CARA MEMBUAT PERMEN APEL JEPANG (Ringo Ame)


Resep Permen Apel Jepang (Ringo Ame) Sederhana Spesial Asli Enak. Apakah Anda pernah menghadiri acara festival Jepang? Tentu Anda pernah lihat Ringo Ame atau Apple Candy yang merupakan permen apel khas Jepang yang unik dan trendy sampai-sampai ada ringo ame anime. Buah apel merah yang dilapisi karamel ini bisa Bunda buat sendiri di rumah.

Foto Resep Permen Apel Jepang (Ringo Ame Apple Candy) Sederhana Spesial Asli Enak.
Gambar Permen Apel Jepang (Ringo Ame)

Sejarah asal usul mula dari permen apel. Menurut salah satu sumber, Amerika William W. Kolb adalah orang pertama yang menemukan resep dari permen apel (Ringo Ame).

Kolb, merupakan seorang pembuat-permen veteran dari Newark, produksi pertama dari permen apel tersebut di lakukan pada tahun 1908. Selagi bereksperimen di toko permen miliknya dia dengan red cinnamon candy atau permen kayu manis untuk berdagangan di saat Natal, ia mencoba mencelupkan beberapa apel ke dalam campuran caramel dan menempatkan mereka di jendela untuk di pajangan.

Dia menjual seluruh tumpukan apel pertama tersebut seharga 5 sen per apel dan dia menujual seribu apel setiap tahunnya. Semakin lama permen apel tersebut dijual di sepanjang tepi laut Jersey, di sirkus dan di toko-toko permen di seluruh negeri, menurut Newark News pada 1948.

Tentu saja yang membuat makanan ini menjadi sangat khas adalah rasanya yang unik. sekilah terlihat hanya seperti apel dilapisi karamel namun perpaduan rasa dari bahan-bahan tersebut menjadi sangat harmonis dan bersatu di lidah.

Ringo Ame atau yang dalam Bahasa Indonesia artinya permen apel atau apel kaca dan dalam bahasa inggris Apple Candy atau Japanese Toffee Apple adalah jajanan yang sering ditemukan pada Festival Jepang. Spesialnya Ringo Ame atau permen apel karamel karena permen ini tahan lama dan aman berminggu-minggu tanpa membusuk dikarenakan ada lapisan karamel (caramel) dari gula pasir yang membalut buah apel tersebut. Berikut resepi permen apel Jepang (Ringo Ame! Japanese Caramel Apple Candy) sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yamg simple mudah dan praktis.

RESEP PERMEN APEL ALA JEPANG (RINGO AME)


BAHAN :
  • 3 buah apel merah
  • 3 buah Sumpit kayu
BAHAN TOPPING KARAMEL :
  • 300 ml gula pasir
  • 100 ml air dingin
  • 1 sdm pewarna makanan warna merah
CARA MEMBUAT PERMEN APEL (RINGO AME) :
  1. Cuci dan bersihkan buah apel merah dengan air.
  2. Tusuk buah apel dengan menggunakan sumpit kayu. Sisihkan.
  3. Masukkan gula pasir dan air dingin ke dalam panci kecil masak hingga mendidih, lalu aduk hingga gulanya mencair dan hingga karamel kental.
  4. Masukkan satu sendok makan pewarna makanan warna merah ke dalam campuran karamel tadi, kemudian aduk hingga warnanya tercampur dengan sempurna.
  5. Celupkan buah apel satu per satu ke dalam karamel dan pastikan karamelnya menutupi buah apel dengan merata sempurna.
  6. Diamkan hingga karamelnya mengeras dan siap dinikmati.
  7. Sajikan untuk 5 buah permen apel ringo ame.
TIPS & TRICKS :
  • Anda juga bisa menambahkan topping kacang kenari, kacang tanah, coklat, meises coklat warna warni, dll, agar tampilan Ringo Ame keren unik dan lebih menarik untuk dinikmati Anak-anak.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT PERMEN APEL JEPANG (Ringo Ame)