CARA MEMBUAT CABE BUBUK KERING SUPER PEDAS


Resep Cara Membuat Cabe Bubuk Kering Serbuk (Chilli Powder) Pedas Buatan Sendiri Sederhana Spesial Asli Enak Serbaguna atau Multi fungsi Ala Rumahan Homemade. Cabe bubuk atau cabai halus biasa dipake untuk menambahkan efek pedas berbagai level atau tingkatan mulai dari level 1 sampai 10 dan super pedas atau paling pedas yang digunakan ke dalam masakan ataupun untuk bumbu aneka makanan maupun jajanan sebagai bumbu pedas dalam bentuk bumbu tabur yang sangat praktis. Anda bisa pake berbagai macam jenis cabe atau cabai mulai dari cabe rawit, cabe besar, cabe merah (red chilli powder), cabe ijo atau cabai hijau, cabe keriting, cabe korea, dll.

Menurut situs bumbutabur net. Cabe Bubuk dibuat dengan berbahan dasar cabe murni pilihan yang segar dengan berwarna orange kemerahan dan rasa pedas yang alami. Sangat cocok untuk taburan berbagai macam makanan ringan maupun untuk tambahan pedas masakan seblak, cimin, tahu crispy, tahu goreng, dll, cara penaburannya sendiripun sangatlah mudah karena cabe bubuk dapat langsung ditaburkan pada makanan ringan pilihan sendiri dan yang pasti sangat praktis untuk digunakan.

Foto Resep Cara Membuat Cabe Bubuk Kering Serbuk (Chilli Powder) Pedas Buatan Sendiri Sederhana Spesial Asli Enak Serbaguna atau Multi fungsi Ala Rumahan Homemade
Gambar Cabe Bubuk Kering Pedas (Red Hot Chilli Peppers)

Cabe tidak hanya sebagai bahan dasar untuk rasa pedas, tetapi juga memiliki berbagai khasiat dan manfaat yang bisa kita dapatkan darinya. Cabai merah Besar (Capsicum annuum L.) merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa dikatakan menjadi kebutuhan utama untuk membuat makanan karena itu dapat dikatakan bahwa cabe ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Cabai mengandung berbagai macam senyawa yang berguna bagi kesehatan manusia. Beberapa hal yang biasa kita tahu mengenai bahan ini misalnya mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Kandungan terbesar antioksidan ini adalah pada cabai hijau. Cabai juga mengandung Lasparaginase dan Capsaicin yang berperan sebagai zat antikanker. Selain itu kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada cabai dapat memenuhi kebutuhan harian setiap orang, namun harus di konsumsi secukupnya untuk menghindari nyeri lambung. Bahan aktif dalam Capsicum (kelompok tumbuhan cabai), merangsang otak dan kelenjar ludah melepas endorfin ke dalam tubuh. Endorfin adalah obat penghilang rasa sakit alami alam dan memberi rasa senang. Capsicum juga merupakan bahan utama untuk mengurangi arthritis dan kerusakan saraf diabetes. Dalam pengobatan tradisional misalnya, cabai setan di India digunakan untuk penyakit tangan dan kaki dingin, sakit otot punggung, rematik, terkilir dan memar.

Masih menurut situs bumbutabur sebagai agen bumbu cabe bubuk yang menjual aneka bumbu cabe bubuk dengan berbagai macam varian rasa. Selain itu cabai sangat populer di asia tenggara sebagai penguat rasa makanan salah satunya termasuk Indonesia, di Padang misalnya cabai dianggap sebagai bahan makanan pokok yang ke sepuluh 10 setelah sembako. Tanaman cabai banyak tumbuh di belahan bumi khususnya di negara yang berada di sekitar garis khatulistiwa seperti Asia tenggara dan amerika latin, oleh karena itu cabai mempunyai berbagai macam varian. Cabai sendiri dapat kita jadikan bentuk bubuk sehingga dapat kita variasikan dengan berbagai makanan.

Beberapa cara untuk mengaplikasikan Cabe Bubuk Serbaguna :
  • Ditaburkan langsung pada makanan ringan pilihan seperti keripik, kerupuk, snack, kentang goreng, cimol, jamur goreng, dll.
  • Dicampurkan pada pendamping makanan seperti untuk bumbu kentucky/fried chicken untuk membuat ayam fried chicken pedas atau memiliki rasa lain yang dapat menambah selera makanan.
Bagaimana? dengan cara apa Anda akan mengaplikasikan bumbu tabur cabe bubuk. Nikmatilah makanan cemilan maupun makanan utama dengan bumbu serbuk cabe bubuk sebagai pelengkapnya. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan macam-macam jenis resepi bubuk cabai kering sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka cabe bubuk kering aneka rasa. Anda bisa membuat cabe bubuk halus maupun cabe bubuk kasar berbumbu gurih pedas, misalnya cabe bubuk daun jeruk.

RESEP CABE BUBUK


BAHAN :
  • Cabe atau cabai kering
CARA MEMBUAT CABE BUBUK :
  1. Bersihkan cabe kering, buang bagian pangkal dan tangkai, bagian-bagian yang busuk, dan biji-bijinya (ternyata cabai kering masih bisa mengandung ulat-ulat kecil yang masih hidup).
  2. Potong-potong cabai yang sudah bersih kira-kira sepanjang ruas jari.
  3. Panaskan wajan teflon (boleh penggorengan biasa, boleh wajan dadar).
  4. Setelah wajan cukup panas, masukkan cabai dan aduk-aduk sampai keluar aroma yang khas dan cabai kelihatan cukup kering tetapi warnanya masih merah. Lalu segera angkat wajan dari kompor, dan pindahkan cabainya ke wadah ceper supaya cepat dingin.
  5. Cabai kering yang disangrai cepat sekali gosong, jadi jangan sekali-kali ditinggal dan perlu diaduk-aduk terus.
  6. Setelah cabai dingin, haluskan dengan blender atau food processor. Untuk hasil yang halus, memblendernya perlu agak lama. Cabai bubuk sudah jadi dan siap digunakan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT CABE BUBUK KERING SUPER PEDAS