CARA MEMBUAT KUE LEMET SINGKONG GULA MERAH SPESIAL

Resep Kue Lemet Singkong Gula Merah Sederhana Spesial Asli Enak. Kue lemet atau lepet/lepat tidak hanya dibuat dari singkong atau ubi kayu, banyak di daerah lain telah membuat dari bahan ubi, jagung, pisang untuk kue lemet pisang, nangka, ketan, labu kuning, dll. Di sumatera kue ini disebut kue lepat atau kue lepet, kalau di sumatera barat dinamai kue lepek beda lagi dengan di sumatera selatan terutama dusun lintang empat lawang namanya kelicuk dari ketan dicampur pisang dan parutan kelapa muda. Menurut saya penganan kue ini mirip dengan kue nagasari tepung beras yang berisi pisang, yang jelas kue ini termasuk aneka kue basah tradisional jajanan pasar yang dibungkus dengan daun pisang, katanya berasal dari Jawa Tengah, dan cara masaknya dengan cara dikukus seperti masakan pepes, pais atau botok. Nantilah kita bahas satu per satu dan step by step pada artikel selanjutnya.

Foto Kue Lepet dari Singkong Gula Merah Kepala Muda
Gambar Kue Lemet Singkong Gula Merah

Rasa kue lemet dari singkong gula merah kelapa parut ini manis dan legit paling enak makannya jika ditemani dengan secangkir kopi panas atau teh panas pada pagi hari atau malam hari sebagai cemilan atau kudapan. Bagi yang terbiasa di dapur untuk bikin kue ini sangat mudah dan sederhana. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih lemet singkong gula merah manis yang lembut dan empuk sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka kue lepek bungkus daun pisang tradisional.

RESEP KUE LEMET


BAHAN :
  • 1/2 kg gula merah
  • 1 kg singkong parut
  • 1 butir kelapa agak muda, diparut
  • Daun pisang, untuk membungkus
  • 3 lembar daun pandan dipotong kecil
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Nagasari

CARA MEMBUAT LEMET SINGKONG :
  1. Kupas singkong lalu cucilah hingga bersih. Kemudian parutlah serta buanglah pula seratnya.
  2. Iris tipis gula merah. Lantas, campur bersama dengan singkong halus beserta parutan kelapa yang telah kita siapkan.
  3. Ambil 2 sendok makan singkong dan kita bungkus menggunakan daun pisang yang bentuknya lonjong panjang, tambahkan juga daun pandan kedalamnya.
  4. Selanjutnya kukuslah lemet singkong dalam waktu kurang lebih 25 menit saja, angkatlah bila sudah matang.
  5. Sajikan dalam kondisi hangat atau panas.

CARA MEMBUAT KUE LEMET SINGKONG GULA MERAH SPESIAL