CARA MEMBUAT SOP BUNTUT SAPI BENING


Resep Sop Buntut Sapi Bening Khas Bandung Empuk dan Lembut Sederhana Spesial Bumbu Istimewa Asli Enak. Buntut sapi enaknya dimasak apa ya?. Resep olahan buntut sapi terutama dalam bentuk makanan atau masakan sop atau sup ada macam-macam jenis cara memasaknya, ada sop buntut sapi kuah bening, ada resep sop buntut sapi goreng, sop buntut sapi bakar, dll. Ya hampir mirip dengan masakan sop iga sapi atau sop sayur daging sapi. Sop buntut sapi banyak dijual di Sunda, Bandung, Surabaya, Betawi, Jakarta, sop buntut Pak Supar Semarang, dll. Rata-rata tidak terlalu jauh bedanya baik rasa maupun bumbu racikannya tapi memiliki khas tersendiri cara mengolah dan penyajiannya.

Foto Resep Sop Buntut Sapi Bening Khas Bandung Empuk dan Lembut Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Sop Buntut Sapi Bening Istimewa

Ekor sapi atau dalam bahasa Jawa disebut dengan Buntut sapi adalah bagian ekor dari tubuh sapi. Biasanya daging ekor bagian ini disajikan sebagai hidangan sup buntut yang super lezat dengan aneka olahan kreasi dan variasi memasaknya serta bumbu sop rempah-rempah yang menyehatkan tubuh, seperti aneka resep buntut sapi dalam bentuk sop atau sup (soup) di atas. Selain itu bisa buntut sapi juga dimasak dan diolah dengan jenis masakan lainnya, seperti daging buntut sapi kecap, buntut bakar, buntut goreng, resep buntut sapi pedas, dll.

Menurut situs Wikipedia. Sop buntut atau sup buntut dibuat dengan ekor sapi. Sedikitnya ada lima versi sup buntut yang populer di seluruh dunia: makanan tradisional Korea, makanan Cina yang lebih mirip semur, ekor sapi goreng/panggang dicampur dengan berbagai variasi sup merupakan makanan populer di Indonesia, makanan etnis Amerika Serikat Selatan yang sudah ada sejak periode sebelum perang revolusi, dan sup kuah tebal dan gurih yang populer di Britania Raya sejak abad ke-18. Sup buntut Kreol dibuat dari tomat dengan ekor sapi, kentang, kacang hijau, jagung, mirepoix, bawang putih, dan rempah-rempah.

Sup buntut Cina

Meski jika diterjemahkan secara harafiah berarti sup (牛尾汤 niú-wěi-tāng), makanan versi ini justru antara sup dan semur. Salah satu karakter utama sup buntut adalah bahan padatnya yang banyak, bertentangan dengan bahan masakan yang telah dipotong dadu atau diiris menurut aturan sup Cina. Potongan ekor sapi, kentang, wortel, kubis, tomat, dan jamur dicampur di dalam air, kemudian diberi garam. Campuran ini dipanaskan pada suhu didih rendah agar semua bahan dapat memunculkan rasanya. Selain itu, tomat dan kentang dapat larut di dalam air, sehingga memberi warna jingga kemerahan pekat pada kaldu. Minyak dari ekor sapi turut memberikan rasa terhadap sup buntut. Sup ini disajikan dengan semua bahan tersebut.

Sop buntut Indonesia

Sop buntut adalah salah satu masakan populer dalam masakan Indonesia. Terbuat dari potongan ekor sapi yang dibumbui kemudian dibakar atau digoreng dan dimasukkan kedalam kuah kaldu sapi yang agak bening bersama irisan kentang, wortel, tomat, daun bawang, seledry dan taburan bawang goreng. Sop buntut Indonesia dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah lokal, seperti merica, pala, dan cengkeh. Variasi yang relatif baru disebut "Sop Buntut Goreng" yaitu buntut goreng yang dibumbui disajikan kering, sementara kuah sup kaldunya disajikan dalam mangkuk terpisah.

Sup buntut kaleng

Sup buntut adalah variasi sup Heinz yang terkenal di Britania Raya. Sup ini dulunya pernah dikalengkan di Amerika Serikat dan diproduksi oleh Campbell Soup Company yang dikenal dengan nama sup buntut kalengan.

Menikmati semangkuk sop buntut Bandung kuah bening yang panas atau hangat sangat nikmat sekali dengan cuaca dingin bahkan sering badai hujan es. Daging dari buntut sapi ini memang memiliki rasa yang gurih karena terlapisi dengan lemak. Tips dan tricks rahasia memasak buntut sapi yaitu dengan cara masak presto terlebih dulu buntut agar lebih cepat empuk. Berikut rahasia kumpulan aneka resepi sop buntut sapi bening Bandung empuk sajian sedap istimewa, NCC, keluarga Nugraha lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha restoran dan dan rumah makan ala cafe atau sop buntut sapi ala hotel Borobudur yang super legendaris.

RESEP SOP BUNTUT SAPI BENING


BAHAN :
  • 700 gram buntut sapi
  • 3.000 ml air
  • 200 gram wortel, dipotong bulat
  • 200 gram kentang, dipotong kotak
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 3 cm kayumanis
  • 3 butir cengkeh
  • 2 1/2 sdm garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 batang daun bawang, dipotong 1 cm
  • 2 sdm minyak untuk menumis
BUMBU HALUS :
  • 6 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdt merica butiran
BAHAN PELENGKAP :
  • 100 gram emping goreng
  • 2 sdm bawang goreng
  • 1 buah tomat merah, potong - potong
CARA MEMASAK SOP BUNTUT SAPI BENING :
  1. Presto buntut sapi dalam air sampai empuk. Saring dan ukur air kaldunya 2.500 ml. Didihkan lagi. Tambahkan buntut sapi.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, pala bubuk, kayumanis, dan cengkeh sampai harum. Masukkan ke dalam rebusan buntut. Tambahkan garam dan gula pasir. Masak sampai mendidih.
  3. Masukkan wortel dan kentang. Masak sampai matang. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
  4. Sajikan bersama pelengkap.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep
Tags :

CARA MEMBUAT SOP BUNTUT SAPI BENING