CARA MEMBUAT TUMIS KULIT BUAH NAGA


Resep Tumis Kulit Buah Naga Sederhana Spesial Asli Enak. Di Sunda nama makanan ini adalah jenis kadedemes yaitu bahan yang dipandang oleh orang tidak bisa dimanfaatkan untuk makanan manusia ternyata setelah apa yang orang anggap limbah ini diolah oleh tangan yang kreatif menghasilkan aneka kreasi olahan masakan atau makanan yang lezat dan bergizi, seperti masak tumis, oseng, cah, dll. Misalnya seperti kulit singkong, kulit manggis, kulit melinjo, dan sebagainya termasuk kulit buah naga ini. Kulit buah naga bisa gunakan buah naga merah, buah naga ungu, buah naga hitam, buah naga kuning jumbo, dan buah naga putih.

Foto Resep Tumis Kulit Buah Naga Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Tumis Kulit Buah Naga Merah

Ternyata bukan hanya buah naga saja yang bisa dimanfaatkan dan mengandung banyak nutrisi di dalamnya namun juga di dalam kulitnya. Mungkin masih banyak orang yang tidak mengetahui hal ini dan membuang kulit buah naga begitu saja ketika sudah selesai makan buah naga. Padahal kulit buah naga mengandung zat pewarna alami yang disebut dengan betasianin serta memiliki mineral tinggi. adanya zat pewarna alami ini bisa dijadikan sebagai pewarna makanan alami yang lebih sehat dibandingkan dengan menggunakan pewarna sintetis atau buatan yang tidak baik untuk tubuh dan kesehatan.

Khasiat dan manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari kulit buah naga adalah dapat diolah menjadi masker wajah. Kulit buah naga mengandung vitamin E yang baik untuk kulit. Menggunakan masker wajah dari kulit buah naga ini akan membuat kulit nampak lebih bersih, kencang, putih dan terasa lebih awet muda serta mampu menghilangkan kerutan. Berikut kumpulan aneka resepi tumis oseng kulit buah naga sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha warung makan.

RESEP TUMIS KULIT BUAH NAGA


BAHAN :
  • 5 buah kulit buah naga, cuci bersih, potong-potong
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 3 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 cabe rawit, iris serong
  • 3 udang germut/dau atau udang rebon/grago atau udang kecil (boleh ganti tempe atau tahu, sayuran wortel atau taoge atau ikan teri Palembang, teri mdean, teri nasi, dll)
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Air jika suka ada kuah
  • Minyak untuk menumis
CARA MEMASAK TUMIS KULIT BUAH NAGA :
  1. Panaskan minyak. Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit.
  2. Masukkan kulit buah naga dan udang germut/dau atau udang rebon atau udang kecil. Aduk sampai layu. Tambahkan gula pasir, garam, dan penyedap rasa.
  3. Tuang air sedikit bila suka ada kuah, jika suka kering tidak usah. Masak sampai meresap bumbunya. Cicip.
  4. Sajikan untuk 3 porsi.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT TUMIS KULIT BUAH NAGA