CARA MEMBUAT ES GOYANG KHAS BANDUNG

Resep Es Goyang Khas Bandung Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak. Memang es goyang lidah merupakan jajanan anak-anak tempo dulu sekitar era tahun 80-90 an kini kuliner es krim stik tradisional klasik dan legendaris ini telah tergerus kalah bersaing dengan es krim stik modern seperti es krim walls paddle pop, es krim campina, es krim aice, dll.

Es goyang kampung atau es lilin jajanan jadul semasa kecil dulu rasanya Gurih dingin selayaknya makan es krim. Segarnya es goyang aneka rasa memang tak terlupakan. Apalagi saat ini es khas Sunda Bandung itu sudah jarang ditemui di kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta dengan es goyang khas Betawi, dan kota-kota besar lainnya.

Foto Resep Es Goyang Bandung Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Es Goyang & Cetakan Box

Andapun kini bisa membuatnya sendiri tanpa harus membeli tinggal sediakan bahan-bahan yang diperlukan antara lain, santan kelapa, gula pasir, dan aroma rasa yang bisa Anda dapatkan dari bahan alami seperti potongan buah asli atau buah segar alami mulai dari buah strawbery/stroberi, alpukat/avokad, durian/duren, nangka, cokelat, hingga kacang hijau, dll. Bisa juga menggunakan aroma rasa buatan dari bahan sirup/sirop buatan atau essens.

Cara membuatnya tidak sulit seperti membuat es krim dengan peralatan modern seperti mesin es krim. Bisa dikatakan pembuatan es goyang tanpa mesin hanya menggunakan cetakan berbentuk kotak panjang. Secara singkat proses pengolahan es goyang dapat dijelaskan seperti ini. Langkah pertama adalah cara membuat adonan es goyang. Caranya semua bahan dijadikan satu, dicampur rata dan dimasak sampai mendidih. Setelah selesai, siapkan cetakan berbentuk persegi panjang dan boks berisi pecahan es batu. Tuangkan adonan ke dalam cetakan satu persatu dan masukkan cetakan ke dalam boks berisi pecahan es batu.

Seperti namanya, jika ingin lekas beku, goyang-goyangkan selama kurang lebih 5 menit. Lalu, tancapkan tusukan sate atau stik es krim. Tujuan menggoyang adalah agar es cepat membeku secara merata, karena pada bagaian bawah cetakan es terdapat air dengan potongan-potongan es serta tambahan garam di dalamnya. Es goyang untuk saat ini memiliki berbagai macam varian rasa ada rasa pandan, es goyang coklat, strawberry, ketan hitam, es goyang kacang hijau atau kacang ijo, kelapa muda, nangka, alpukat sampai durian, dll.

Santapan dingin khas Sunda ini siap dicicipi bersama anak-anak atau cocok juga disajikan untuk pesta Anda di rumah. Ada juga versi es goyang Betawi. Berikut kumpulan aneka resepi ais goyang lembuat sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal dengan simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri dan untuk jualan ide usaha bisnis es goyang aneka rasa.

RESEP ES GOYANG BANDUNG


BAHAN :
  • 50 gram tepung hunkwe
  • 500 ml santan kelapa asli (dari 1 butir kelapa)
  • 70 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 sdt cokelat bubuk
BAHAN TOPPING :
  • Es batu
  • Coklat cair
  • Kacang
CARA MEMBUAT ES GOYANG BANDUNG :
  1. Campurkan semua bahan ke dalam satu wadah, yaitu santan kelapa, gula pasir, garam, daun pandan, serta juga cokelat bubuk.
  2. Bahan – bahan ini dimasak di atas api kecil dan terus diaduk – aduk agar santan tidak pecah. Masak hingga adonan ini mendidih.
  3. Setelah masak, Anda bisa mulai menyiapkan sebuah cetakan khusus untuk es ini yang bentuknya persegi panjang. Siapkan juga box / kotak yang diisi dengan pecahan es batu dan garam.
  4. Jika cetakan sudah siap, tuangkan adonan yang telah masak tadi ke dalam cetakan, lalu masukkan cetakan yang sudah berisi adonan es ini ke dalam box yang berisi pecahan es dan garam tadi.
  5. Kemudian, goyang – goyangkan saja box / cetakan es ini. Perhatikan juga proses penggoyanannya. Pastikan digoyang dengan tepat, yakni tidak terlalu keras atau pelan. Karena, bila goyangnya terlalu keras, maka hasil es nya akan kurang bagis. Tapi kalau digoyang dengan cara terlalu pelan, maka es akan semakin lama jadi.
  6. Jika sudah hampir jadi, jangan lupa untuk menancapkan stik kayu khusus es krim lalu tunggu hingga es krim jadi.

Artikel Tambahan Supaya Komplit

Nah, es spesial goyang ini ternyata tak hanya begitu saja dinikmati. Anda pun bisa mencicipi es ini dalam balutan rasa topping yang lezat. Misalnya saja, Anda bisa mencelupkannya kembali dengan coklat masak cair. Anda juga bisa membuat pasta kacang yang membuat sendiri.

Siapa tak kangen kepada es unik ini? Ya, es goyang atau ada pula yang menyebutnya sebagai es lilin memang bikin kangen. Disebut es lilin karena bentuknya panjang menyerupai lilin, meski sebetulnya es ini berbentuk batangan. Disebut es goyang karena proses pembuatannya memang harus digoyang-goyang.

Makanan es goyang merupakan es krim stik tradisional asli Indonesia, cara pembuatan es goyang stick ini juga cukup unik yaitu dengan cara di goyang-goyang agar es cepat membeku.

Cara membuat es goyang ini terbuat dari berbagai campuran bahan pangan khas Indonesia yaitu dari santan kelapa asli, gula pasir, garam, es batu dan beberapa tambahan pangan seperti buah strawberry, daun pandan dan cokelat bubuk selain itu ada juga coklat cair dan kacang untuk topping.

CARA MEMBUAT ES GOYANG SEDERHANA :
  1. Semua bahan dicampur menjadi satu, dicampur rata dan dimasak sampai mendidih dan dengan cara diaduk-aduk terus agar santan tidak pecah dan mempengaruhi rasa.
  2. Setelah selesai, siapkan cetakan berbentuk persegi panjang dan boks berisi pecahan es batu dan garam.
  3. Tuangkan adonan ke dalam cetakan es goyang satu per satu dan masukkan cetakan ke dalam boks berisi pecahan es batu dan garam.
  4. Proses penggoyangan juga harus diperhatikan, apabila terlalu keras hasil es nya pun kurang bagus demikian juga kalau terlalu pelan, es akan lama jadinya.
  5. Jika ingin lekas beku, goyang-goyangkan selama kurang lebih 5 menit.
  6. Kemudian tancapkan tusukan sate atau stik es krim.
  7. Untuk memberikan cita rasa yang lebih, es batangan ini dicelupkan ke dalam cokelat cari yang tipis, lalu ditaburi cincangan kacang tanah sangrai yang renyah.

Contoh Peluang Usaha Es Goyang

Es goyang NISSI adalah Es Goyang dibuat dengan bahan dasar santan, gula dan buah asli. Hanya kami dan spesialisasi kami membuat es goyang yang memiliki rasa lebih dan lebih berasa buahnya dan segarnya. Lebih Enak dan Gurih. Modern dan higienis serta menyehatkan.

Seperti Menikmati buah asli dalam kesegaran dan dinginnya es, karena didalam es goyang terdapat butiran-butiran buah asli dan es yang menyegarkan.Enak dinikmati baik musim panas ataupun dingin.

Dibuat dari buah asli pilihan dengan berdasarkan jenis, berat, umur, dan dari lokasi tertentu Dengan proses yang lebih berbeda dan sedikit resep rahasia ditambah proses yang lebih modern yang menunjang kehigienisan dan kecepatan sehingga menghasilkan es goyang nissi yang enak. Lezat dan gurih, dan yang pasti membuat lidah bergoyang. Tanpa Bahan Pengawet dan Pewarna. Dibuat dari Gula Asli.

Tags :

CARA MEMBUAT ES GOYANG KHAS BANDUNG