CARA MEMBUAT DUO SALE SAMBAL TERI KHAS PALU

Resep Duo Sale Sambal Teri Pedas Khas Palu Sederhana Spesial Asli Enak. Kuliner dari kota Palu, Sulawesi Tengah ini terbuat dari ikan teri yang telah dikeringkan dan kemudian dimasak dengan bumbu cabai merah, bawang merah, dan juga tomat. Memiliki cita rasa manis tak terlalu pedas, makanan khas Kota Palu ini cocok disantap bersama nasi hangat ataupun nasi jagung, juga bisa pakai burasa sejenis lontong dan panganan khas kota Palu lainnya yang tak kalah lezat dan maknyus.

Foto Resep Duo Sale Sambal Teri Pedas Khas Palu Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Sambal Teri Duo Sale dan Putu Ketan

Duo sole/teri goreng duo/penja adalah makanan khas masyarakat kota palu, SULTENG. makanan yang berbahan dasar ikan teri halus atau teri kecil ini mempunyai rasa asin, gurih dan pedas karena masyarakat kaili sangat terkenal dengan masakan pedasnya mantap. Duo terbuat dari ikan teri yang dimasak bersama irisan bawang khas Palu.

Menu resep sambal ikan duo khas Sulawesi Tengah, Palu ini biasa dipasangkan bersama sayur kelor (uta kelo) dari daun kelor dimasak santan atau putu ketan khas Palu kegemaran keluarga di Palu. Namanya ikan duo (sejenis teri) tapi bukan ikan teri nasi yang berwarna putih. Ikan kecil seukuran batang korek api hanya sedikit lebih pendek, mirip teri tapi ada loreng-lorengnya (motif garis-garis di badannya) jadi sangat berbeda dengan teri nasi putih. Rasanya gurih dan asin. Biasa dibuat sambal yang dicampur tomat/cabe, juga sering dijadikan sambal teman makan putu (nasi ketan yang dibentuk bulat lonjong dan ditaburi kelapa parut mirip kue putu bambu). Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi duo sale sambal teri sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha rumah makan atau restoran dengan menu makanan dan masakan Khas kota Palu dan Donggala.

RESEP DUO SALE SAMBAL TERI


BAHAN :
  • 500 gram duo
  • 6 buah tomat merah ukuran besar, diiris-iris
  • 3 biji bawang merah, diiris
  • 6 biji cabe rawit merah, haluskan (untuk selera pedas boleh ditambah jumlah cabainya)
  • 6 biji cabe merah besar, buang biji; ditumbuk kasar
  • Minyak goreng
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa bila suka
CARA MEMASAK DUO SALE SAMBAL TERI :
  1. Cuci bersih ikan duo sampai beberapa kali ganti air sambil diperas. untuk menghilangkan garamnya.
  2. Panaskan minyak agak banyak di penggorengan.
  3. Masukkan duo, setelah berubah warna kemudian diaduk-aduk sampai agak kecoklatan.
  4. Masukkan bawang merah iris, cabe merah dan cabe rawit yang telah dihaluskan.
  5. Setelah tercampur dan wangi, masukkan tomat.
  6. Tunggu sampai tomat masak, cicipi, jika perlu tambahkan sedikit garam dan vetsin atau bumbu penyedap rasa (biasanya tidak perlu lagi ditambahkan garam karena duo sudah cukup asin karena masih termasuk keluarga ikan teri asin). Angkat.
  7. Sajikan.

Heni Herawati beserta keluarga mengucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya untuk para korban gempa 7,7 SR dan tsunami Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah dan sekitarnya, untuk yang ditinggalkan semoga sabar dan tabah menghadapi cobaan ini dan semoga keadaan cepat pulih dan tidak ada gempa bumi susulan lagi, Aamiin ya Robal Alamin.

CARA MEMBUAT DUO SALE SAMBAL TERI KHAS PALU