu protein sedang
  • 100 gram gula pasir halus (gula kastor), klo ga ada pakai gula pasir yang diblender agar hasil cake lebih bagus dan halus
  • 50 gram susu bubuk
  • 1/2 bungkus ragi instan (1 bungkus isi 11 gram)
  • 3 butir telur, kocok lepas
  • 100 ml air hangat
  • 75 gram margarin/mentega (tidak usah dilelehkan ya)
  • 30 gram keju cheddar parut
  • 25 gram kacang kenari cincang (saya kemarin pakai mete)
  • 100 gram fruit mix (cherry merah, cherry hijau dan kismis), potong-potong
CARA MEMBUAT BRUDEL KLASIK KHAS MANADO :
  1. Campur bahan kering: terigu, gula pasir halus, susu bubuk dan ragi instan. Aduk rata dan ayak pada sebuah wadah agak besar.
  2. Masukkan telur, aduk rata.
  3. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata dan halus.
  4. Masukkan keju parut, aduk rata.
  5. Masukkan margarin/mentega. Aduk rata hingga adonan menjadi lembut.
  6. Tuang di loyang tulban yang telah dioles margarin. Ratakan permukaannya. Diamkan 30-45 menit sampai naik dan mengembang (tergantung cuaca dan kelembaban di tempat masing-masing).
  7. Taburi permukaannya dengan kenari cincang dan fruit mix.
  8. Oven 30-45 menit dengan suhu 180'C sampai matang (tes tusuk sudah tidak lengket).
  9. Panas-panas oles permukaan cake dengan margarin/mentega.
TIPS & TRICKS :
  • Tinggi adonan ketika dituang skitar 1/2 tinggi loyang, setelah didiamkan akan naik dan mengembang hampir 2x lipatnya. Dan setelah dioven akan tambah naik. Kemarin saya menggunakan loyang yang agak tinggi (10 cm), bisa menggunakan loyang tulban dengan tinggi 7 cm nanti cakenya akan menjulang lebih tinggi dari loyang tapi tidak akan tumpah/meluber keluar loyang.
  • Keluarkan dengan cara dibalik, jika menggunakan taburan (seperti saya) setelah dikeluarkan balik kembali ke atas piring saji.
  • Agar cake tidak cepat kering setelah dingin simpan dalam wadah kedap udara (bisa dipotong-potong dahulu).
  • Cake ini rasanya memang tidak terlalu manis, bisa juga disajikan dengan olesan selai atau ditaburi coklat meisyes. Kemarin saya makan pakai olesan selai marmalade.
  • Bisa Anda variasikan dengan berbagai rasa, misalnya keju, coklat, tape, pisang, dll.

CARA MEMBUAT BRUDEL CAKE PANGGANG KHAS MANADO