CARA MEMBUAT KUE LAPIS KETAN SARIKAYA

Resep Kue Lapis Ketan Sarikaya Pandan Hijau Kukus Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak. Kue ini perpaduan adonan srikaya pandan yang harum wangi dengan rasa yang manis legit dengan ketan gurih asin sehingga menghasilkan rasa unik dengan tampilan yang menarik sesuai selera atau dengan cetakan aneka bentuk lucu dan unik. Bisa bentuk bulat, segitiga, kotak persegi empat atau panjang.

Meskipun namanya srikaya atau sarikaya namun tidak ada buah srikaya asli yang digunakan dalam resep kue basah tradisional manis legit ini. Ketan kukus yang gurih lembut dilapisi adonan srikaya yang lembut manis. Jajanan tradisional ini tak sulit dibuat. Paduan rasa kenyal gurih dan legit harum srikaya bisa bikin ketagihan.

Foto Resep Kue Lapis Ketan Sarikaya Pandan Hijau Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak
Gambar Lapis Ketan Sarikaya Pandan

Di Sumatera, seperti di Palembang, Sumatera Selatan, Padang, Minang, Sumatera Barat, dan Semenanjung Malaysia, penganan kue lapis ketan sarikaya ini dikenal juga dengan nama kue seri muka. Kue lapis ketan sarikaya atau kadang ditulis juga dengan nama kue lapis ketan srikaya atau ketan lapis sarikaya, ketan srikaya pandan, merupakan kue nusantara yang sudah dikenal luas di masyarakat Indonesia.

Kue lapis ketan sarikaya ini cita rasanya beraneka ragam, paduan kenyal, legit, lembut, gurih dan manis, serta harumnya pandan. Kue ini biasanya tampil dengan lapisan warna hijau pandan di bagian atas dan warna putih ketan di lapisan bawahnya sehingga merupakan paduan warna yang indah yang sangat memikat orang untuk mencicipinya, selain itu kue ini ada varian lain namanya Sarimuka Lakatan (lapis ketan sarikaya gula merah).

Lapisan kue yang berwarna hijau rasanya manis seperti sarikaya, sementara lapisan yang berwarna putih terbuat dari beras ketan putih yang rasanya gurih sedikit asin. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih lapis ketan srikaya lembut dan empuk takaran sendok, gram, dan ml sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka kue basah jajanan pasar tradisional dari bahan beras ketan.

RESEP LAPIS KETAN SRIKAYA PANDAN


BAHAN :
  • 500 gram ketan putih, cuci, tiriskan
  • 250 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 lembar daun pandan hijau potong-potong
BAHAN ADONAN SRIKAYA PANDAN :
  • 5 btr telur ayam
  • 300 ml santan
  • 300 gram gula pasir
  • 60 gram tepung terigu
  • 50 ml air daun suji atau daun pandan atau bisa dicampur
  • 1/2 sdt essen vanili
CARA MEMBUAT LAPIS KETAN SRIKAYA PANDAN :
  1. Rendam ketan dalam air dingin selama ± 2 – 3 atau semalam kemudian jam cuci bersih ketan, kukus dalam dandang panas selama 30 menit hingga setengah matang angkat.
  2. Campur santan, garam, gula pasir dan masukkan daun pandan, lalu rebus hingga mendidih. Angkat.
  3. Tuangkan santan rebus ke dalam ketan setengah matang aduk hingga santan terserap kukus lagi ketan hingga matang. Angkat ratakan ketan dalam cetakan loyang beralas plastik.
  4. Cara Membuat Srikaya atau Lapisan Sarikaya Pandan Ijo atau Hijau : kocok telur dan gula hingga gula larut. Tambahkan semua bahan lainnya aduk rata.
  5. Tusuki ketan dalam loyang tuangi adonan srikaya. Kukus lagi sampai matang dan beku selama ± 40 menit angkat dan dinginkan. Potong-potong sesuai selera.
  6. Sajikan.

CARA MEMBUAT KUE LAPIS KETAN SARIKAYA