CARA MEMBUAT KAREDOK LEUNCA KHAS SUNDA BANDUNG

Resep Karedok Leunca Khas Sunda Bandung, Jawa Barat Sederhana Spesial Pedas Asli Enak. Karedok leunca Ibu Imas bukanlah karedok yang paling enak di Bandung. Masih banyak sambal karedok lenca yang tidak kalah lezat, misalnya karedok leunca Ampera. rumah makan Ciwidey, dan rata-rata rumah makan dan warung nasi, serta restoran yang menyediakan makanan dan masakan Sunda menyediakan karedok leunca atau sambal leunca kemangi ini. Biasanya juga disediakan sambal terasi super pedas yang siap disantap dengan nasi putih, ayam bakar, lalapan, pete dan lauk lainnya.

Foto Resep Karedok Leunca Pedas Khas Sunda Sederhana Asli Enak
Gambar Karedok Leunca Khas Sunda Sederhana

Karedok atau keredok adalah salah satu makanan khas Sunda di Indonesia. Karedok dibuat dengan bahan-bahan sayuran mentah antara lain; mentimun, taoge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Sedangkan sausnya adalah bumbu kacang yang dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, dan terasi terkadang ada yang menambahkan oncom tergantung aneka kreasi dan selera masing-masing orang. Sedangkan karedok leunca atau karedok kacang panjang seperti sambal leunca mentah mengunakan bahan leunca, daun kemangi dan kacang panjang mentah dengan bumbu karedok khas Sunda. Saking terkenalnya di bumi Sunda ada lagunya karedok leunca yang dibawakan oleh Rika Rafika.

Jika susah nyari leunca bisa diganti dengan sayur kacang panjang yang diiris kira-kira 1/2 cm lalu tumbuk kasar dengan cabai rawit pedas, bawang merah, bawang putih dan kencur atau cikur nanti namanya jadi resep karedok kacang panjang. Baca juga resep karedok sayur sayuran mentah dengan saus kacang.

Sekadar informasi tambahan, leunca atau Solanum Nigrum L telah digunakan sebagai obat-obatan sejak 2.000 tahun lalu. Di Meksiko kerap digunakan sebagai obat pusing. Di Tiongkok dipakai untuk mengobati radang ginjal dan kandung kencing, juga antidiare. Beberapa studi ilmiah menunjukkan, leunca memiliki aktivitas anti ulserogenik yang berhubungan dengan lambung, sistem saraf pusat, dan sebagai agen antineoplastik serta memiliki peran sitoprotektif melawan kerusakan sel ginjal. Khasiat lain dari terong kecil yang sering dilalap ini adalah sebagai zat antirematik. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi karedok leunca khas Bandung pedas lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis warung nasi, rumah makan khas Sunda ala restoran cafe resto cepat saji.

RESEP KAREDOK LEUNCA SEDERHANA


BAHAN :
  • 150 gram leunca/ranti/lumai/lumay, dibuang tangkainya cuci bersih
BUMBU :
  • 1 cm kencur
  • 1/2 siung bawang putih
  • 6 buah cabai rawit
  • 1 sdt irisan gula merah
  • 1/2 sdt garam
CARA MEMBUAT KAREDOK LEUNCA SEDERHANA :
  1. Haluskan semua bumbu lalu masukkan leunca dan ulek kasar, aduk hingga bumbu tercampur rata di dalam cobek.
  2. Sajikan dengan nasi hangat tempe goreng dan ikan asin sepat yang digoreng. Bagi yang suka ayam bakar, mangga.

RESEP KAREDOK LEUNCA BU IMAS


Foto Resep Karedok Leunca Ibu Imas Khas Sunda
Gambar Karedok Leunca Ibu Imas Khas Sunda

BAHAN :
  • 150 gram leunca/ranti/lumai atau lumay, siangi dan cuci bersih
  • Daun kemangi secukupnya sesuai selera, siangi dan cuci bersih
BUMBU :
  • 5 buah cabe rawit merah, atau sesuai selera
  • 1 cm kencur atau cikur dalam bahasa Sunda
  • 1/2 siung bawang putih
  • 1 sdt terasi bakar/matang
  • 1/2 sedt irisan gula merah, atau secukupnya sesuai selera
  • 1/4 sdt asam jawa
  • 1/4 sdt garam, atau secukupnya sesuai selera
CARA MEMBUAT KAREDOK LEUNCA BU IMAS :
  1. Siapkan cobek dan ulekan, masukan kencur, cabe rawit, bawang putih, terasi, gula merah, asam dan garam. Ulek semua bumbu hingga halus. Cicip.
  2. Masukan Leunca/ranti, ulek kasar. Tambahkan daun kemangi, aduk hingga rata.
  3. Sajikan dengan nasi putih hangat, sambal terasi pedas, lauk ayam bakar, lalapan dan pete/petai bakar opsional.

CARA MEMBUAT KAREDOK LEUNCA KHAS SUNDA BANDUNG