CARA MEMBUAT CHICKEN KATSU SEDERHANA


Resep Chicken Katsu Sederhana Rumahan Khas Jepang Spesial Asli Enak. Ini masakan ayam katsu original ala Jepang dengan salad, dan saus nya, karena ada makanan ayam katsu varian lain yang bernama resep chicken katsu curry dengan saus curry atau saos kare atau kari untuk variasi sausnya, bisa juga dengan saus teriyaki ala Solaria, saus barbeque (bbq), ala hoka hoka bento (hokben), ncc, dll.

Menurut situs Wikipedia Bahasa Indonesia. Tonkatsu (豚カツ, とんかつ atau トンカツ, daging babi goreng tepung), adalah makanan Japan atau masakan Jepang yang terdiri atas irisan daging babi yang dilapis tepung panir dan digoreng dalam minyak yang banyak. Terdapat dua jenis hire dan rosu. Seringkali disajikan dengan irisan sayur kubis kol.

Foto Resep Chicken Katsu Sederhana Rumahan Khas Jepang Spesial Ayam Katsu Salad dan Saus Asli Enak
Gambar Chicken Katsu Salad

Tonkatsu berasal dari Jepang abad ke-19. Selain disajikan sebagai hidangan tunggal, tonkatsu kadang dijadikan isi roti atau dikombinasikan dengan Kari Jepang.

Persiapan dan penyajiannya. Baik bagian filet (ヒレ, hire) ataupun pinggang (ロース, rōsu) daging babi dapat digunakan; daging biasanya digarami, dilapisi tipis-tipis dengan tepung terigu, dicelupkan dalam telur ayam kocok, dan kemudian dilapisi panko (tepung roti atau tepung panir) sebelum akhirnya digoreng dalam minyak yang banyak.

Tonkatsu biasanya disajikan dengan irisan kubis. Hidangan ini biasanya dimakan dengan sejenis kecap inggris kental saus tonkatsu atau singkatnya sōsu (saus), karashi (moster) dan kadang irisan lemon. Biasanya tonkatsu disajikan dengan nasi putih, sup miso dan tsukemono (sejenis acar Jepang) dan dimakan dengan menggunakan sumpit. Kadang-kadang selain disajikan dengan saus tonkatsu, hidangan ini bisa juga disajikan dengan saus ponzu dan parutan lobak.

Sejarah asal usul mulanya. Katsuretsu awal biasanya daging sapi; versi daging babi diciptakan di Jepang pada tahun 1899 at di sebuah restoran bernama Rengatei di Tokyo. Menu hidangan ini awalnya dianggap sebagai sejenis yoshoku — versi Jepang dari masakan Eropa yang diciptakan pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20 — dan disebut katsuretsu (hidangan goreng berlapis tepung panir) atau singkatnya disebut katsu. Istilah "tonkatsu" (katsu babi) dipopulerkan pada tahun 1930-an.

Aneka kreasi olahan dan variasi Tonkatsu juga populer sebagai isian roti lapis (katsu sando) atau disajikan dengan Kari Jepang (katsu karē). Tonkatsu juga kadang disajikan dengan telur di atas mangkuk berisi nasi sebagai katsudon. Di Nagoya dan sekitarnya dikenal hidangan khas, miso katsu, tonkatsu yang dimakan dengan saus berbasis miso.

Variasi tonkatsu dapat dibuat dengan menjepit daging dengan bahan lain seperti keju atau daun shiso, dan kemudian dilapisi tepung panir dan kemudian digoreng. Bagi yang sadar kalori, lembaran konnyaku kadang menjepit daging.

Beberapa variasi tonkatsu menggunakan bahan pengganti daging babi haram :
  • Chicken katsu (チキンカツ), yang menggunakan daging ayam, biasanya muncul dalam piring sajian makan siang Hawaii.
  • Menchi katsu (メンチカツ) atau Minchi Katsu (ミンチカツ mince Katsu), adalah patty daging cincang yang dilapisi tepung roti kemudian digoreng.
  • Hamu katsu (ハムカツ ham katsu), hidangan yang mirip yang dibuat dari ham, biasanya dianggap alternatif murah dari tonkatsu.
  • Gyū katsu (牛カツ katsu daging sapi), juga disebut bīfu katsu, populer di kawasan is Kansai di sekitar region Osaka dan Kobe.
  • Saengseonkkaseu (생선까스 katsu ikan) adalah katsu daging ikan goreng tepung Korea yang meniru masakan Jepang. Tonkatsu di Korea disebut donkkaseu (돈까스) atau donkaseu (돈가스), terjemahan sederhana bahasa Jepang ke dalam bahasa Korea.
Hidangan lain yang mirip yang menggunakan bahan dasar selain daging babi, sapi, atau ayam biasanya disebut furai (dari bahasa Inggris: fry), bukat katsu (bahasa Inggris: cutlet), seperti aji-furai (ikan makerel goreng tepung) dan ebi-furai (udang goreng tepung). Berikut contoh resepi chicken katsu dan salad sajian sedap lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang mudah dan praktis.

RESEP CHICKEN KATSU


BAHAN :
  • 4 potong besar daging dada ayam (dari 2 potong dada ayam yang dibagi 2 bagian)
  • 2 btr telur ayam
  • 2 sm susu evaporated (bisa ganti dengan susu bubuk yang dilarutkan)
  • 1 sm air jeruk lemon
  • 100 gram tepung terigu
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam halus
  • 1/2 vetcin (optional)
  • Tepung roti/tepung panir yang kasar
CARA MEMASAK CHICKEN KATSU :
  1. Pukul-pukul daging ayam dengan palu steak agar empuk, lembut, dan pipih
  2. Berikan bumbu-bumbu : merica, garam, vetcin dan air jeruk lemon, ratakan, diamkan kira-kira 30 menit agar bumbu meresap. Campur jadi satu telur dan susu aduk asal tercampur
  3. Lumuri daging dengan terigu kering, celupkan ke dalam campuran telur susu, lalu gulingkan pada tepung roti kasar. Diamkan dahulu beberapa saat dalam kuklas agar tepung rotinya lebih menempel.
  4. Goreng dengan minyak banyak (deep fry) sampai kuning keemasan , kira-kira 8 menit, dengan api sedang.
  5. hidangkan dengan salad dan sausnya.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT CHICKEN KATSU SEDERHANA