CARA MEMBUAT BENIH BIBIT CABE RAWIT UNGGUL


Resep Cara Bembuat Benih Bibit Cabe Rawit, Cabai Merah, Cabai Keriting, Rumahan (Homemade) Berkualitas Bagus dan Berbuah Banyak yang Baik dan Benar Unggul Siap Tanam. Semakin terbatasnya lahan yang semakin sempit dan ditambah pula melambungnya harga jual tanah di perkotaan, maka ruang tumbuh tanaman hijau dan pepohonan semakin terasa sedikit. Selain itu harga cabe atau cabai seringkali mahal dan naiknya tak kira-kira. Terkait hal ini jika tidak memungkinkan menanam banyak pohon di halaman rumah yang luas, kita dapat mengganti tanah dengan air atau yang disebut dengan hidroponik. Metode ini memanfaatkan air yang diperkaya dengan nutrisi sebagai media tanam atau kita bisa maksimalkan lahan yang sempit dengan menanam di halaman rumah atau di dalam polybag yang telah disediakan. Minimal kita bisa menanam cabe dan tomat. Lumayan kan paling tidak bisa buat aneka kreasi dan variasi sambal sambal tomat, sambal kecap mentah, sambal terasi pedas, sambal matah, sambal bajak, sambal dabu dabu, sambal colo colo, sambal pecak, dll.

Membuat benih cabe atau bibit cabai sendiri tidak sulit prosesnya gampang. Anda bisa lihat caranya di tahapanan di bawah. Sebenarnya asal lempar saja cabe dan tomat yang sudah busuk ke tanah halaman rumah langsung tumbuh. Cara cepat agar cabe cepat tumbuh. Anda bisa lihat photo hasil jepretan sendiri di halaman depan rumah saya sebagai berikut.

Foto Resep cara membuat benih bibit cabe rumahan berkualitas baik
Gambar Benih Bibit Cabe/Cabai

Belajar berkebun memang salah satu hobi yang mengasyikan bisa sampai lupa waktu, apalagi dapat menghasilkan minimal untuk konsumsi sendri dan keluarga. Sebelum mempunyai lahan kebun yang luas. Berikut contoh memanfaatkan cabe yang sudah busuk atau tua sebagai benih atau bibit tanaman cabe dan cara menyemai biji cabe, bisa cabe rawit, cabe merah, cabe keriting, cabe hijau/ijo, cabe jamu, dll. Dilengkapi rahasia anti gagal panen. Khusus untuk cabe jamu bisa dikembangkan dengan cara stek.

RESEP BIBIT CABE


BAHAN :

Cabe atau cabai busuk secukupnya

CARA MEMBUAT BIBIT CABE :
  1. Pisahkan biji cabe dari daging dan kulit cabe
  2. Rendam Biji cabe dengan tujuan memilih bibit yang baik, apabila biji cabe mengambang sebaiknya dibuang, karena kemungkinan besar tidak akan tumbuh sebagaimana mestinya. Silahkan ambil biji cabe yang terendam di dalam air untuk mendapatkan benih cabe dengan kualitas yang baik.
  3. Setelah di lakukan pemilihan benih cabe, silahkan jemur biji cabe hingga kering
  4. Setelah kering benih cabe siap di taburkan ke dalam media tanam (bisa dalam tanah, polybag atau dengan cara Hidroponik.
  5. Berikut hasil penyebaran benih cabe kurang lebih 5 hari akan tumbuh tunas-tunas kecil, Lakukan pemisahan seteleh tunas cabe agak tumbuh besar mendapatkan ruang yang agak besar agar pertumbuhan cabe maksimal.
  6. Silahkan tunggu untuk hasil buahnya, kemungkinan akan berbuah 2-3 bulan kedepan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT BENIH BIBIT CABE RAWIT UNGGUL