CARA MEMBUAT CIMIN ACI MINI TELOR BANDUNG


Resep Cimin Telor (Cireng Mini) Goreng Aneka Rasa Bumbu Sederhana Spesial Asli Enak. Cimin atau cilor (aci telor atau cireng telor) pada awalnya sangat populer menjadi jajanan anak-anak sekolah yang dijual oleh Abang-abang pakai gerobak di sekitar sekolah atau depan sekolah. Kini dimodifikasi dengan pemberian aneka bumbu rasa instan siap pakai, seperti rasa pedas, keju, balado, cabe rawit, keju manis, sapi lada hitam, jagung manis, barbeque BBQ, sapi panggang, atau rasa bisa dicampur atau di mix sedemikan rupa tergantung permintaan konsumen atau selera kita.

Foto Resep Cimin (Cireng Mini) Goreng Aneka Rasa Bumbu Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Cimin (Cireng Mini) Goreng Aneka Rasa

Cara membuat cimin cireng nini atau yang biasanya disebut aci yang terbuat dari tepung tapioka seperti pada cimin gaul, cimin cihuuy, dll sebenarnya gampang hampir sama dengan cireng atau aci goreng lainnya cuma saja cimin ini hasil modifikasi dan kreatifitas pemberian bumbu aneka rasa pakai bumbu instan siap pakai atau digunakan.

Cimin adalah cemilan atau jajanan tradisional khas yang bahan utamanya berupa tepung sagu atau aci juga. Cimin lebih unik karena aci yang sudah diolah akan dipotong menjadi bentuk kotak-kotak dengan ukuran kecil. Itulah mengapa di sebut dengan cimin yang merupakan kependekan dari aci mini atau cireng mini ukuran kecil yang terdiri dari potongan-potongan aci bentuk panjang atau bulat. Nantinya potongan aci bulat-bulatan tersebut akan di masak dengan tambahan telur yang sudah dikocok di atasnya kemudian diberi bumbu aneka rasa. Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi cimin Bandung sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis cimin pakai motor atau pakai gerobak nongkrong dipinggir jalan atau keliling perumahan atau keliling kampung.

RESEP CIMIN BANDUNG


BAHAN :
  • 100 gram tepung aci / tepung tapioka
  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram tepung beras
  • 1 butir telur ayam utuh
  • 2 lembar daun jeruk buang tulang daun dan iris tipis
  • 1 batang daun bawang iris halus
  • Minyak goreng secukupnya
  • 3 siung bawang putih
  • Bumbu balado keju instan secukupnya atau pakai bumbu lain tergantung selera
  • Garam halus secukupnya
  • Gula halus secukupnya
  • Air hangat secukupnya
CARA MEMBUAT CIMIN BANDUNG :
  1. Siapkan wadah bersih dan masukkan bahan-bahan seperti tepung aci, tepung terigu dan tepung beras. Mengapa dicampur tepung lain agar supaya tidak keras atau kenyal dan cireng tetap lembut dan empuk dimakan nah itu tips dan trik membuat cimin agar disukai semua orang atau pembeli.
  2. Tuangkan air hangat dan aduk-aduk sampai kalis atau tidak lengket ditangan. Ambil beberapa bagian adonan dan bentuk memanjang, lakukan sampai adonan habis dan sisihkan.
  3. Siapkan panci berisi air dan masak dengan api sedang sampai mendidih.
  4. Masukkan dan rebus adonan cimin dalam air mendidih, sampai cimin mengapung dipermukaan kemudian tiriskan.
  5. Setelah dingin, potong-potong cimin berukuran agak kecil, sisihkan.
  6. Ambil wajan bersih dan tuangkan sedikit minyak goreng. Masukan bawang putih serta daun jeruk, aduk-aduk.
  7. Tambahkan telur dan kemudian buat orak arik, masak sampai matang dengan api sedang.
  8. Masukkan cimin goreng aduk tambahkan bumbu serta perasa seperti balado keju, kaldu bubuk dan gula. Koreksi rasa sambil diaduk rata.
  9. Tambahkan daun bawang dan tuangkan sedikit air. Masak hingga bumbu menyerap dan cimin spesial siap untuk dinikmati.
  10. Cara penyajian akhir cimin goreng ini diberi tambahan berupa bubuk cabai, atau bumbu tabur yang beraneka rasa. Seperti makanan dengan bahan utama aci lainnya. Cimin juga lebih nikmat jika disantap dalam keadaan hangat, sehingga teksturnya lebih empuk dan tidak alot.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT CIMIN ACI MINI TELOR BANDUNG