CARA MEMBUAT AYAM REBUS BERBUMBU REMPAH


Resep Ayam Rebus Berbumbu Rempah-Rempah Jahe Sederhana Kuah Bening Spesial Asli Enak. Daging ayam merupakan sumber protein hewani bukan nabati yang sering dijumpai dalam menu makanan sehat maupun makanan diet mayo biasanya menggunakan daging ayam kukus. Kandungan lemaknya lebih rendah dibandingkan daging merah seperti daging sapi. Bila dimasak dengan cara yang tepat tanpa tambahan lemak seperti minyak goreng atau mentega, ayam bisa jadi sajian pas mantap untuk menu makanan sehat dan masakan istimewa. Tapi, daging ayam yang hanya direbus tentu bisa jadi membosankan dan hambar jika tidak dikelola dengan baik. Masakan atau makanan ini bisa juga disebut dengan resep sup ayam rebus jahe kuah bening.

Foto Resep Ayam Rebus Berbumbu Rempah-Rempah Jahe Sederhana Kuah Bening Spesial Asli Enak
Gambar Ayam Rebus Berbumbu Kuah Jahe

Walaupun sajian sedap ini terlihat sangat sederhana dengan bumbu dasar praktis akan tetapi rasanya istimewa tidak kalah dengan resep ayam rebus Korea Samgyetang ginseng dan resep ayam rebus untuk diet. Potongan daging ayam berwarna putih yang cukup besar dan disajikan dengan kuah bening gurih ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk menu apa hari ini. Berikut resepi ayam rebus berbumbu rempah-rempah yang sedap dan istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) mudah dan praktis.

RESEP AYAM REBUS BERBUMBU REMPAH JAHE


BAHAN :
  • 1 ekor ayam negeri segar, dipotong 4 bagian
  • 4 siung bawang putih, dicincang kasar
  • 2 cm jahe, dicincang kasar
  • 2 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt bubuk
  • 1.500 ml air
  • 2 batang daun bawang, dipotong 1 cm
  • 1 sdt minyak wijen
CARA MEMASAK AYAM REBUS BERBUMBU REMPAH :
  1. Panaskan minyak. Tumis bawang putih dan jahe sampai harum.
  2. Masukkan ayam. Aduk sampai berubah warna.
  3. Tuangkan air. Masak hingga mendidih. Tambahkan garam dan merica bubuk. Masak di atas api kecil sampai matang.
  4. Masukkan daun bawang dan minyak wijen menjelang diangkat. Aduk rata.
  5. Sajikan ayam bersama kuahnya untuk 4 porsi.

TIPS & TRICKS :
TIPS MEMBUAT AYAM REBUS YANG LEZAT DARI ROYCO
Bagaimana caranya agar sajian ayam rebus tidak hanya sehat, tapi juga lezat? Berikut ini info aneka tips yang perlu Bunda ketahui :
  • Gunakan kaldu ayam untuk merebus daging sehingga ayam menjadi semakin penuh cita rasa. Penambahan Royco rasa Ayam pada air rebusan ayam juga bisa jadi pilihan praktis.
  • Tambahkan bahan seperti potongan bawang bombay, wortel, seledri, bawang putih, garam, daun bawang atau perasan lemon serta parutan kulit lemon pada air atau kaldu yang digunakan untuk merebus ayam.
  • Ayam yang direbus terlalu lama juga akan kehilangan rasa dan kandungan nutrisinya. Jadi, perhatikan panduan waktu merebus ayam berikut ini :
  1. Dada ayam dengan tulang dan kulit: matang dalam waktu sekitar 30 menit
  1. Dada ayam tanpa tulang dan kulit yang telah dibagi dua: matang dalam waktu 15-20 menit
  1. Dada ayam tanpa tulang dan kulit dipotong dengan ukuran 5 cm: matang dalam waktu 10 menit
  1. Merebus ayam dengan air atau kaldu yang terlalu banyak akan menghilangkan rasa dan nutrisi ayam. Jadi, rebus ayam dalam air secukupnya, setidaknya sampai seluruh bagian ayam terendam air atau kaldu.
  • Masukkan daging ayam ke dalam air setelah air mendidih.
  • Gunakan api kecil hingga sedang saat merebus ayam, sehingga ayam tetap lembut dan tidak keras.
Ayam rebus yang lembut dan penuh cita rasa bisa disajikan dalam berbagai cara, misalnya dalam sajian Bihun Ayam Rebus atau Kroket Ayam Mie. Hidangan atau sajian ayam rebus seperti apa yang sering jadi pilihan menu makanan sehat untuk Ibu dan keluarga tercinta?.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT AYAM REBUS BERBUMBU REMPAH