CARA MEMBUAT PUDING JAMBU BENTUK JAMBU AIR

Resep Puding Jambu Sederhana Spesial Bentuk Jambu Air kekinian 2017 yang Lagi Hits Segar Asli Enak. Puding telah menjadi salah satu makanan favorit yang sangat disukai oleh anak-anak dan juga orang dewasa, selain rasanya yang manis dan kenyal-kenyal juga tinggi akan serat, sehingga dipercaya sangat baik dan bagus untuk membantu pencernaan manusia. Siapapun bisa dengan mudah membuat puding tinggal dicampur air, gula, dan agar-agar bubuk atau nutrijell, didihkan di atas api sudah selesai sudah. Kembali ke topik tentang puding jambu yang sebenarnya tidak menggunakan bahan dari jambu apapun, baik itu jambu merah, jambu biji (guava), jambu hijau, jambu bol, jambu monyet, melainkan bentuk puding ini mirip dengan bentuk jambu merah atau jambu air jadi memang bentuknya saja yang menyerupai buah jambu merah dan Anda bisa memodifikasi warna, seperti puding jambu warna warni pelangi (rainbow) misalnya puding jambu warna hijau, biru, ungu, kuning, jingga, dll. Puding jambu dibuat dari ager ager dan gelamix.

Foto Resep Puding Jambu Sederhana Spesial Bentuk Jambu Air Asli Enak
Gambar Puding Jambu Cantik Bentuk Jambu Air

Gelamix adalah paduan dari agar agar dan jeli. tapi saya menggunakan Nutrijel saat eksekusi resep ini. Rahasia kunci nya adalah takaran air yang pas saat membuat puding ini. takaran air yang tepat memberikan tekstur yang lembut.

Gellamik atau gelamix berbeda denga nutrijel, di dalam nutrijel mengandung sedikit gelamik, bagian atas puding yang bening transparan adalah gelamix, fungsi dan kegunaan gelamix yakni untuk mempercantik dan buah-buahan segar kelihatan selalu segar. Itulah rahasia membuat puding tampil cantik dan menarik serta kelihatan segar dan unik seperti pada resep puding puyo selembut sutra (silky pudding Puyo). Gelamix ada 2 jenis yaitu gelamix biasa dan gelamix super. Pada resep puding jambu ini kita pake gelamix super.

Bila tak ada gelamix bisa pakai agar bening atau nutrijell bening (nutrijell plain), akan tetapi beningnya pasti bedalah dan dari rasa juga pasti beda, kalau gelamix rasanya legit banget dan rada2-rada kenyal abis.

Selain itu puding juga bisa dicampur dengan berbagai macam-macam jenis buah-buahan dan sayur -sayuran untuk menambah aneka variasi olahan puding dan rasa puding agar agar seperti jeruk, alpokat, strawbery, nanas, wortel, pisang, jambu biji, jambu air, bayam dan sebagainya.

Resep puding jambu kekinian yang lagi hits dan viral, yang sedang ngetrend dan ngehit di grup langsung enak ini tidak memiliki bahan dasar dari jambu sama sekali baik jambu klutuk/batu maupun jambu air. Hanya bentuknya saja yang menyerupai jambu maka dinamai dengan puding jambu. Sedangkan untuk membuat puding jambu merah diperlukan jiwa seni serta kesabaran dan extra ketelatenan, tapi dijamin tidak akan menyesal membuatnya karena hasil akhir yang dihasilkannya sesuai dengan waktu dan tenaga yang dikeluarkan juga memiliki nilai jual cukup tinggi. Mau mencoba bagaimana cara membuatnya ayo kita intip resepnya. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi pudding jambu air lumer sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis lapak puding untuk acara pesta.

RESEP PUDING JAMBU


BAHAN I :
  • 300 gram susu
  • 100 gram gula pasir
  • 1 bungkus agar-agar bubuk warna hijau, pewarna hijau secukupnya
  • 1 sdt essence lemon
  • 130 ml putih telur kocok kaku
BAHAN II :
  • 500 ml susu
  • 100 gram gula pasir
  • 6 gram gelamix super
  • 1 sdt essence strowbery
  • 1 sdt pewarna makanan merah muda
BAHAN III :
  • 500 ml air
  • 100 gram selai strowberry
  • 5 gram gelamix super
  • 1 sdt pewarna merah
BAHAN HIASAN :
  • 50 gram kismis potong kecil-kecil
CARA MEMBUAT PUDING JAMBU MERAH :
  1. Rebus susu, gula, agar-agar, pewarna hijau dan essence lemon hingga mendidih.
  2. Panas-panas tuang dalam kocokan putih telur, kocok kembali hingga rata.
  3. Masukkan dalam piping bag dan isi kedalam cetakan puding diameter 3 cm hingga 3/4 bagian
  4. Rebus susu, gula pasir, gelamix, essence strowbery dan pewarna merah muda hingga mendidih. Tuang dalam cetakan bentuk jeruk dan dinginkan.
  5. Lepaskan dari cetakan
  6. Rebus air, selai strowberry, gelamix dan pewarna merah hingga mendidih. Tuang panas-panas 2 sdm adonan dan masukkan kembali puding yang sudah membeku tadi. Diamkan hingga menyatu dan mengeras.
  7. Keluarkan dari cetakan dan belah menjadi empat bagian
  8. Letakan puding merah diatas puding hijau
  9. Beri kismis ditengahnya. Siram dengan agar-agar bening agar menyatu.
  10. Sajikan.
TIPS & TRICKS :
  • Sedangkan untuk membuat puding yang dilapisi jangan mendinginkan di lemari es. Hal ini akan membuat lapisan puding terlepas dan tidak dapat mengikat satu sama lain.
  • Untuk melepaskan adonan gelamix super gunakan tusuk gigi agar lebih mudah.
Jika Bunda mendapatkan pesanan kue nampan Anda bisa menyelipkan puding ini ke dalam aneka kue yang disajikan untuk Acara hajatan, bentuk dan warnanya yang manis semakin membuat meriah dan cantik kue yang tersaji di dalam nampan.

CARA MEMBUAT PUDING JAMBU BENTUK JAMBU AIR