CARA MEMBUAT KUE LUMPUR LAPINDO SIDOARJO ANEKA RASA


Resep Kue Lumpur Lapindo Sidoarjo Aneka Rasa Sederhana Spesial Bakar Lembut dan Empuk Asli Enak. Jadi kue lumpur lapindo atau kue lumpur sidoarjo termasuk jenis kue lumpur bakar atau kue lumpur panggang dengan varian rasa aneka rasa yang istimewa, mulai dari kue lumpur rasa original biasa, resep kue lumpur lapindo coklat, resep kue lumpur lapindo hijau, resep kue lumpur lapindo vla/fla, dll. Penganan Lumpur Lapindo cocok untuk takjil buka puasa dan untuk oleh-oleh buat sanak keluarga di kampung.

Menurut situs Okefood. Kue lumpur bakar adalah makanan khas Sidoarjo yang tidak kalah menariknya untuk dicoba. Apabila anda ke arah Sidoarjo sempatkanlah untuk mencicipi kue lumpur bakar Sidoarjo yang mempunyai rasa nikmat yang spesifik. Bahkan banyak yang membeli dalam jumlah banyak hanya untuk dibawa ke daerahnya sebagai oleh-oleh unik khas Sidoarjo, Surabaya, Jawa Timur untuk dibagikan ke sanak saudara serta teman-temannya supaya bisa mencicipi kenikmatan dari kue lumpur bakar khas Sidoarjo ini.

Foto Resep Kue Lumpur Lapindo Sidoarjo Aneka Rasa Sederhana Spesial Panggang Lembut dan Empuk Asli Enak
Gambar Kue Lumpur Lapindo Sidoarjo Aneka Rasa

Kabupaten Sidoarjo tidak hanya terkenal dengan semburan lumpur panas saja, tapi juga jajanan yang tak kalah terkenalnya, yaitu kue lumpur bakar atau lumpur Lapindo. Jajanan kue basah tradisional khas Sidoarjo ini menawarkan sensasi Sembilan varian rasa yang pasti bikin ketagihan. Ada baiknya bila Anda berkunjung ke kota Sidoarjo, coba cicipi jajanan kue lumpur bakar aneka rasa. Di samping melihat fenomena semburan lumpur Lapindo, ada pula lokasi pembuatan kue lumpur “muda mudi” yang berada di Jalan Hangtua No. 45 Sidoarjo, Jawa Timur. Adalah Subakir (50) salah seorang pembuat dan penjual kue lumpur bakar paling enak di Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia.

Usahanya berawal dari sebelas tahun yang lalu, tepatnya dua bulan sebelum semburan lumpur panas Lapindo yangs terjadi pada 29 mei 2006. Bermodal ketekunan, usaha Subakir dari hari ke hari mengalami kemajuan pesat. Pria paruh baya pun berinovasi menciptakan kue lumpur bakar aneka rasa agar jajanan yang diproduksi beda dengan yangs lain, apalagi kebanyakan pengusaha kue lumpur di Sidoarjo hanya memiliki satu rasa.

Berkat buah pemikirannya, Subakir menciptakan kue lumpur bakar aneka rasa, antara lain rasa biasa manis original, kelapa muda, udang, daging, durian. kacang hijau, coklat, pandan hijau, Vla atau fla, dan lainnya. Adapun proses awal pembuatan kue lumpur bakar sangat gampang, yaitu mencampur bahan baku tepung terigu, gula, santan, telur, vanili, dans air menjadi satu adonan yangs siap dicetak. Siapkan pula cetakan kue lumpur di atas pemanas. Sebelum mengisinya dengan adonan, beri minyak terlebih dahulu pada cetakan. Setelah cetakan terisi penuh, beri bara arang di atasnya yang berfungsi mengembangkan adonan. Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan olahan resepi kue lumpur Lapindo Sidoarjo bakar sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk usaha jualan bisnis aneka kue lumpur.

RESEP KUE LUMPUR LAPINDO SIDOARJO RASA ORIGINAL


BAHAN :
  • 75 gram tepung terigu
  • 75 gram tepung beras
  • 175 gram gula pasir
  • 250 gram telur, kocok lepas
  • 1.125 cc santan matang kental
  • Garam secukupnya
  • Vanili
CARA MEMBUAT KUE LUMPUR LAPINDO SIDOARJO RASA ORIGINAL :
  1. Campur semua bahan (tepung terigu, tepung beras, gula, garam, vanili dan santan) aduk hingga rata.
  2. Masukkan kocokan telur, aduk hingga rata.
  3. Cetak adonan dengan cetakan kue lumpur yang telah dipanaskan dan diolesi minyak sayur. Untuk hasil yang kelenyer/tidak bantat harus menggunakan api atas (arang) dan bawah (kompor). Masak hingga matang.
  4. Sajikan.

RESEP KUE LUMPUR LAPINDO SIDOARJO VLA


Resep By : Langsungenak

BAHAN :
  • 150 gram tepung protein sedang
  • 1 btr telur
  • Garam secukupnya
  • 300 ml susu cair (pakai air biasa)
  • 1 sdt pasta pandan
BAHAN VLA/FLA :
  • 400 ml santan kental sedang
  • 50 gram tepung maizenna ( 40 gram / 3 sdm )
  • 300 gram gula pasir ( sesuai selera manisnya : 3 sdm gula pasir )
  • Garam secukupnya saja
CARA MEMBUAT KUE LUMPUR LAPINDO SIDOARJO VLA :
  1. Mangkuk : campur semua bahan jadi satu aduk-aduk hingga tercampur rata tidak ada butiran-butiran.
  2. Panaskan cetakan lumpur isi semua lubang dengan adonan kemudian sendoki ambil bagian yang masih cair, hingga masing masing membentuk lubang seperti mangkuk.
  3. Panaskan hingga kulit dadar matang lakukan sampai semua adonan habis. sisihkan.
  4. Cara Membuat Vla Kue Lumpur : panaskan santan,garam,gula, hingga mendidih. masukkan maizenna yang telah dilarutkan dengan sedikit air. masak hingga meletup letup. (campur semua bahan, aduk sampai rata. kemudian masak hingga meletup-letup).
  5. Panas-panas tuangkan dalam mangkuk dadar. Hias dengan daun pandan. Biarkan dingin.
  6. Sajikan untuk 15 buah.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KUE LUMPUR LAPINDO SIDOARJO ANEKA RASA