CARA MEMBUAT ES KRIM SEDERHANA LEMBUT

Resep Es Krim Sederhana Buatan Sendiri Ala Rumahan (Homemade) Spesial Asli Enak. Sajian Ice Cream segar yang lembut paling sederhana adalah resep es puter santan asli Indonesia, karena proses pembuatannya tradisinonal dan sangat sederhana sekali tanpa mesin atau pakai mesin, tanpa susu diganti santan kelapa dibuat secara homemade atau rumahan, sehingga Anda pun dapat membuatnya sendiri di rumah dengan mudah. Selain bisa menjadi kegiatan sehari-hari untuk pengisi waktu luang, hasilnya pun dapat Anda jadikan peluang membuka usaha baru ditengah-tengah kelesuan perekonomian Indonesia, sehingga dapat dijadikan penghasilan tambahan membantu ekonomi keluarga, dikelola secara serius pun juga baik. Siapa tahu bisa dibuat usaha bisnis franchise atau waralaba yang bisa berkembang cepat dan untuk makanan di berbagai acara hajatan, pernikahan, ulang tahun, Anniversary, selamatan, sukuran, dll

Hidangan ini disebut es puter karena dalam pembuatannya, adonan diputar-putar dalam alat pembuat es hingga mengkristal.Sementara itu, nama es dung dung atau es tung tung diambil dari onomatope suara yang keluar dari gong mini gantung yang biasanya dipukul-pukul dung2 atau tung2 oleh mas-mas atau abang-abang penjual saat menjajakan es nya.

Foto Penjual Es Puter
Gambar Pedagang Es Krim Puter/Es Puter

Es krim puter tradisional bisa dibuat dengan tambahan topping atau dengan variasi aneka kreasi rasa buah alpukat, strawberry, nangka, kelapa muda, santan original, durian, mangga, coklat, vanilla, dll. Penyajian es tradisional ini sangat sederhana yaitu dengan cone yang berbentuk kerucut atau dengan diapit dua sisi roti tawar, atau dinikmati dalam gelas kaca. Es tung-tung pun bisa diberi tambahan, seperti potongan kacang, ketan hitam, potongan buah nangka, ataupun sagu mutiara.

Foto Es Krim Puter Cone Kerucut
Gambar Es Puter Cone

Es puter atau es dung dung (juga ditulis es dong dong, es tung tung, dan es tong tong) adalah salah satu hidangan pencuci mulut dari Indonesia serupa es krim berbahan dasar santan sebagai pengganti susu. Es puter bertekstur kasar dan dibekukan secara tradisional dengan sebuah alat berbentuk tabung yang diputar-diputar di dalam es batu dan garam.

Pada awalnya es ini diciptakan atas dorongan masyarakat yang ingin mencicipi es krim, namun tak bisa menjangkau harganya. Susu yang mahal saat itu diganti dengan santan. Penggantian bahan utama inilah sebenarnya yang membuat rasa dari es ini menjadi lebih gurih. Namun, tampilannya dibuat sama persis seperti es krim.

Sejarah es tung tung berawal dari keterbatasan orang Indonesia untuk menikmati es krim yang pada masa itu hanya bisa dinikmati oleh kaum tertentu. Keinginan orang indonesia untuk bisa menikmati es krim melahirkan modifikasi pembuatan es krim dengan mengganti bahan utama yaitu susu dengan santan kelapa. Dengan memadukan santan kepala dengan buah-buahan lokal seperti kelapa muda, nangka, atau durian terciptalah es krim yang “lebih Indonesia” yang kita kenal dengan sebutan es puter.

Kepopuleran es ini karena dahulu banyak pedagang es tung tung keliling yang menawarkan dagangannya ke sekitar Jawa. Kini penjual es tung-tung dengan membawa gerobak kecil sudah jarang ditemukan. Namun di pesta-pesta rakyat seperti pernikahan atau arisan, es tung-tung terkadang masih bisa ditemukan. Bahkan baru-baru ini, pabrikan sekelas resep es krim Wall's pun melirik varian-varian es puter dengan rasa lokal ini. Berikut kumpulan aneka resepi aiskrim sederhana tanpa mesin sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis step by step anti gagal untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha aneka es krim kampung.





RESEP ES KRIM SEDERHANA


BAHAN :
  • 600 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 25 gram cokelat bubuk
  • 200 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1/8 sdt vanili bubuk
  • 2.000 gram es batu
  • 1.000 gram garam kasar
  • 50 gram meises
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Es Krim Goreng

CARA MEMBUAT ES KRIM SEDERHANA :
  1. Rebus santan, cokelat bubuk, gula pasir, garam, dan vanili bubuk sambil diaduk sampai mendidih. Tambahkan kelapa muda. Aduk rata.
  2. Tuang ke alat es puter yang sudah diisi es batu dan garam kasar di sampingnya. Putar sampai beku. Angkat.
  3. Bekukan kembali. Sajikan bersama meises.
  4. Sajikan es puter Untuk 900 gram

Tags :

CARA MEMBUAT ES KRIM SEDERHANA LEMBUT