CARA MEMBUAT SATE KERANG DARAH PEDAS MANIS


Resep Sate Kerang Darah Pedas Manis Sederhana Spesial Asli Enak. Masakan sate kerang dara ini yakni sate kerang bumbu kecap manis pedas Anda juga bisa membuat versi bumbu sate kerang (satay) yang lain misalkan resep sate kerang bumbu kacang ataupun resep sate kerang bumbu rendang. Maupun resep sate kerang Medan dan sate kerang lontong balap.

Foto Resep Sate Kerang Darah Pedas Manis Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Sate Kerang Darah Pedas Manis

Menurut situs Wikipedia. Kerang darah atau kerang dara (Anadara granosa) adalah sejenis kerang yang biasa dimakan oleh warga Asia Timur dan Asia Tenggara. Anggota suku Arcidae ini disebut kerang darah karena ia menghasilkan hemoglobin dalam cairan merah yang dihasilkannya.

Kerang ini menghuni kawasan Indo-Pasifik dan tersebar dari pantai Afrika timur sampai ke Polinesia. Hewan ini gemar memendam dirinya ke dalam pasir atau lumpur dan tinggal di mintakat pasang surut. Dewasanya berukuran 5 sampai 6 cm panjang dan 4 sampai 5 cm lebar.

Budidaya kerang darah sudah dilakukan dan ia memiliki nilai ekonomi yang baik. Meskipun biasanya direbus atau dikukus, kerang ini dapat pula digoreng atau dijadikan satai dan makanan kering ringan. Ada pula yang memakannya mentah.

Seperti kerang pada umumnya, kerang darah merupakan jenis bivalvia yang hidup pada dasar perairan dan mempunyai ciri khas yaitu ditutupi oleh dua keping cangkang (valve) yang dapat dibuka dan ditutup karena terdapat sebuah persendian berupa engsel elastis yang merupakan penghubung kedua valve tersebut.

Kerang darah mempunyai dua buah cangkang yang dapat membuka dan menutup dengan menggunakan otot aduktor dalam tubuhnya. Cangkang pada bagian dorsal tebal dan bagian ventral tipis. Cangkang ini terdiri atas 3 lapisan, yaitu (1) periostrakum adalah lapisan terluar dari kitin yang berfungsi sebagai pelindung (2) lapisan prismatic tersusun dari kristal-kristal kapur yang berbentuk prisma, (3) lapisan nakreas atau sering disebut lapisan induk mutiara, tersusun dari lapisan kalsit (karbonat) yang tipis dan paralel.

Puncak cangkang disebut umbo dan merupakan bagian cangkang yang paling tua. Garis-garis melingkar sekitar umbo menunjukan pertumbuhan cangkang. Mantel pada pelecypoda berbentuk jaringan yang tipis dan lebar, menutup seluruh tubuh dan terletak di bawah cangkang. Beberapa kerang ada yang memiliki banyak mata pada tepi mantelnya. Banyak diantaranya mempunyai banyak insang. Umumnya memilikikelamin yang terpisah, tetapi diantaranya ada yang hermaprodit dan dapat berubah kelamin.

Kakinya berbentuk seperti kapak pipih yang dapat dijulurkan keluar. Kaki kerang berfungsi untuk merayap dan menggali lumpur atau pasir. Kerang bernapas dengan dua buah insang dan bagian mantel. Insang ini berbentuk lembaran-lembaran (lamela) yang banyak mengandung batang insang. Antara tubuh dan mantel terdapat rongga mantel yang merupakan jalan keluar masuknya air.

Sate kerang ini berbeda dengan resep sate kerang Medan Pak Rahmat, soal rasa mungkin beda-beda tipis. Tapi bolehlah dicoba. Siapa tahu bisa menjadi iden dan insirasi usaha jualan sate kerang dara ini. Berikut resepi sate kerang pedas manis sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simpel mudah dan praktis.

RESEP SATE KERANG


BAHAN :
  • 300 gram kerang darah bisa diganti dengan kerang hijau
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai ambil putihnya memarkan
  • 3 lembar daun jeruk buang tulangnya
  • 1 1/2 sdm kecap manis
  • 3/4 sdt garam
  • 1/2 sendok teh gula merah
  • 400 ml air kelapa
  • Tusukan sate
  • 2 sdm minyak untuk menumis
BUMBU HALUS :
  • 6 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 1 buah cabai merah keriting
  • 1 cm jahe
  • 1 cm kunyit bakar
CARA MEMBUAT SATE KERANG DARA PEDAS MANIS :
  1. Tumis bumbu halus, daun salam, serai, dan daun jeruk sampai harum. Masukkan kerang dara. Aduk rata. Tambahkan kecap manis, garam, dan gula merah. Aduk rata.
  2. Tuang air kelapa. Masak dengan api kecil sampai matang dan meresap.
  3. Tusuk-tusuk di tusuk sate.
  4. Sajikan untuk 17 tusuk.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT SATE KERANG DARAH PEDAS MANIS