CARA MEMBUAT KOLAK AYAM KHAS GRESIK

Resep Kolak Ayam Dapur Umami Khas Gresik Sederhana Spesial Asli Enak. Kedengarannya aneh didengar telinga kok ada kolak ayam? mungkin lebih cocok namanya masak gulai ayam kuah santan karena rasanya campur asin dan ada gurih manis dari gula merah makanya disebut kolak. Memasuki malam likuran Ramadan merupakan hari istimewa bagi warga Desa Gumeno Kec. Manyar Kab Gresik. Makanan yang hanya dihidangkan pada malam 23 Ramadan sebagai menu takjil ini ternyata mempunyai sejarah panjang mengenai asal-usulnya. Suatu ketika, Sunan nDalem tersebut sakit dan cukup lama tidak kunjung sembuh.

Foto Resep Kolak Ayam Dapur Umami Gumeno Lezat Sajian Sedap
Gambar Kolak Ayam

SEJARAH ASAL USUL

Pada suatu saat, sunan nDalem tersebut mendapat ilham mengenai sakitnya. Akhirnya beliau memutuskan untuk mengumpulkan seluruh penduduk laki-laki di masjid desa sembari membawa ayam jago masing-masing. Sesampai di masjid, beliau memerintahkan untuk menyembelih ayam jago tersebut. Setelah disembelih, ayam jago tersebut lantas dimasak bersama-sama untuk dibuat kolak dan ditambah bumbu rempah-rempah. Yang membuat masakan ini pun harus laki-laki.

Setelah masakan tersebut matang dan tiba waktunya berbuka puasa, beliau mengumpulkan seluruh penduduk untuk bersama-sama menikmati masakan tersebut. Mungkin dari sini juga lah asal mula buka bersama. Dan setelah itu akhirnya sakit beliau tadi sembuh.

Uniknya yang masak resep warisan Sunan Drajat ini adalah para laki-laki. Tua muda berkumpul di masjid desa kompak memasak kolak ayam. Menurut masyarakat memang syarat yang memasak kolak ayam haruslah lelaki, mulai dari yang menyediakan bahan hingga juru masaknya semua harus lelaki.

Namun warga wanita tidak serta-merta diam di rumah, mereka diberi jatah memarut kelapa di rumahnya masing-masing. Tapi ini resep kolak ayam Dapur Umami untuk versi sedikit 2017, kalau resep kolak ayam Gumeno sangat rumit karena dalam jumlah besar. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kolak ayam sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka kolak.

RESEP KOLAK AYAM


BAHAN :
  • 8 Potong Ayam Jago
  • 100 gram Daun bawang kecil
  • 1 bungkus Masako® Rasa Ayam 11g
  • 2 sdt jinten putih
  • 30 gram gula merah
  • 80 0ml Santan Cair
BAHAN PELENGKAP :
  • bawang goreng untuk taburan
CARA MEMASAK KOLAK AYAM :
  1. Sangrai jinten sebentar. tambahkan santan
  2. Masukkan gula merah dan potongan ayam
  3. Tambahkan Masako® Rasa Ayam dan aduk rata
  4. Masukkan daun bawang, masak hingga matang dan sajikan

CARA MEMBUAT KOLAK AYAM KHAS GRESIK